PRIYANDONO

PRIYANDONO, lahir di Rembang 16 Oktober 1969. Setelah lulus dari SPGN Rembang tahun 1988 melanjutkan ke IKIP PGRI Surabaya (sekarang UNIPA) juru...

Selengkapnya
Navigasi Web

Jadilah Seperti Buah Duku

Ada pesan masuk lewat WA. Isinya mengingatkan saya agar melanjutkan tulisan kemarin, dhondong opo salak. Usai acara Yuk Jum Semog (Yuk Jumat Semangat Olah Raga) saya kembali ke warung Embet, menemui Pak Ali yang sudah menunggu. Ya....kemarin cerita lagu itu putus karena saya harus masuk kelas. Hari ini akan saya tuntaskan. Karena tidak lama lagi saya harus fokus pada penelitian, menyusul kabar baik dari panitia lomba inovasi pembelajaran (Inobel) Kesharlindung Dikmen.

Duku memiliki fisik yang kecil. Warnanya paste. Cantik. Permukaannya halus. Pesonanya luar biasa. Mengupasnya mudah, tidak susah seperti salak. Rasanya, jangan tanya. Dalam setiap gigitan, memberikan rasa manis yang tiada tara. Begitulah seharusnya manusia. Luar dan dalamnya sama. Penampilan dan hatinya, sama. Omongan dan suasana batinya tembus.

Andong opo becak, mlaku thimik-thimik. Artinya, manusia tidak bisa begitu saja ujug-ujug "menjadi". Ada proses yang panjang. Proses merupakan hal yang sangat penting dalam menggapai tujuan. Proses tidak pernah mengkhianati hasil. Selama proses berlangsung, ada sarana dan prasarana pendukung.

Guna mencapai tujuan, kita bisa menggunakan andong. Bisa juga menggunakan becak. Baik becak manual maupun becak motor (betor). Sarana tersebut butuh biaya. Nah, jika tidak ingin mengeluarkan biaya, kita bisa jalan pelan-pelan (mlaku thimik-thimik)

Andong, becak, dan mlaku thimik-thimik adalah alternatif pilihan untuk menggapai tujuan. Saat dihadapkan pada banyak pilihan, kita harus segera mengambil keputusan. Maka, ambilah keputusan yang tepat yang realistis. Sebab, keberhasilan seseorang salah satunya tergantung dari ketepatan kita mengambil keputusan

Teng......teng....teng....jam ke-2 habis. "Sudah Pak Ali, kopinya gantian saya yang bayar. Saya izin masuk kelas. Saya ada jam di kelas XI IPS 1"

DISCLAIMER
Konten pada website ini merupakan konten yang di tulis oleh user. Tanggung jawab isi adalah sepenuhnya oleh user/penulis. Pihak pengelola web tidak memiliki tanggung jawab apapun atas hal hal yang dapat ditimbulkan dari penerbitan artikel di website ini, namun setiap orang bisa mengirimkan surat aduan yang akan ditindak lanjuti oleh pengelola sebaik mungkin. Pengelola website berhak untuk membatalkan penayangan artikel, penghapusan artikel hingga penonaktifan akun penulis bila terdapat konten yang tidak seharusnya ditayangkan di web ini.

Laporkan Penyalahgunaan

Komentar

Tulisan itu sambungan dari tulisan sebelumnya. Mengupas makna syair lagu Shindong opo salak

22 Apr
Balas

Pak ali....itunpramuka banget. Dan saya hsl didikan pramuka.

14 Apr
Balas

Pak pri, pg ni sy nulis agar mencontoh pohon pisang. Ternyata dari alam byk yg bisa kita tiru.

14 Apr
Balas

tidak hanya seperti buah duku saja seperti kelapa juga luar biasa akarnya gunakan utk obst tradisional, batangnya utk bahan jembatan terutama di pnyebrangan sungai di kampung-kampung, daunnya utk pembungkus ketupat atau utk janur pesta lidinya utk sapu buah utk minyak, airnya utk nata decoco, sabut utk alat pembersih pokoknya semua manfaat, kiranya janganlah lebih manfaat kelapa dari pada manusia.. .

14 Apr
Balas



search

New Post