Purnomo

Belum menuliskan informasi profilenya.

Selengkapnya
Navigasi Web
Katakan TIDAK untuk ditanggung SENDIRI
@gurusiana

Katakan TIDAK untuk ditanggung SENDIRI

Dunia kampus memang sangat menyenangkan bagi sebagian orang,apalagi bagi mahasiswa baru, namun ketika sudah masuk kegiatan perkuliahan dan dibebani berbagai tugas baik tugas individu maupun kelompok,pusing bahkan stress tidak akan lepas dalam benak dan pikiran mahasiswa. Dari sekian banyaknya mahasiswa tak sedikit yang mau mengerjakan tugas kelompok secara bersama-sama dan saling membantu malah hanya mengandalkan satu sampai dua orang yang mengejakan secara totalitas dan sungguh-sungguh. Mahasiswa seperti ini biasanya mahasiswa yang paling aktif dikelas bahkan tergolong mahasiswa yang pandai dan kreatif tak hanya itu mahasiswa seperti ini biasanya aktif organisasi. Disini saya akan membagikan sedikit cara agar kalian tidak menanggung beban tugas kelompok sendirian. Saya memang orang yang aktif dua organisasi dikampus jadi tak jarang teman-teman saya yang melimpahkan tugas-tugas itu kesaya mereka berpandangan saya yang paling bisa tapi sebenarnya salah kaprah karena saya termasuk orang yang tidak pintar, saya berharap apa yang saya sampaikan tidak dialami oleh adik-adik yang mau menginjak status mahasiswa.

1. Jadilah orang yang berpengaruh dalam kelompok tersebut. Kenapa kalian harus menjadi pengaruh dalam kelompok tersebut agar kalian bisa merencanakan,mengatur serta mengarahkan teman-teman kalian dalam pembagian tugas kelompok . Jadi pengaruh dalam kelompok tak harus pandai,tak harus yang memiliki organisasi dikampus bahkan diluar kampus,namun mereka yang BERANI mengutarakan pendapat didepan teman kelompokmu hal itu akan sanggat berpengaruh terhadap teman-teman kalian.

2. Jangan pernah takut mengambil resiko. Kuncinya kamu harus berani menggambil tindakan yang mungkin memiliki dampak yang sangat besar terutama dalam hal waktu bisanya mahasiswa sanggat sulit untuk dikumpulkan dan mengerjakan secara bersama-sama. Untuk itu beranilah dalam membagi tugas-tugas tersebut dan jangan sampai waktumu terbuang hanya untuk kegiatan yang lain sebelum selesi. Dalam setiap kehidupan pasti ada yang dikorbankan demi sesuatu sama seperti kalian masuk dalam kerja kelompok ada yang harus terkorbankan dan ada yang tidak.

3. Jangan egois, kalian harus bisa mengutamakan kepetingan kelompok dulu baru kekepentinag individu, dengan begitu apa yang kelompok kalian inginkan akan tercapai. Hargailah teman kalian yang mau berusaha mengerjakan dengan sungguh-sungguh bahkan sampai tidah tidur demi kelompok kalian. Usahakan juga kata minta tolong,maaf danterima kasih walaupun kata-kata ini simple tapi diucapkan akan memberikan kesan tesendiri bagi orang.

4. Toleransi yang baik nah hal ini yang paling sangat sulit bagi maasahsiswa lakukan bayak yang pandai tapi mereka tida menghargai temanya baik dalam pemberian saran bahkan solusi permasalahn kelompok kalian. Teman yang seperi ini biasanya tergolong mahasiswa yang malas untuk bersosialisasi dengan temanya bahkan sifat dan kepribadianya yang berbeda.

5. Kerjasama,dalam kerja kelompok memang harus adanya kerja sama jika tidak hancurlah tugas kalian,upayakan apa yang telah menjadi tanggungan kelompok kalian harus ditanggung bersama.

6. Budayakan masyarakat multikultural.Karakter,sikap dan perilakum setiap individu memang berbeda-beda tak jarang banyak sebagian mahasiswa yang tidak mau berbaur dengan mereka yang tidak mau mereka bauri. Ini sangat sering terjadi maka dari itu temanilah semua yang ada dikelasmu atau dikelas yang lain dengan begitu kamu akan mendapatkan sesustu yang tidak akan didapatkan oleh orang lain.

Jangan pernah takut untuk mencoba sesuatu yang baru dari semua kegagalan yang kalian alami,semua kesedihan,kemarahan dan sebagainya akan memperkuat karakter dan mental kalian. Carilah relasi sebanyak-banyaknya kelak akan membantu mu dikemudian hari. Berbagai banyak yang saya sampaikan tentu banyak kesalahan baik dalam penulisan ataupun perkataan yang kurang berkean saya selaku penulis minta maaf yang sebesar-besarnya tentu saya berharap masukan serta kritikan-kritikan yang dapat membuat karya saya lebih baik,terima kasih.

DISCLAIMER
Konten pada website ini merupakan konten yang di tulis oleh user. Tanggung jawab isi adalah sepenuhnya oleh user/penulis. Pihak pengelola web tidak memiliki tanggung jawab apapun atas hal hal yang dapat ditimbulkan dari penerbitan artikel di website ini, namun setiap orang bisa mengirimkan surat aduan yang akan ditindak lanjuti oleh pengelola sebaik mungkin. Pengelola website berhak untuk membatalkan penayangan artikel, penghapusan artikel hingga penonaktifan akun penulis bila terdapat konten yang tidak seharusnya ditayangkan di web ini.

Laporkan Penyalahgunaan

Komentar




search

New Post