Rachmadonna shinta daulay

Belum menuliskan informasi profilenya.

Selengkapnya
Navigasi Web

KURIKULUM PENDIIDKAN

A. Pengertian Kurikulum

Dalam kegiatan proses pembelajaran, kurikulum sangat dibutuhkan. Dikarenakan kurikulum sebagai bentuk pedoman untuk menyusun target dalam proses belajar mengajar. Namun, dalam memahami hakikat kurikulum sering sekali terjadi perbedaan persepsi dan pemahaman.Sering kali muncul jawaban yang berbeda-beda. Oleh karena itu akan dikemukakan beberapa pengertian kurikulum. Diantaranya ialah:

1. Kurikulum dipandang sebagai suatu bahan tertulis yang berisi uraian tentang program pendidikan suatu sekolah yang harus dilaksanakan dari tahun ke tahun.

2. Kurikulum diartikan sebagai tujuan pengajaran, pengalaman-pengalaman belajar, alat-alat pelajaran dan cara-cara penilaian yang direncanakan dan digunakan dalam pendidikan.

3. Kurikulum dipandang sebagai program pendidikan yang direncanakan dan dilaksanakan untuk mencapai tujuan-tujuan pendidikan tertentu.

B. Manfaat dan Fungsi Kurikulum

1. Manfaat kurikulum bagi guru, sekolah dan masyarakat

- Dapat menjadi pedoman untuk merancang, melaksanakan dan mengevaluasi hasil kegiatan pembelajaran.

- Dapat mendorong sekolah menyukseskan penyelenggaraan pendidikan KTSP (Kurikulum Tingkat Satuan Pendidikan)

- Dapat menjadi acuan standar bagi orangtua untuk ikut serta dalam membimbing anaknya dalam belajar.

2. Fungsi kurikulum

- Fungsi kurikulum bagi sekolah yaitu sebagai alat untuk mencapai seperangkat tujuan pendidikan dan sebagai pedoman mengatur kegiatan sehari-hari.

- Fungsi kurikulum bagi tataran tingkat sekolah, yaitu sebagai pemeliharaan proses pendidikan dan penyiapan tenaga kerja.

- Fungsi bagi konsumen yaitu sebagai keikutsertaan dalam memperlancar pelaksanaan program pendidikan.

C. Kedudukan Kurikulum

- Kurikulum mempunyai kedudukan sentral dalam seluruh proses pendidikan

- Kurikulum merupakan suatu rancana pendidikan, memberikan pedoman dan pegangan tentang jenis, lingkup, dan urutan isi serta proses pendidikan.

- Kurikulum merupakan suatu bidang studi, yang ditekuni oleh para ahli atau spesialis kurikulum, yang menjadi sumber konsep-konsep atau memberikan landasan-landasan teoritis bagi pengembangan kurikulum berbagai institusi pendidikan.

D. Komponen Kurikulum

Kurikulum dalam suatu sekolah mengandung tiga komponen dasar, yaitu komponen tujuan, isi atau materi dan komponen organisasi atau strategi.

- Komponen tujuan

Bagi orang yang berkepentingan dan berurusan dengan pendidikan dapat mengemukakan pendapatnya tentang tujuan pendidikan yang diharapkan dicapai oleh anak didiknya.

- Komponen isi

Isi suatu program kurikulum disekolah dibedakan berdasarkan jenis bidang yang disajikan danisi program masing-masing bidang studi tersebut.

- Komponen organisasi dan strategi

Dalam komponen ini di dalamnya terdapat struktur (susunan) horizontal dan vertical. Dalam komponen strategi pelaksanaan kurikulum tergambar dari cara yang ditempuh dalam melaksanakan pengajaran, cara mengadakan penilaian, cara melaksanakan bimbingan dan penyuluhan dan cara mengatur kegiatan sekolah secara keseluruhan

DISCLAIMER
Konten pada website ini merupakan konten yang di tulis oleh user. Tanggung jawab isi adalah sepenuhnya oleh user/penulis. Pihak pengelola web tidak memiliki tanggung jawab apapun atas hal hal yang dapat ditimbulkan dari penerbitan artikel di website ini, namun setiap orang bisa mengirimkan surat aduan yang akan ditindak lanjuti oleh pengelola sebaik mungkin. Pengelola website berhak untuk membatalkan penayangan artikel, penghapusan artikel hingga penonaktifan akun penulis bila terdapat konten yang tidak seharusnya ditayangkan di web ini.

Laporkan Penyalahgunaan

Komentar

Jadi kesimpulannya kurikulum itu apa Bu... ?

10 Feb
Balas



search

New Post