RABIAH, M.Pd

RABIAH, M.Pd lahir Di Pulau Kijang, (Kabupaten Indragiri Hilir, Riau) 27 November 1987. Mengajar Di SMP Negeri 3 Keritang Kecamatan Keritang Kabupaten Indragiri...

Selengkapnya
Navigasi Web
Refleksi Akhir Tahun 2017
Pegiat Literasi Indragiri Hilir

Refleksi Akhir Tahun 2017

Tulisan ini adalah refleksi perjalanan Tahun 2017.

Januari 21-22 2017 saya menginjakkan kaki di kemendikbud untuk meegikuti acara pelatihan menulis yang diadakan oleh Mediaguru bekerjasama dengan ikatan Guru Indonesia (IGI). Pulang dari sana sudah terbayang apa yang mau ditulis. Hanya siap outlines saja.

Februari 24-26 2017 kembali Saya terbang ke Malang kota Batu tepatnya do P4TK Pkn dan IPS untuk mengikuti Mediaguru Writing Camp (MWC). Setelah ini 3 hari di sana naskah saya siap. Dengan Judul ' Pelangi Tanpa Warna' (Kumpulan Puisi). Pulang dari kegiatan tersebut saya hanya menunggu buku tersebut selesai. Tiga bulan menunggu buku tersebut pun siap. Saya hanya mampu cetak 30 eksemplar untuk cetakan pertama. Tersisa 2 eksemplar lagi sekarang. Ada rencana mau cetak kembali hanya saja belum kesampaian. Mohon doanya semoga dimudahkan.

April 3-7 2017 saya kembali melakukan penerbangan ke Solo Surakarta atas undangan Kemendikbud direktorat Jenderal Guru dan Tenaga Kependidikan untuk kegiatan Pelatihan Literasi Guru Dikdas Tahun 2017. Pulang dari sini buku belum siap dilanjtkan di rumah untuk menyelesaikannya. Dari Solo saya beserta teman sekamar bertiga yaitu Yossilia dari Pelalawan dan Humaira dari Sulawesi Barat, kami melanjutkan perjalanan ke Yogyakarta. Sampai di Yogyakarta k Prambanan untuk menyaksikan Candi Prambanan yang terkenal itu. Keesokan harinya kami memutuskan penerbangan dari Yogyakarta menuju Pekanbaru. Sungguh memberikan semangat baru.

Di bulan ini juga MGMP 4 kecamatan yaitu Tempuling, Keritang, Kempas, Enok, berlangsung sukses.

April 1 s.d 5 2017 Ikatan Guru Indonesia hadir Di LPMP menyapa guru Riau dengan kegiatannya satu guru satu buku (Sagusaku) saya termasuk pesertanya. Buku yang ditulis d sini adalah 'Pramuka itu Asyik Gembira dan Menyenangkan'. Buku ini masih dicetak terbatas.

Mei 20-21 2017 saya kembali melakukan penerbangan ke Jakarta untuk mengikuti Gebyar Literasi Mediaguru bekerjasama dengan Direktorat Jenderal Guru dan Tenaga Kependidikan Kemendikbud. Di ajang inilah buku 'Pelangi Tanpa Warna' dilauncing didampingi oleh wakil bupati Indragiri Hilir H.Rosman Malomo, yang berkesempatan memberikan kata sambutan waktu itu. Saya Sungguh terharu. Satu-satunya dari Indragiri Hilir yang wakil pemerintahannya datang memberikan dukungan dan apresiasi. Terima Kasih Pak Rosman Malomo. Insyallah bapak senantiasa sehat dan dilimpahkan keberkahan. Amin.

14 Juni 2017 adalah hari yang mengharukan. Saya diberikan penghargaan oleh Pemda Indragiri Hilir sebagai bagian dari pengabdian di bidang pendidikan yaitu Satyalencana Sri Gemilang Award dalam rangka memperingati milad kabupaten Indragiri Hilir yang ke-52. Di kediaman Bupati indragiri Hilir saya menerima penghargaan itu yang dirangkai dengan buka bersama. Sungguh malam yang tak terlupa. Penghargaan ini diberikan kepada 6 masyarakather setiap tahunnya yang dianggap berjasa meegembangkan bidang yang digeluti.

