Raffi Firdaus

Tinggal di Padang laban Kenegarian Pasia Pelangai Kec, Ranpes Kab. Pessel, Sumatera Barat. Pernah sekolah di TK Bunda, SDN 17 Padang Laban, MTsN Balai Selasa,...

Selengkapnya
Navigasi Web

Indahnya hidup dengan Membaca || Mari Budayakan Membaca

Setiap manusia tidak terlepas dari kebiasan melihat, mendengar, mengucapkan dan membaca sebuah bacaan baik itu tertulis maupun lisan. apapun bentuk sebuah benda, alat komunikasi dan lain lain sebagainyanpasti tidak terlepas dari sebuah tulisan dalamnya.

Membaca merupakan proses pengucapan tulisan untuk mendapatkan isinya. Pengucapan tidak selalu dapat didengar, misalnya membaca dalam hati selanjutnya membaca merupakan aktifitas yang tidak bisa dilepaskan dari menyimak, berbicara, dan menulis. Sewaktu membaca, pembaca yang baik akan memahami bacaan yang dibacanya. Selain itu ia bisa mengkomunikasikan hasil membacanya secara lisan atau tertulis. Dengan demikian, membaca merupakan keterampilan berbahasa yang berkaitan dengan keterampilan berbahasa lainnya.

Dengan membaca setiap orang bisa mengetahui informasi-informasi yang tidak pernah dia ketahui selama ini, dan juga dengan membaca seorang mahasiswa dapat menyampaikan pendapatnya dengan baik dan bijak ketika sedang diskusi.

Namun berdasarkan hasil survei, menyatakan bahwa saat ini minat baca masyarakat Indonesia sangatlah rendah. Sebab minat baca di Indonesia menduduki peringkat 60 dari 61 negara," kata presenter Mata Najwa itu di Kupang, Nusa Tenggara Timur (NTT) Jumat (11/8/2017) malam, dikutip dari Antara.Online, diakses 15 April 2017).

yang menyebabkan rendahnya minat membaca masyarakat di indonesia disebabkan oleh beberapa faktor:

Kondisi ekonomi masyarakat. Rendahnya kondisi ekonomi masyarakat menyebabkan masyarakat sulit untuk mendapatkan buku-buku bermutu, karena untuk memenuhi kebutuhan pokok sehari-hari dirasa sangat sulit, apalagi membeli buku atau bacaan lainnya. Buku dirasakan oleh masyarakat umum sangat mahal jika dibandingkan biaya pemenuhan hidup lainnya. Lingkungan sosial sekolah seperti para guru, dan teman-teman sekelas dapat mempengaruhi minat baca seorang anak, para guru yang selalu menunjukkan sikap dan perilaku simpatik dan memperlihatkan suri tauladan yang baik dalam hal membiasakan membaca dapat menjadikanmotivasi bagi minat anak didik untuk membaca. Seperti para guru membisakan membaca pada saat jam istirahat sehingga para murid dapat mencontohnya, namun pada kenyataannya banyak guru lebih asyik mengobrol dengan guru lainnya ketimbang membaca. Lingkungan sosial yang lebih banyak mempengaruhi minat baca adalah orangtua dan keluarga anak itu sendiri, dalam hal minat baca anak dari keluarga yang berpendidikan dan suka membaca tentunya berbeda dengan anak yang berada dalam keluarga yang kurang berpendidikan dan kurang senang membaca, karena keluarga adalah komunitas pertama yang dilalui seorang anak. Kurangnya minat membaca juga dipengaruhi oleh banyaknya hiburan TV dan permainan di rumah atau di luar rumah yang membuat perhatian anak atau orang dewasa untuk menjauhi buku. Sebenarnya dengan berkembangnya teknologi internet akan membawa dampak terhadap peningkatan minat baca masyarakat kita, karena internet merupakan sarana visual terbaru saat ini, akan setapi hal tersebut disikapi lain karena yang dicari di internet kebanyakan kurang tepat bagi konsumsi anak-anak.

Untuk itu dalam peningkatan membaca di Indonesia dengan memulai gerakan gemar membaca, kita sebagai orang tua maupun pendidik mempunyai tanggung jawab terhadap penanaman minat membaca hingga berkembang menjadi gemar membaca. Penanaman minat membaca yang dimaksud di sini ialah upaya penanaman kebiasaan menyediakan waktu untuk membaca berbagai bacaan yang sesuai dengan kebutuhan dan usia.

oleh karena itu, sebelum kita mengajarkan anak-anak kita perlu membudayakan membaca, membaca harus lah dimulai dari diri kita sendiri terlebih dahulu dengan menyediakan waktu luang walaupun membaca hanya sedikit. dengan melihat kebiasaan kita, anak-anak pasti akan meniru kebiasaa kita.

DISCLAIMER
Konten pada website ini merupakan konten yang di tulis oleh user. Tanggung jawab isi adalah sepenuhnya oleh user/penulis. Pihak pengelola web tidak memiliki tanggung jawab apapun atas hal hal yang dapat ditimbulkan dari penerbitan artikel di website ini, namun setiap orang bisa mengirimkan surat aduan yang akan ditindak lanjuti oleh pengelola sebaik mungkin. Pengelola website berhak untuk membatalkan penayangan artikel, penghapusan artikel hingga penonaktifan akun penulis bila terdapat konten yang tidak seharusnya ditayangkan di web ini.

Laporkan Penyalahgunaan

Komentar

Alah bisa karena biasa

07 Dec
Balas

Ya benar bgt, daya tarik membaca di negara kita masih jauh. Yuuk kita coba buat tulis tulisan menarik agar yang tidak mau baca akhirnya tertarik membaca

24 Nov
Balas

hehehe oke buk, siaphh laksanakan...

24 Nov



search

New Post