rachman firdaus

Belum menuliskan informasi profilenya.

Selengkapnya
Navigasi Web

peran guru di era meddonisasi

PERAN GURU di ERA “MEDDONISASI”

Meddonisasi merupakan cara berpikir dan bertindak yang dilakukan oleh individu maupun sekelompok orang dalam tatanan aktivitas hidup yang tidak didasarkan pada norma-norma agama, sosial, adat istiadat, dan norma hukum yang berlaku dilingkungan masyarakat. Hal ini juga tidak terlepas dari adanya perubahan - perubahan yang diakibatkan oleh Modernisasi diberbagai aspek kehidupan sehingga turut mempengaruhi cara berpikir dan bertindak setiap individu maupun kelompok dalam aktivitas hidupnya (Firdaus,2015)

Siswa tidak bisa kita pisahkan dari masyarakat. Undang-undang No 20 Tahun 2003 Tentang Sistem Pendidikan Nasional menjelaskan Siswa adalah anggota masyarakat yang berusaha mengembangkan potensi diri melalui proses pembelajaran yang tersedia pada jalur, jenjang dan jenis pendidikan tertentu. Mereka mengikuti pendidikan agar dapat membangun masyarakat, dan di masa depan mereka yang akan menjadi pemimpin di masyarakat. Gambaran masyarakat yang akan datang ada pada kondisi para siswa saat ini. Hal ini sangat penting diperhatikan terutama oleh orang-orang yang mendidiknya termasuk guru di lingkungan sekolah mereka.

Membentuk kepribadian seseorang memang bukanlah hal yang mudah perlu kesabaran dalam melalui proses pembentukannya, karena setiap siswa memiliki karakter berbeda dari latar belakang keluarga yang berbeda dan hidup pada lingkungan masyarakat yang juga berbeda. Untuk itu sangat diperlukan pengkajian terhadap akar permasalahan, apalagi kalau kepribadian yang dimiliki seseorang sudah bertolak belakang atau menyimpang dari nilai, aturan dan norma yang berlaku di masyarakat. Guru sangat berperan penting dalam turut serta membentuk kepribadian siswa supaya mereka memiliki perilaku yang baik. Sesuai profesi yang dimilikinya yaitu sebagai pendidik.

Penyebab Meddonisasi siswa modern

Perilaku seseorang yang sadar dipengaruhi oleh pemikirannya, apapun yang ingin dilakukannya dikomando dulu oleh pemikirannya yang berpadu dengan perasaannya. Pemikiran dan perasaan seseorang muncul dari informasi yang diperolehnya. Dengan demikian, dapat dikatakan bahwa penyebab meddonisasi siswa modern adalah informasi keliru yang diperoleh dari proses sosialisasi, kurangnya kemampuan menyaring informasi, serta berubahnya standar bertingkah laku di masyarakat. Fenomena degradasi moral berkembang di masyarakat sudah terbentuk menjadi sebuah sistem yang menggiring mereka kepada kebiasaan umum. Walaupun harus diperbaiki secara menyeluruh, namun karena siswa juga bagian dari masyarakat sejatinya mereka yang akan berperan di masyarakat untuk merubah kebiasaan umum yang buruk menjadi kebiasaan umum yang baik.

Peran Guru membentuk karakter siswa Di Era Meddonisasi

Keberadaan guru dalam proses pendidikan dan pembelajaran memegang peranan yang sangat penting. Guru adalah ujung tombak program peningkatan kualitas sumber daya manusia. Adapun peran guru sebagai pendidik dalam membentuk kepribadian siswanya antara lain:

Guru Sebagai Teladan

Siswa tingkat dasar dan menengah biasanya memperhatikan segala tingkah laku guru-gurunya. Mereka belajar memahami karakter dalam setiap interaksi sehari-hari di lingkungan sekolah maupun ketika berada di lingkungan masyarakat (bagi yang tinggal berdekatan. Mereka punya gambaran penilaian sendiri terhadap guru, Oleh karena itu guru harus bisa menunjukkan sikap dan keteladanan yang baik di hadapan para siswa.

Guru Sebagai Fasilitator

Siswa tidak hanya membutuhkan materi-materi pelajaran dalam ilmu terapan, mereka juga memerlukan pendidikan yang membentuk kecakapan spiritual, sosial , dan emosional. Guru harus siap membantu mewujudkan siswa menemukan jati dirinya dalam proses pembentukan kepribadiannya.

Guru Sebagai Agen Perubahan

Sebagai agen perubahan guru pun juga senantiasa melakukan perubahan dalam dirinya, belajar untuk meningkatkan kualitas diri sehingga dapat menularkan apa yang ada padanya kepada siswa.

Guru sebagai sumber informasi

Penyebab merosotnya perilaku karena informasi keliru yang diperoleh siswa tentang bagaimana berprilaku. Oleh karena itu pertama yang yang dilakukan adalah memberikan informasi yang benar. Seseorang tidak akan mau melakukan apa yang tidak biasa ia lakukan sebelum mengetahui untuk apa atau mengapa ia harus melakukannya.

Dengan demikian peran guru membentuk karakter positif siswa akan mampu melahirkan generasi bangsa yang berkarakter, berbudaya dan berakhlak positif di era Meddonisasi

DISCLAIMER
Konten pada website ini merupakan konten yang di tulis oleh user. Tanggung jawab isi adalah sepenuhnya oleh user/penulis. Pihak pengelola web tidak memiliki tanggung jawab apapun atas hal hal yang dapat ditimbulkan dari penerbitan artikel di website ini, namun setiap orang bisa mengirimkan surat aduan yang akan ditindak lanjuti oleh pengelola sebaik mungkin. Pengelola website berhak untuk membatalkan penayangan artikel, penghapusan artikel hingga penonaktifan akun penulis bila terdapat konten yang tidak seharusnya ditayangkan di web ini.

Laporkan Penyalahgunaan

Komentar

Subhanallah...setuju banget Pak

20 Aug
Balas

Saya baru tahu ada kata meddonisasi. Referensi baru nih...

20 Aug
Balas



search

New Post