Juli 31-3 Agustus 2017 kembali diundang untuk pelatihan kurikulum tingkat SMP di Hotel Inhil PratamaTembilahan dengan pola 32 jam. Kembali dibahas Kurikulum 2013 secara rinci dan menyeluruh. Masih di bulan 6 Agustus yang sama saya mengikuti MGMP Bahasa Indonesia 4 Kecamatan berjalan lancar. Pola pembelajarannya 38 jam. Alhamdulillah.

September 07-10 2017. Sebagai pembina pramuka gugus depan 11.019/020 SMP Negeri 3 Keritang Saya kembali mendampingi anggota pramuka gugus depanku berkemah. Selama 4 hari di bumi perkemahan kami saling menyemangati. Akhirnya perkemahan itu usai gugus depan kami membawa 4 piala. Belum berhasil juara umum tak apa. Karena yang kami bawa adalah penggalang ramu yang Masih tahap belajar menyesuaikan diri. Saya maklumi itu. Berjuang terus.

September 14-16 2017 Di Kota Bukittinggi saya mendapatkan undangan Workshop Pengembangan Media Pembelajarannya yang ditaja oleh Pustekkom ( Pusat Teknologi Informasi dan Komunikasi Pendidikan dan Kebudayaan). Setiap Tahun dibuka pelatihan seperti ini. Kita difasilitasi. Pola Pembelajarannya 32 jam. Yang berkesempatan diundang dari Indragiri Hilir adalah Rabiah, M.Pd, (SMPN 3 Keritang), Guslaini, S.Si, M.Pd (SMPN 4 Gas), Putikah, M.Si, (SMAN 1 Tembilahan) dan Yasni, M.Si ((SMAN 1 Keritang). Tapi sistemnya mendaftar teman-teman dan diseleksi terlebih dahulu. Umur tak melebihi 50 Tahun. Diambil hanya 30 guru untuk dilatih.

September ceria 21-22 2017, karena Mediguru memberikan waktunya untuk guru-guru di Kabupaten Indragiri Hilir. Mediaguru hadir dengan CEO Gurusiana Muhammad Ihsan dan Pimpinan Redaksi Mediaguru Mas Eko Prasetyo untuk menebarkan virus satu guru satu buku (sagusabu). Saya sebagai panitia terharu jumlah peserta 102 orang pas dengan ruangan yang kami sediakan. Acara ini dilaksanakan Di hotel Dubest Tembilahan. Pola pelatihannya 32 jam dengan bimbingan online via whatshap sampai buku terbit. Mediaguru memberikan waktu peserta 1 bulan untuk menuntaskan naskahnya. Subhanallah. Sekarang sudah hampir 27 orang yang telah siap tinggal menunggu ISBN Di perpusnas. Selamat Anda Penulis baru dari Indragiri Hilir.

