Putri Wulandari

Mahasiswi Stai Has Cikarang Bekasi Prodi Pendidikan Agama Islam No. Wa 08982368968 SDN Kutangara 1 Malangbong Garut SMPN 2 Malangbong Garut SMK kesehatan B...

Selengkapnya
Navigasi Web
7 Nasihat Ali bin Abi Thalib Yang Harus Diingat Seumur Hidup
Nasihat Ali bin Abi Thalib

7 Nasihat Ali bin Abi Thalib Yang Harus Diingat Seumur Hidup

Ali bin Abi Thalib adalah salah satu sahabat nabi yang namanya dikenal oleh semua umat muslim Rasulullah Saw, beliau diberi gelar Babul ilmu atau pintunya ilmu, sehingga setiap perkataan Ali selalu di renungkan oleh para sahabat lainnya.

Termasuk semua nasihat yang pernah dikatakan Ali dulu, berikut diantaranya 7 Nasihat Ali bin Abi Thalib yang harus kita renungkan dan diingat seumur hidup kita, kemudian mengamalkan semua nasihat tersebut.

1. Jangan berbicara tentang hartamu di hadapan orang miskin, membicarakan harta yang kita miliki dihadapan orang miskin sama saja dengan sombong. Kita merasa unggul dari orang miskin karena memiliki harta yang jauh lebih banyak, secara tak sadar kita juga sudah menyakiti perasaan orang miskin tersebut.

2. Jangan bicara kesehatanmu dihadapan orang sakit, saat bertemu orang sakit, Jagan bicarakan soal kesehatanmu dihadapan nya, sebab perkataan akan menyakiti perasaan orang sakit, perlu diingat, orang sakit sedang belajar menghargai betapa nikmatnya sehat itu dan mereka sedang di gugurkan dosanya oleh Allah SWT, bila ikhlas menerima semua penyakitnya, maka dari itu, berilah semangat kepada orang sakit.

3. Jangan berbicara kekuatanmu dihadapan orang lemah, membicarakan keunggulan fisik, kecerdasan, kemampuan, dihadapan orang yang dianggap lemah dari kita termasuk perbuatan sombong, secara tidak sadar kita ingin disanjung dan disegani oleh orang lemah agar ditakuti.

4. Jangan berbicara kebahagiaanmu dihadapan orang orang sedih, jika ada orang sedih mengajakmu berbicara jangan sampai kamu membicarakan soal ke bahagianmu, seolah kita mengejek orang sedih itu, hiburlah mereka dengan menyemangati mereka bahwa semua kesedihan yang kita alami pasti akan digantikan oleh kebahagiaan.

5. Jangan berbicara kebebasanmu dihadapan orang yang terpenjara, tak semua orang bisa merasakan kebebasan, sebagian ada yang merasa terpenjara karena pekerjaannya atau permasalahan hidupnya, jangan sampai kamu membicarakan kebebasanmu kepada orang yang merasa terpenjara, karena itu bisa membuat orang berkecil hati.

6. Jangan berbicara anakmu dihadapan orang yang tidak mempunyai anak, sebagian orang ada yang tidak dikaruniai anak, baik karena mandul atau memang belum ada kehendak dari Allah SWT, kehadiran anak bagi mereka sangat di nanti-nanti, kadang mereka sangat sedih karena tak kunjung punya anak, jadi jangan sampai kita membicarakan tentang anak dihadapan orang yang tidak mempunyai anak karena itu akan menyakiti perasaannya.

7. Jangan bicara tentang orang tuamu dihadapan anak anak yatim, nasihat terakhir Ali adalah jangan membicarakan tentang orang tuamu dihadapan anak anak yatim, sebab perkataan kita akan menyakiti perasaan anak yatim yang sudah tidak lagi bisa merasakan hangatnya pelukan orang tua.

Untuk itu pahami dan mengerti kondisi teman kita termasuk keharusan, jangan tinggalkan apalagi melupakan tetapi semangati dan bantulah orang orang disekitar kita.

DISCLAIMER
Konten pada website ini merupakan konten yang di tulis oleh user. Tanggung jawab isi adalah sepenuhnya oleh user/penulis. Pihak pengelola web tidak memiliki tanggung jawab apapun atas hal hal yang dapat ditimbulkan dari penerbitan artikel di website ini, namun setiap orang bisa mengirimkan surat aduan yang akan ditindak lanjuti oleh pengelola sebaik mungkin. Pengelola website berhak untuk membatalkan penayangan artikel, penghapusan artikel hingga penonaktifan akun penulis bila terdapat konten yang tidak seharusnya ditayangkan di web ini.

Laporkan Penyalahgunaan

Komentar

Terimakasih sudah berbagi ilmunya bu Sukses selalu

17 Aug
Balas

Tulisan yang edukatif. Zuper. Srmangat berkarya ibu.

17 Aug
Balas

Mantap, Bu. Sangat inspiratif sekali. Salam literasi.

17 Aug
Balas



search

New Post