Qamariah nur

Belum menuliskan informasi profilenya.

Selengkapnya
Navigasi Web
Covid-19 Membuka Mataku

Covid-19 Membuka Mataku

Penyebaran virus Corona atau Covid-19 masih terus terjadi terutama di Indonesia. Dalam sektor pendidikan yang paling merasakan dampak Covid-19 adalah siswa. Mereka harus mengikuti pembelajaran jarak jauh dari rumah. Hampir setiap hari di depan laptop atau hp agar bisa mengikuti proses pembelajaran daring. Hilang masa bermain dengan teman-teman karena harus menjaga jarak.

 Sementara itu, guru juga merasakan hal yang sama. Guru harus menyiapkan materi untuk pembelajaran jarak jauh. Berusaha semaksimal mungkin agar setiap siswanya tetap walaupun tanpa harus datang ke sekolah.

Hampir setiap hari guru harus membuat bahan ajar. Duduk di depan laktop mengakses internet. Memanfaatkan teknologi untuk pembelajaran jarak jauh. Hal ini bukanlah sesuatu yang mudah. Tanpa adanya pelatihan dan selama ini sangat jarang bahkan tidak pernah dilakukan.Tidak sedikit guru yang merasakan kesulitan dalam memanfaatkan teknologi dalam pembelajaran jarak jauh.

Namun, segala sesuatu yang terjadi ada hikmahnya. Tidak selamanya musibah itu mendatangkan kerugian. Terkadang manfaatnya kita rasakan setelah kita menjalaninya.

            Hal itu terjadi pada diri saya sendiri. Awal menjadi guru acuh tak acuh dengan teknologi. Padahal suami saya yang juga seorang guru selalu memberi dorongan agar saya belajar. Saya beranggapan tanpa teknologi pun, saya masih bisa mengajar. Hal inilah yang membuat sedikit motivasi untuk belajar memanfaatkan teknologi.

Sejak pembelajaran jarak jauh diterapkan karena pandemi Covid-19. Saya mulai merasa kesulitan terutama dalam melaksanakan pembelajaran secara daring. Saya coba untuk belajar walaupun seperti kura-kura berjalan, lambat dan sangat pelan. Pada saat di depan laktop timbul rasa was-was. Salah pencet hilang semua data.

Saya “terbangun dari tidur” yang panjang. Saya menyadari bahwa ternyata sebagai seorang guru menguasai teknologi sangat penting. Corona membuka mata saya. Sebagai seorang guru tidak boleh gagap teknologi apalagi di era milenial 4.0 ini.

Teknologi dan informasi memberikan manfaat yang luar biasa dalam kehidupan manusia. Akan tetapi teknologi dan informasi juga mendatangkan dampak negatif jika tidak pandai mengelolanya. Seorang guru harus selalu menjadi garda terdepan saat memberikan informasi terbaik bagi anak didiknya.

 

Batam, 07 Juli 2020

Qamariah Nur

DISCLAIMER
Konten pada website ini merupakan konten yang di tulis oleh user. Tanggung jawab isi adalah sepenuhnya oleh user/penulis. Pihak pengelola web tidak memiliki tanggung jawab apapun atas hal hal yang dapat ditimbulkan dari penerbitan artikel di website ini, namun setiap orang bisa mengirimkan surat aduan yang akan ditindak lanjuti oleh pengelola sebaik mungkin. Pengelola website berhak untuk membatalkan penayangan artikel, penghapusan artikel hingga penonaktifan akun penulis bila terdapat konten yang tidak seharusnya ditayangkan di web ini.

Laporkan Penyalahgunaan

Komentar

Benar itu Bu. Kita harus jadi dibarisan terdepan untuk anak bangsa. Semangat ibu

09 Jul
Balas

Siap.

09 Jul



search

New Post