Pelaksanaan GSM (gerakan sekolah menyenangkan) SDN Ngebelgede 2, Ngaglik, Sleman
PELAKSANAAN GSM SDN NGEBELGEDE 2, KECAMATAN NGAGLIK
Aspek sarana prasarana yang memadai, terutama yang berkaitan dengan kebutuhan pembelajaran anak didik. Sarana prasarana tidak harus mahal tetapi sesuai dengan kebutuhan anak. Adanya zona aman dan selamat ke sekolah. Penataan lingkungan sekolah yang menarik, memikat mengesankan, saling asah asih asuh, dan pendekatan individual sehingga sekolah menjadi tempat yang nyaman dan menyenangkan.
Di SD Negeri Ngebelgede 2 dalam rangka menciptakan lingkungan yang aman dan menyenangkan telah dilakukan. Dengan berbagai kegiatan yang melibatkan warga sekolah, orangtua wali, dan komite sekoalah serta menjalin hubungan dengan instansi terkait.
Pakar Gerakan Sekolah Menyenangkan (GSM) menyebutkan salah satu prinsip untuk mewujudkan sekolah yang nyaman dan menyenangkan adalah prinsip lingkungan sekolah yang positf, nah, bagaimana kita bisa mendiskripsikan lingkungan yang positif dan etis itu? Sebelumnya mari kita renungkan sejenak untuk membayangkan bagaimana lingkungan sekolah yang positif itu?
Misal, ketika kita memasuki sebuah sekolah, secara sadar atau tidak sadar kita bisa merasakan suasana sekolah itu hanya dengan melihat lingkungan fisiknya dan interaksi antar warga sekolahnya. Lalu secara tidak langsung akan muncul banyak pertanyaan dalam diri: Apakah sekolahnya bersih? Apakah sekolahnya aman? Apakah warga sekolahnya merasa bahagia? Apakah siswa siswinya memiliki kerakter yang baik? Apakah gurunya galak?
A. Strategi Membuat Lingkungan Sekolah Menjadi Positif dan Etis
Bagaimana menciptakan lingkungan positif dan etis di sekolah menyenangkan, dapat dimulai dari perubahan lingkungan belajarnya baik di dalam kelas maupun di luar kelas, desain/lay out kelas, dan display karya siswa. Dalam pembuatan perubahan itu menganut prinsip kreatif dan kolaboratif, artinya melibatkan siswa maupun warga sekolah.
Rizal Muhammad (2018: 21) menyebutkan cara untuk menciptakan lingkungan positif dan etis adalah:
1. Lingkungan belajar yang bersih nyaman dan hijau
Salah satu faktor penting dalam menciptakan lingkungan sekolah yang positif dan etis adalah kebersihan dan kenyamanan siswa dalam belajar.
2. Desain/Setting Kelas
Kelas merupakan lingkungan belajar yang paling sering digunakan sebagai tempat terjadinya proses belajar mengajardi sekolah
3. Kelas yang berzona
Dalam konsep sekolah menyenangkan, kelas yang positif dan menyenangkan itu adalah kelas yang berzona. Kelas yang berzona adalah dalam satu ruang kelas terdapat tempat-tempat/ zona-zona yang dibuat untuk melakukan suatu kegiatan atau tempat menaruh suatu barang. Dengan maksud agar setting kelas dapat terlihat rapi dan teratur. Banyak zona yang dapat dibuat di kelas seperti zona baca, zona kebersihan, zona kreasi, zona kehadiran, zona harapan, zona emosi, dan zona profil.
Di SD Negeri Ngebelgede 2, telah menciptakan lingkungan positif dan etis, untuk mengatasi fenomena yang terdapat di SD Ngebelgede 2, dengan melibatkan warga sekolah dan kerjasam dengan lembaga Gerakan Sekolah Menyenangkan (GSM) yang dipelopori oleh Muhammad Nur Rizal dan Theresia Novi Candra, serta kerjasama dengan Fakultas Teknik dan Fakultas Psikologi UGM.
Langkah-langkahAdapun rangkaian kegiatan untuk menciptakan lingkungan positif dan etis yang terdapat di SD Negeri Ngebelgede 2 yakni menerapkan apa yang di dapat setelah guru-guru kami mengikuti kegiatan workshop GSM yang diselenggarakan oleh Lembaga GSM yang dipelopori oleh Muhammad Nur Rizal, M.Eng. Ph.D.
Setelah mendapatkan ilmu dari workshop, Kami guru-guru SD Ngebelgede 2 sepakat untuk mengaplikasikan di sekolah. Adapun Rangkaian Lingpotis di SD Negeri Ngebelgede 2 Ngaglik adalah:
1. Menciptakan Lingkungan belajar yang bersih nyaman dan hijau
Salah satu faktor penting dalam menciptakan lingkungan sekolah yang positif dan etis adalah faktor kebersihan dan kenyamanan siswa dalam belajar. Kegiatan yang dilakukan adalah melalui pembiasaan. Dengan pembiasaan diharapkan selanjutnya akan menjadi kultur/budaya sekolah.
2. Desain/Setting kelas
Suasana belajar dikelas hendaknya diciptakan senyaman mungkin agar siswa merasa senang dalam belajar.Agar kelas dapat menjadi tempat belajar yang aman, nyaman bagaiakan rumah kedua bagi siswa, perlu adanya komitmen bersama antar warga sekolah.
3. Kelas yang berzona
Kelas yang positif dan menyenangkan itu adalah kelas yang berzona. Kelas yang berzona adalah dalam satu ruang kelas terdapat tempat-tempat/ zona-zona yang dibuat untuk melakukan suatu kegiatan atau tempat menaruh suatu barang. Dengan maksud agar setting kelas dapat terlihat rapi dan teratur. Banyak zona yang dapat dibuat di kelas seperti zona baca, zona kebersihan, zona kreasi, zona kehadiran, zona harapan, zona emosi, dan zona profil.
Konten pada website ini merupakan konten yang di tulis oleh user. Tanggung jawab isi adalah sepenuhnya oleh user/penulis. Pihak pengelola web tidak memiliki tanggung jawab apapun atas hal hal yang dapat ditimbulkan dari penerbitan artikel di website ini, namun setiap orang bisa mengirimkan surat aduan yang akan ditindak lanjuti oleh pengelola sebaik mungkin. Pengelola website berhak untuk membatalkan penayangan artikel, penghapusan artikel hingga penonaktifan akun penulis bila terdapat konten yang tidak seharusnya ditayangkan di web ini.
Laporkan Penyalahgunaan
Komentar
Keren, Bu. Tulisan yang mencerahkan. Sukses selalu.