September, 27-29 2017 buku 'Pramuka Itu Asyik Gembira dan Menyenangkan' dalam Acara Global Educational Supplies and Solutions Exhibition and Conference Indonesia. 100 buku karya Sagusaku (Ikatan Guru Indonesia) hasil pelatihan dari seluruh Indonesia dilauncing di sini. Jakarta Convention Center saksinya kemeriahan dan ramainya acara Guess tersebut. Ikut dihadiri oleh kepala dinas Pendidikan kabupaten Indragiri Hilir Drs. H. Rudiansyah, M.Si. Kepala Dinas Pendidikan menyaksikan 11 guru penulis Indragiri Hilir maju ke atas panggung menyaksikan peluncuran buku tersebut. Subhanallah. Saya bersyukur ada diantara 11 orang tersebut. Nama-nama yang launcing waktu itu adalah Rabiah, M.Pd ( SMP N 3 Keritang) dengan Judul buku Pramuka itu Asyik Gembira dan Menyenangkan, Guslaini, S.Si, M.Pd ( SMPN 4 Gas), dengan judul buku Asyiknya bermatematika, Silvia Asri, M.Pd (SMPN 5 Tanah Merah) dengan judul buku Media Pembelajaran Matematika Ramah Lingkungan, Hapipah, M.Pd, ( Kepala Sekolah SDN 027 Nusantara Jaya), dengan Judul buku Berani Berbicara , Marliah, M.Pd ( SMK N 2 Tembilahan) dengan judul buku Biaglala di atas Rumah Ziqra, Laila Suryani, S.Pd ( SMPN 2 Tembilahan), dengan judul buku Gadis Jerambah, Tien Kasriani, S.Pd ( Kepala SMP Satap Sanglar), dengan judul buku 8 tahun UN dan Pembahasannya, Suryati, S.Pd ( SMP Satap Teluk Bunian Pelangiran), dengan judul buku Kreasi Limbah Benilai Jual, Anita, S.Pd ( SMPN 1 Tembilahan Kota) dengan judul buku Menggapai Harapan, Henny Kirana, S.Pd ( SMKN 1 Tembilahan) dengan judul buku Cancer, dan Rahma Zuanty, M.Pd ( SMKN 1 Tembilahan). dengan judul buku Mudahnya Perpajakan. Selamat ya teman-teman Motto boleh satu guru satu buku tapi guru tak boleh berhenti menulis, tulislah 2, 3 4 dst. buku impianmu. KGPI akan mewadahinya.

November 9-10 2017, Saya mengikuti Sagusandra (satu guru satu animasi drawing) Di Kota Padang tepatnya di SMK 2 Padang. Dari Indragiri Hilir kami ber-3 yaitu Guslaini, S.Si, M.Pd, Silvia Asri, M.Pd dan saya sendiri. Dari Pekanbaru Ada Hakim Lao, S.Kom dari SMK 5 Pekanbaru.

November 16-19 2017. Saya kembali menjadi panitia Di Perkemahan Karya Kwartir Ranting 04.02.11 Keritang sekaligus menbawa gugus depan 11.019/11.020 SMP Negeri 3 Keritang. Membawa 2 regu putra dan putri. Alhamdulillah SMP Negeri 3 Keritang menjadi juara umum tingkat penggalang. Sedangkan tingkat siaga adalah SDN 09 Kuala Lemang, dan Tingkat penegak adalah SMAN 1 Keritang. Selamat ya semoga dapat dipertahankan ya. Terimah Kasih oak Jamaliah yang bersusah payah melatih anggota pramuka kita.

November 25 26 2017 adalah puncak Acara Mendiaguru yaitu Temu nasional Guru Penulis yang bertempat di Plaza Insan Berprestasi Gedung A Kemendikbud Jakarta. Tiga ratus Penulis seluruh Indonesia berkumpul untuk mengikuti upacara Hari Guru Nasional dan Pameran organisasi Profesi lainnya seluruh Indonesia. Dari Indragiri Hilir kami ber-7 antara lain: Rabiah, M.Pd (SMP Negeri 3 Keritang), dengan judul buku Surga Jatuh Pantai Solop, Maryam, M.Si, ( Kepala SDN 024 Kotabaru Kec. Keritang, dengan Judul buku Yatim Terbuang, Ermiati, S.Pd (SDN 027 Nusantara Jaya), dengan Judul buku Indahnya Mimpi Buruk, Yusfiarni, S.Pd (SDN 001 Kemuning) dengan Judul buku Seharum Bunga Kenuning, Ahmad Rasul, AS ( SMP N 1 Reteh), dengan Judul buku Matematika Asyik, Fitri Yanti, S.Pd, 5 Panah Srikandi Riau ( SMAN Thawalib Kuindra) Di dalam buku ini Ada kisah Saya sebagai sebagai salah satu pegiat Literasi, dan Yuliana, S.Pd, (SMK N 1 Kempas) dengan judul buku Guru Matematika yang Didamba).

