Kolaborasi
Bulan Desember merupakan masa penghujan karena curah hujan di bulan ini lebih banyak dibandingkan bulan-bulan lainnya. Lingkungan yang tidak bersih, menyebabkan sampah banyak menggenang saat hujan tiba dan mengakibatkan saluran air tersumbat. Alhasil air yang tidak mengalir dengan lancar akan kembali ke hulu dan menyebabkan bajir disekitar lingkungan rumah warga. Hal itulah yang dialami ibu Tri (54thn) pada bulan Desember kemarin, rumahnya yang terletak tepat dipinggir saluran air selalu mengeluhkan banjir yang datang saat hujan tiba. Padahal ia selalu membersihkan saluran air yang ada tepat didepan rumahnya, tapi karena didalam saluran terdapat sampah yang menumpuk tetap saja air kembali naik ke permukaan karena tersumbat dan akhirnya membanjiri teras rumah bahkan masuk ke ruang tamu rumah ibu Tri. Hal ini sudah pernah disampaikan pada petugas RT setempat, tapi tidak ada tindakan berarti darinya. Sehingga pada malam minggu tepatnya 26 Desember 2021, hujan deras selama 2 hari menyebabkan banjir yang tak henti dirumah ibu Tri. Jam 11 malam ibu Tri melaporkan perihal banjir di rumahnya kepada pak bayan karena berkali-kali laporannya pada petugas RT tidak ditindaklanjuti, malam itu juga pak bayan datang ke lokasi banjir dirumah ibu Tri, yang ternyata hal serupa juga terjadi di komplek perumahan yang dekat persawahan. Setelah sampai, pak bayan menyampaikan keprihatinan nya kepada beberapa warga yang rumah nya terkena banjir, dan berjanji besok pagi akan membersihkan saluran air bersama beberapa warga.
Pagi pun tiba dan pak bayan menepati janji nya untuk membersihkan saluran air yang berada di dekat lokasi rumah warga yang terkena banjir bersama beberapa petugas RT setempat. Mereka bersama-sama masuk kedalam saluran air yang ternyata tersumbat oleh sampah dan bongkahan bola sementara pembatas jalan.
Dari kejadian banjir dirumah ibu Tri, ada pelajaran yang bisa diambil, diantaranya adalah pentingnya komunikasi antara warga dengan aparat desa, kemudian kolaborasi antar warga merupakan hal yang paling utama untuk mewujudkan lingkungan masyarakat yang nyaman, aman dan tentunya sehat. Pelajaran penting bagi petugas atau aparat desa yaitu apapun keluhan warga masyarakat harus di segera ditindaklanjuti tanpa memandang status warga yang melapor. Siapapun warga berhak mendapatkan pelayanan terkait kenyamanan lingkungan tempat tinggal nya, sudah sewajarnya aparat desa dari yang terbawah memberikan pelayanan terbaik demi terwujud nya lingkungan masyarakat yang madani.
Konten pada website ini merupakan konten yang di tulis oleh user. Tanggung jawab isi adalah sepenuhnya oleh user/penulis. Pihak pengelola web tidak memiliki tanggung jawab apapun atas hal hal yang dapat ditimbulkan dari penerbitan artikel di website ini, namun setiap orang bisa mengirimkan surat aduan yang akan ditindak lanjuti oleh pengelola sebaik mungkin. Pengelola website berhak untuk membatalkan penayangan artikel, penghapusan artikel hingga penonaktifan akun penulis bila terdapat konten yang tidak seharusnya ditayangkan di web ini.
Laporkan Penyalahgunaan
Komentar