Rahmadi Salman

Terus Menulis untuk Menginspirasi (Sebuah Tekad)...

Selengkapnya
Navigasi Web
RA Kartini Sang Pejuang Literasi

RA Kartini Sang Pejuang Literasi

Hari ini adalah hari yang sangat bersejarah bagi perkembangan dunia literasi di Indonesia. Pasalnya, seorang tokoh wanita yang bernama Raden Ajeng Kartini (R.A. Kartini) telah mengawali perjuangannya dalam mewujudkan berdirinya sekolah bagi para wanita.

Kartini merupakan sosok wanita tangguh yang sangat gencar sekali dalam dalam memperjuangkan hak-hak emansipasi wanita pada masa itu, termasuk dalam pendidikan bagi wanita.

Bagi Kartini wanita mempunyai hak yang sama dalam memperoleh pendidikan dan sama halnya dengan para laki-laki. Kondisi saat itu membuat Kartini berjuang melalui orang tuanya (Romonya) untuk tidak mau nikah dengan seorang Bupati kalau tidak mengabulkan persyaratan yang diajukannya.

Salah satu syaratnya adalah suaminya harus mendukung berdirinya sekolah bagi wanita di masa itu. Berkat kegigihan beliau maka berdirilah sekolah Kartini pertama yang bernama Kartini's School.

Sejak berdirinya sekolah wanita tersebut maka berdirilah dan mincullah pejuang-pejuang wanita yang berjuang dalam emansipasi wanita di berbagai daerah di Indonesia.

Adanya sekolah-sekolah yang didirikan oleh Kartini dan pejuang wanita lainya merupakan cikal bakal adanya semangat terhadap perkembangan literasi di tanah air bagi wanita. Melalui sekolah wanita-wanita bukan hanya dipandang sebagai orang yang bertugas sebagai ibu rumah tangga, melayani suami dan mengasuh anak saja akan tetapi lebih dari itu menjadi pelopor bahkan ada yang menjadi pemimpin, tentu tidak melupakan kodratnya sebagai ibu dari anak-anaknya dan istri dari suaminya.

Selamat Hari Kartini tahun 2023

"Habis Gelap Terbitlah Terang" (R.A. Kartini)

21 April 2023

DISCLAIMER
Konten pada website ini merupakan konten yang di tulis oleh user. Tanggung jawab isi adalah sepenuhnya oleh user/penulis. Pihak pengelola web tidak memiliki tanggung jawab apapun atas hal hal yang dapat ditimbulkan dari penerbitan artikel di website ini, namun setiap orang bisa mengirimkan surat aduan yang akan ditindak lanjuti oleh pengelola sebaik mungkin. Pengelola website berhak untuk membatalkan penayangan artikel, penghapusan artikel hingga penonaktifan akun penulis bila terdapat konten yang tidak seharusnya ditayangkan di web ini.

Laporkan Penyalahgunaan

Komentar




search

New Post