Desember, 06 2017 Saya mengirimkan Puisi untuk lomba cipta puisi Nasional, ke Jejak publisher dan Alhamdulillah dibukukan dalam antologi Puisi Pendidikan yang diterbitkan oleh Jejak Publisher. Tinggal menunggu dikirim ke penulisnya. Dari Indragiri Hilir yang berhasil terpilih adalah Rabiah, M.Pd ( SMP N 3 Keritang), Guslaini, S.Si, M.Pd ( SMPN 4 Gas), Laila Suryani, S.Pd (SMP N 2 Tembilahan ) Dahniar, S.Pd dari SMP N 4 Gas, dan Rina Oktopini, M.Pd dari SMP N 2 Reteh. Selamat teman-teman Tahun depan kits uji kemampuan kembali.

Desember 9-10 2017 IGI indragiri Hilir dengan KGPI mengadakan satu guru satu buku ( Sagusaku) dengan coach Pak Mustakim dari Gresik, Jaws Timur dengan pemenang 54 Kali lomba Karya ilmiah. Luar biasa mengispirasi. Coach kedua Ibu Yulismart dari SMP N 8 Pekanbaru pegiat Literasi Pekanbaru. Semangatnya luar biasa membuat guru-guru terpana. Suaranya juga merdu ketika bernyanyi. Senantiasa sehat bunda Yuli karena masih banyak guru membutuhkan inspirasimu.

Desember, 24-25 2017 kututup kegiatan Literasi tahun ini dengan mengikuti satu guru satu editor sagusator bersama IGI Kota Padang. Bertempat Di Plaza Telkom Padang. Dari Indragiri Hilir Rabiah, M.Pd, (SMPN 3 Keritang) Henny Kirana, S.E (SMKN 1 Tembilahan), Suryati, S.Pd ( SMPan Satap Teluk Bunian Pelangiran), Silvia Asri, M.Pd ( SMPN 5 Tanah Merah), Guslaini, S.Si, M.Pd ( SMPN 4 Gas), Hakim Leo, S.Kom ( SMKN 5 Pekanbaru). Karena betepatan dengan libur semester kami rangkai dengan wisata literasi dengan mengelilingi 3 Provinsi yaitu, Riau, Sumbar, dan Jambi. Insyallah wisata literasi ini kami rangkum dalam antologi wisata lietrasi 3 Provinsi. Sungguh Menyenangkan. Dahsyat setiap kisahnya. Tunggu ya teman-teman

Desa Nusantara Jaya

31 DESEMBER 2017

DISCLAIMER
Konten pada website ini merupakan konten yang di tulis oleh user. Tanggung jawab isi adalah sepenuhnya oleh user/penulis. Pihak pengelola web tidak memiliki tanggung jawab apapun atas hal hal yang dapat ditimbulkan dari penerbitan artikel di website ini, namun setiap orang bisa mengirimkan surat aduan yang akan ditindak lanjuti oleh pengelola sebaik mungkin. Pengelola website berhak untuk membatalkan penayangan artikel, penghapusan artikel hingga penonaktifan akun penulis bila terdapat konten yang tidak seharusnya ditayangkan di web ini.

Laporkan Penyalahgunaan

Komentar

mantab bana

31 Dec
Balas

Dahsyat sekali klaideskop tahun 2017 nya Bu Salam kenal dari Solo. Pasti yang waktu pelatihan di Solo bersama bu Achi dari Makasar ya? daya menemui beliau loh waktu itu

31 Dec
Balas

Namaku selalu mendampingimu sahabatku... sukses terus.. barakallah semoga sll mnjd inspirator bagi guru-guru

01 Jan
Balas

Namaku selalu mendampingimu sahabatku... sukses terus.. barakallah semoga sll mnjd inspirator bagi guru-guru

01 Jan
Balas

Namaku selalu mendampingimu sahabatku... sukses terus.. barakallah semoga sll mnjd inspirator bagi guru-guru

01 Jan
Balas

Ahaha itu kebetulan saja atau disengaja

01 Jan

Dahsyat. Sukses selalu bu...

31 Dec
Balas

hebat......sukses sllu biah...

31 Dec
Balas

Mantap dinda Rabiah,terima kasih telah menularkan virus literasi kepada kami,terus berkarya.

01 Jan
Balas



search

New Post