Putri Budiastini

Saya mahasiswa PPG Prajabatan Gelombang 1 Tahun 2023 Melalui web ini, saya ingin berbagi pengalaman belajar Perspektif Sosiokultural dalam Pendidikan Indonesia...

Selengkapnya
Navigasi Web
AKSI NYATA TOPIK 5-PSDPI (Refleksi Pembelajaran)
Topik 5. Scaffolding dalam ZPD

AKSI NYATA TOPIK 5-PSDPI (Refleksi Pembelajaran)

MULAI DARI DIRI

Apa yang Anda pikirkan tentang topik ini sebelum memulai proses pembelajaran?

Berdasarkan capaian pembelajaran yang disampaikan bahwa saya akan mempelajari berbagai pendekatan, strategi, metode dan teknik scaffolding dalam ZPD, serta mampu menyusun, dan mendiskusikannya. Pengetahuan awal tentang ZPD sudah cukup terbayang dari topik sebelumnya, sehingga semakin semangat untuk mengetahui lebih lanjut hingga pada ilmu implementasi ZPD dengan scaffolding.

EKSPLORASI KONSEP

Apa yang Anda pelajari dari konsep yang Anda pelajari dalam topik ini?

Dari konsep scaffolding dalam Zona Perkembangan Proksimal (ZPD), saya memahami bahwa kerjasama pembelajaran antara guru dan siswa adalah kunci dalam mengembangkan kemampuan siswa. Melalui scaffolding, guru memberikan bantuan dan dukungan yang tepat kepada siswa sesuai dengan tingkat perkembangan mereka, memungkinkan mereka mencapai kemampuan yang lebih tinggi daripada yang dapat mereka capai secara mandiri. Proses ini melibatkan inkuiri dan penemuan terarah, di mana siswa diajak untuk mencari informasi yang hilang atau alat untuk memvalidasi hipotesis mereka. Selain itu, pentingnya interaksi reflektif dengan guru dan kerjasama dengan teman sebaya ditekankan untuk mengembangkan kemampuan siswa dalam belajar mandiri. Hasil kolaboratif dari interaksi dengan mitra yang berpengalaman dan yang sama-sama tidak berpengalaman menunjukkan sifat non-aditif dari interaksi manusia, di mana kerjasama dan kolaborasi menghasilkan prestasi yang melebihi sumbangan individu. Keseluruhan, konsep scaffolding dalam ZPD menekankan pentingnya pendekatan pembelajaran yang adaptif dan kolaboratif, di mana guru berfungsi sebagai fasilitator yang membantu siswa mencapai potensi belajar mereka yang sebenarnya.

RUANG KOLABORASI

Apa yang Anda pelajari lebih lanjut bersama dengan rekan-rekan Anda dalam ruang kolaborasi?

Dalam ruang kolaborasi, saya belajar bersama rekan-rekan tentang pentingnya pendekatan scaffolding dalam Zona Perkembangan Proksimal (ZPD) dalam konteks pembelajaran. Rekan-rekan saya memiliki pandangan bahwa pendekatan ini memungkinkan siswa untuk mencapai kemampuan yang lebih tinggi melalui bantuan dan dukungan yang tepat dari guru, yang sesuai dengan tingkat perkembangan mereka. Strategi yang diterapkan mencakup inkuiri dan penemuan terarah, di mana siswa didorong untuk mencari informasi yang hilang atau alat untuk memvalidasi hipotesis mereka. Beberapa rekan saya juga menekankan pentingnya interaksi reflektif dengan guru dan kerjasama dengan teman sebaya sebagai elemen kunci dalam mengembangkan kemampuan siswa untuk belajar mandiri.

DEMONSTRASI KONTEKSTUAL

Apa hal penting yang Anda pelajari dari proses demonstrasi kontekstual yang Anda jalani bersama kelompok (bisa tentang materi, rekan, dan diri sendiri)?

Dari proses demonstrasi kontekstual yang kami jalani bersama kelompok, saya belajar bahwa pendekatan scaffolding ini memerlukan pemahaman dan kemampuan yang mendalam dari guru dalam mengidentifikasi kebutuhan belajar individu siswa dan memberikan dukungan yang tepat. Saya juga menyadari bahwa proses ini menuntut kesiapan mengajar yang tinggi, di mana guru harus fleksibel, responsif, dan adaptif terhadap kebutuhan dan kemampuan siswa. Selain itu, melalui diskusi dengan rekan-rekan, saya menyimpulkan bahwa persamaan pandangan kami adalah tentang pentingnya pendekatan adaptif dan kolaboratif dalam pembelajaran, di mana guru berfungsi sebagai fasilitator. Namun, ada perbedaan dalam strategi dan teknik yang diterapkan, serta dalam penekanan terhadap elemen-elemen kunci seperti interaksi reflektif dan kerjasama dengan teman sebaya.

ELABORASI PEMAHAMAN

Sejauh ini, apa yang sudah Anda pahami tentang topik ini?

