Priya Santosa

Priya Santosa, M.PdI ...

Selengkapnya
Navigasi Web
E - WASIAT UNTUK 5 KEKALAHAN SYAITAN

E - WASIAT UNTUK 5 KEKALAHAN SYAITAN

Dari Salman r.a, ia berkata “ pada akhir bulan Syahban, Rasululah saw. Berkutbah kepada kami. Beliau bersabda, : “wahai manusia telah dekat kepadamu bulan yang agung lagi penuh berkah. Bulan ini di dalamnya terdapat satu malam yang lebih baik daripada seribu bulan. Bulan yan didalamnya Allah menjadikan puasa sebagai fardhu dan bangun malam sebagai sunah. Barangsaipa mendekatkan diri didalamnya dengan beramal sunnah, maka (pahalanya) seperti orang yang beramal fardhu pada bulan lainya. Dan barang siapa beramal fardhu di dalamnya, maka pahalanya seperti orang yang beramal tujuhpuluh amalan fardhu pada bulan lainnya. Inilah bulan kesabaran, dan pahala sabar adalah surga. Inilah bulan kasih sayang, bulan saat rezeki seorang mukmin ditambah. Barangsiapa memberi makanan berbuka kepada orang berpuasa, maka itu menjadikan ampunan bagi dosa dosanya, dan mendapat pahala yang sama tanpa mengurangi pahala orang itu sedikitpun. “mereka berkata ya rasulullah” tidak setiap kami memiliki makanan untuk diberikan kepada orang yang berbuka puasa. Belliau bersabda,”Allah memberi pahala kepada orang yang memberi makanan untuk berbuka puasa; meskipun satu butir kurma, seteguk air, atau sesisip susu. Inilah bulan yang penuh rahmat, tengahnya penuh ampunan, dan akhirnya kebebasan dari api neraka. Barangsiapa meringankan beban hamba-hamba sahayanya pada bulan itu, maka Allah akan mengampuninya dan membebaskannya dari api neraka. Perbanyaklah empat amalan pada bulan itu. Dua diantaranya menyenangkan Tuhannya, dua diantaranya pasti kamu memerlukannya. Adapun dua perkara yang dengannya kamu menyenangkan Tuhanmu adalah bersaksi bahwa tiada tuhan selain Allah, dan kamu memohon ampunan-Nya. Dan dua perkara yang pasti kamu memerlukannya adalah: kamu memohon surga kepada Allah dan kamu berlindung kepada-Nya dari api neraka. Barangsiapa memberi minum kepada orang yang berpuasa, maka Allah akan memberinya seteguk minum dari telagaku yang ia tidak akan haus hingga masuk surga,” (Ibnu Hibban, baihaqi, Ibnu Hibban).

Abu Huraiirah r.a , Nabi saw bersabda, Umatku dikaruniai lima keistimewaan pada bulan ramadhan, yang belum pernah diberikan pada umat-umat sebelumnya. Bau mulut orang berpuasa disisi Allah lebih disukai oleh Allah daripada minyak kasturi. Ikan-ikan akan memohonkan ampunan untuk mereka sampai mereka berbuka. Allah menghiasi surga-Nya setiap hari dan berfirman kepadanya, saatnya hampir tiba bagi hamba-hamba-Ku yang shalih yang tabah dalam ujian, untuk melepaskan segala beban kesukaran (di dunia) dan mereka akan mendatangimu. Syaitan-syaitan akan dibelenggu sehingga tidak dapat bebas menggoda mereka sebagaimana mereka biasa menggoda pada bulan-bulan lainnya. Pada malam terakhir bulan Ramadan, mereka akan diampuni. Ada orang yang bertanya, “Ya Rasulullah apakah malam itu malam Laitaul- Qadar?”Beliau bersabda, “Bukan, tetapi seorang pekerja diberikan upahnya jika telah selesai melakukan pekerjaan.” (hr Ahmad). YA Allah matikanlah aku dalam iman dan islam. Syaitan-syitanpun mendengar doa tersebut , menabur debu di ubun-ubunya. Kehidupan akhirat kehidupan yang sebenarnya. Kehidupan dunia menipu dan sementara. Wasiat cahaya ridhla yang mengekalkan urusan di akhirat. Wallu Alam.

Madiun, 14 Ramadan 1439

Penulis LITBANG IGI Madiun

Alumni SAGUSABU Ngawi, P4TKIPA Cimahi

DISCLAIMER
Konten pada website ini merupakan konten yang di tulis oleh user. Tanggung jawab isi adalah sepenuhnya oleh user/penulis. Pihak pengelola web tidak memiliki tanggung jawab apapun atas hal hal yang dapat ditimbulkan dari penerbitan artikel di website ini, namun setiap orang bisa mengirimkan surat aduan yang akan ditindak lanjuti oleh pengelola sebaik mungkin. Pengelola website berhak untuk membatalkan penayangan artikel, penghapusan artikel hingga penonaktifan akun penulis bila terdapat konten yang tidak seharusnya ditayangkan di web ini.

Laporkan Penyalahgunaan

Komentar




search

New Post