Rachmad Lasaka

Guru matematika SMP Negeri 2 Luwuk, Kab.Banggai, Sulawesi Tengah. Aktif di kegiatan kerelawanan pendidikan, sosial, dan kemanusiaan......

Selengkapnya
Navigasi Web
Merdeka Belajar

Merdeka Belajar

Beberapa minggu lalu, SMP 2 Luwuk Sulawesi Tengah mengadakan pameran karya. Puluhan karya hasil kreatifitas dan inovasi siswa dipamerkan. Mulai dari roket, tas, kursi, souvenir, hiasan dinding, dan msh byk lg. Semua hasil kerajinan tangan tersebut menggunakan barang bekas. Karya2 ini dilombakan antar kelas untuk memotivasi siswa dalam berkreatifitas. Turut hadir sebagai tim penilai Bapak Drs. H. Alfian Djibran, MM.,MH selaku Ketua Komite SMP Negeri 2 Luwuk, serta Ketua dan Pengurus Tim Penggerak PKK Kecamatan Luwuk. Seluruh tim penilai jg menyaksikan peluncuran belasan roket yg dirakit oleh para siswa.

Sy membayangkan bahwa kegiatan ini merupakan salah satu bentuk pengganti Ujian Nasional (UN) di tahun2 mendatang seperti yg dimaksudkan pak Menteri Pendidikan. Sekolah diberikan kebebasan dlm merancang sendiri bentuk UN nya. Entah itu dlm bentuk unjuk kerja sains, portofolio, esai, pidato, puisi, musik, tarian, drama, teater, olahraga, desain, dan msh byk lagi.

Sy yakin guru2 di sekolah pny segudang ide, konsep, dan inovasi utk merancang model ujian seperti ini, karena merekalah yg lebih tahu latar belakang dan karakteristik siswanya. Dengan begitu, siswa lebih leluasa mengeksplore kompetensi yg dimilikinya dan memberi kesempatan kepada mereka untuk merancang sendiri bakat yg akan dipresentasikannya...

DISCLAIMER
Konten pada website ini merupakan konten yang di tulis oleh user. Tanggung jawab isi adalah sepenuhnya oleh user/penulis. Pihak pengelola web tidak memiliki tanggung jawab apapun atas hal hal yang dapat ditimbulkan dari penerbitan artikel di website ini, namun setiap orang bisa mengirimkan surat aduan yang akan ditindak lanjuti oleh pengelola sebaik mungkin. Pengelola website berhak untuk membatalkan penayangan artikel, penghapusan artikel hingga penonaktifan akun penulis bila terdapat konten yang tidak seharusnya ditayangkan di web ini.

Laporkan Penyalahgunaan

Komentar

Smpn 2 luwuk keren menewen pak

23 Jan
Balas



search

New Post