rahmatmarjunis

Guru Pendidikan Pancasila dan Kewarganegaraan MTsN 2 Solok, lahir di Palembang 31 Oktober 1983. Berasal dari Batang Piarau Sago Manggopoh Lubuk Basung Kab Agam....

Selengkapnya
Navigasi Web
Tips Lulus Ujian CPNS

Tips Lulus Ujian CPNS

TIPS UJIAN CPNS 2019

 

Seleksi Penerimaan CPNS 2019 sudah di depan mata, Sebagian millennials sudah bersiap-siap menghadapi tes Seleksi Kompetensi Bidang (SKD) bagi mereka yang telah dinyatakan lulus adminitrasi Penerimaan CPNS. Bagi millenials yang baru kali ini mengikuti tes CPNS berikut tips dari penulis agar bisa lulus ujian CPNS.

 

1. KENALI KISI KISI TES Seleksi Kompetensi Dasar (SKD)

 

Luangkan waktu belajar mengerjakan soal latihan Seleksi Kompetensi Dasar, yang terdiri dari Tes Wawasan Kebangsaan (TWK), Tes Intelegensi Umum (TIU) dan Tes Karakteristik Pribadi (TKP).

Sesuai dengan Permen Pendayaagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi No. 24 Tahun 2019 tentang Ambang Batas Seleksi Kompetensi Dasar 

 

Yang terdiri dari :

- TWK sebanyak 30 soal dengan passing grate : 65 

- TIU sebanyak 35 soal dengan passing grate : 80

- TKP sebanyak 35 soal dengan passing grate : 126

 

Dengan waktu yang diberikan selama 90 menit

 

Tes Wawasan Kebangsaan bertujuan menilai penguasaan pengetahuan dan kemampuan mengimplementasikan Nasionalisme, Integritas, Bela Negara, Pilar Negara dan Bahasa Indonesia

 

Sementara, TIU untuk menilai Kemampuan Verbal, Kemampuan Numerik dan Kemampuan Figural.

 

TKP merupakan tes untuk menilai perilaku terkait pelayanan publik, jejaring kerja, sosial budaya, teknologi informasi dan komunikasi serta profesionalime

 

2. TRIK MENGERJAKAN SOAL 

 

Kerjakan soal TWK sebanyak 13 soal yang benar benar betul, kemudian lanjut soal TIU sebanyak 16 soal yang paling benar, sedangkan soal TKP tiap opsion jawaban mempunyai nilai 1, 2, 3, 4 dan 5 tidak ada jababan yang salah maka pilihlah jawaban yang paling tepat.

 

Pada pelaksanaan CPNS 2018, banyak peserta yang gagal di TKP

 

 

Kemudian baru kerjakan semua soal yang tersisa tadi, inggat waktunya hanya 90 menit jangan terfokus dengan satu soal ini mengakibatkan Waktu yang terus bejalan, kalau ragu lanjut saja ke soal berikutnya.

 

3. PESIAPAN UJIAN

 

1. Satu jam sebelum tes kita sudah berada dilokasi tes guna mempersiapkan diri dan mental agar rileks dalam menghadapi tes.

2. Makan sebelum ujian.

3. Bawa dokumen persyaratan untuk berjaga-jaga, seperti ijazah, SKCK, akreditasi universitas, dan lain-lain. Simpan persyaratan itu secara baik agar tidak kehujanan, rusak, maupun hilang.

4. Download kartu ujian dan kartu akun di handphone. Jika mendadak harus mem-print ulang, sehingga ada persiapan.

5. Perlengkapan lainnya, seperti alat tulis dan kartu identitas.

6. Obat-obatan bila sakit mendadak

 

4. DOA

Mintalah Doa kedua orang tua 

 

Setelah berusaha serahkan semua hasilnya Pada Allah SWT

DISCLAIMER
Konten pada website ini merupakan konten yang di tulis oleh user. Tanggung jawab isi adalah sepenuhnya oleh user/penulis. Pihak pengelola web tidak memiliki tanggung jawab apapun atas hal hal yang dapat ditimbulkan dari penerbitan artikel di website ini, namun setiap orang bisa mengirimkan surat aduan yang akan ditindak lanjuti oleh pengelola sebaik mungkin. Pengelola website berhak untuk membatalkan penayangan artikel, penghapusan artikel hingga penonaktifan akun penulis bila terdapat konten yang tidak seharusnya ditayangkan di web ini.

Laporkan Penyalahgunaan

Komentar




search

New Post