Sejauh ini, saya telah memahami bahwa pendekatan scaffolding dalam Zona Perkembangan Proksimal (ZPD) adalah metode yang sangat efektif dalam membantu siswa mencapai kemampuan belajar yang lebih tinggi melalui bantuan dan dukungan yang tepat dari guru. Metode ini melibatkan penerapan strategi inkuiri dan penemuan terarah, interaksi reflektif dengan guru, serta kerjasama dengan teman sebaya untuk mengembangkan kemampuan belajar mandiri siswa.

Apa hal baru yang Anda pahami atau yang berubah dari pemahaman di awal sebelum pembelajaran dimulai?

Hal baru yang saya pahami setelah proses pembelajaran ini adalah pentingnya adaptabilitas dan responsivitas guru dalam mengidentifikasi kebutuhan belajar individu siswa dan memberikan dukungan yang sesuai. Saya juga memahami lebih dalam mengenai peran teman sebaya dalam proses belajar siswa, di mana kerjasama dan diskusi antar siswa dapat membantu dalam memahami konsep dan mengembangkan perspektif baru.

Apa yang ingin Anda pelajari lebih lanjut?

Saya ingin mempelajari lebih lanjut tentang teknik-teknik khusus dan pendekatan adaptif dalam penerapan scaffolding dalam ZPD, serta bagaimana mengidentifikasi dan merancang aktivitas pembelajaran yang sesuai dengan kebutuhan belajar individu siswa.

KONEKSI ANTAR MATERI

Apa yang Anda pelajari dari koneksi antar materi baik di dalam mata kuliah yang sama maupun dengan mata kuliah lain?

Dari koneksi antar materi baik di dalam mata kuliah yang sama maupun dengan mata kuliah lain, saya belajar bahwa pendekatan scaffolding dalam Zona Perkembangan Proksimal (ZPD) dapat diintegrasikan dengan berbagai metode dan strategi pembelajaran lainnya untuk menciptakan pembelajaran yang memerdekakan dan memenuhi kebutuhan peserta didik. Integrasi scaffolding dengan metode inkuiri, diskusi kelompok, dan pendekatan berbasis proyek menawarkan pendekatan pembelajaran berdiferensiasi yang memungkinkan setiap siswa untuk belajar sesuai dengan kebutuhan, minat, dan tingkat perkembangan mereka. Penerapan scaffolding dalam pembelajaran yang memerdekakan memungkinkan guru untuk memberikan bantuan dan dukungan yang tepat kepada siswa sesuai dengan kebutuhan belajar mereka, yang akan memotivasi dan memberdayakan siswa untuk mengambil kontrol atas proses pembelajaran mereka sendiri. Hal ini sesuai dengan prinsip bahwa setiap siswa adalah individu unik dengan kebutuhan belajar yang berbeda, dan pendekatan pembelajaran berdiferensiasi memastikan bahwa setiap siswa mendapatkan bantuan dan tantangan yang sesuai dengan ZPD mereka, sehingga meningkatkan partisipasi, pemahaman, dan prestasi belajar.

AKSI NYATA

Apa manfaat pembelajaran ini untuk kesiapan Anda sebagai guru?

Manfaat pembelajaran ini bagi kesiapan saya sebagai guru adalah memperluas wawasan dan pemahaman saya tentang pendekatan pembelajaran yang efektif, serta memberikan strategi dan teknik yang dapat saya terapkan dalam praktek mengajar saya di kelas.

Bagaimana Anda menilai kesiapan Anda saat ini, dalam skala 1-10? Apa alasannya?

Saya akan memberi diri saya skor 7. Meskipun saya telah memahami konsep dan strategi dasar scaffolding dalam ZPD, saya merasa masih perlu memperdalam pemahaman dan keterampilan praktis dalam menerapkannya dalam situasi pembelajaran nyata.

Apa yang perlu Anda persiapkan lebih lanjut untuk bisa menerapkannya dengan optimal?

Untuk menerapkannya dengan optimal, saya perlu mempersiapkan lebih lanjut dalam hal merancang aktivitas pembelajaran yang sesuai dengan kebutuhan belajar individu siswa, mengembangkan keterampilan dalam mengidentifikasi ZPD siswa, serta meningkatkan kemampuan dalam mendesain dan mengelola interaksi pembelajaran yang efektif dan responsif.

DISCLAIMER
Konten pada website ini merupakan konten yang di tulis oleh user. Tanggung jawab isi adalah sepenuhnya oleh user/penulis. Pihak pengelola web tidak memiliki tanggung jawab apapun atas hal hal yang dapat ditimbulkan dari penerbitan artikel di website ini, namun setiap orang bisa mengirimkan surat aduan yang akan ditindak lanjuti oleh pengelola sebaik mungkin. Pengelola website berhak untuk membatalkan penayangan artikel, penghapusan artikel hingga penonaktifan akun penulis bila terdapat konten yang tidak seharusnya ditayangkan di web ini.

Laporkan Penyalahgunaan

Komentar




search

New Post