Puti Mayang Sari

Gadih Minang yang pernah bersekolah di SMA N 1 Sumatera Barat dan menjadi mahasiswa di Departemen Pendidikan Biologi FPMIPA Universitas Pendidikan Indonesia, da...

Selengkapnya
Navigasi Web
Sawi sawi mungil
Bibit sawi

Sawi sawi mungil

Sawi-sawi mungil.

Makhluk kecil yang berhasil menyobek kulit dan merombak biji, mengepakkan daun pertamanya, dan mengangkat diri semakin tinggi dari permukaan tanah.

Melihatnya seperti membawa harapan. Harapan tentang kehidupan yang lebih baik ketika mereka tumbuh besar. Saat dimana mereka dapat memberikan banyak manfaat bagi yang lain.

Namun, siapa yang mengira bahwa di luar sana ada banyak bahaya yang bisa mengancam kelangsungan hidup mereka?

Kekeringan karena keterbatasan air. Serangga yang menggerogoti daunnya. Hewan yang ingin memakannya. Manusia yang secara tidak sengaja menginjaknya. Air hujan yang menggenangi tempat tumbuhnya, sedang ia tak punya daya untuk beranjak dari sana, hingga akhirnya ia membusuk dan mati muda. Bahkan sebelum mereka merasakan bagaimana rasanya berbunga.

Dari sekian jumlah sawi-sawi mungil itu, mungkin hanya setengah atau seperempatnya yang mampu bertahan untuk tumbuh besar sampai dewasa. Bagaimana dengan yang lain? Mereka kalah oleh kejamnya dunia. Tidak semua sawi mampu bertahan. Seperti hukum seleksi alam yang digaung-gaungkan para ahli biologi, yang mampu beradaptasi akan bertahan, bagi yang tidak, maka ia akan mati.

Begitu juga dengan kita, manusia. Saya yakin, semua orang punya tujuan masing-masing yang ingin dicapai. Namun, tidak semua orang bisa sampai ke tujuannya. Ada banyak halang melintang di jalan saat menuju kesana. Sebagian akan tetap bertahan seberat apapun beban yang harus dipikul sepanjang perjalanan, dan yakin akan sampai di tujuan. Namun sebagian lain ada yang tumbang, ada yang mengubah arah tujuannya, bahkan ada yang menyerah sampai disana.

Ya, seleksi alam nyata adanya.

DISCLAIMER
Konten pada website ini merupakan konten yang di tulis oleh user. Tanggung jawab isi adalah sepenuhnya oleh user/penulis. Pihak pengelola web tidak memiliki tanggung jawab apapun atas hal hal yang dapat ditimbulkan dari penerbitan artikel di website ini, namun setiap orang bisa mengirimkan surat aduan yang akan ditindak lanjuti oleh pengelola sebaik mungkin. Pengelola website berhak untuk membatalkan penayangan artikel, penghapusan artikel hingga penonaktifan akun penulis bila terdapat konten yang tidak seharusnya ditayangkan di web ini.

Laporkan Penyalahgunaan

Komentar

Mantap Puti...

06 Feb
Balas

Terima kasih Ibu, mohon bimbingannya

06 Feb



search

New Post