Rahmat,S.Pd.M.Pd

Belum menuliskan informasi profilenya.

Selengkapnya
Navigasi Web
Acara Pelamaran

Acara Pelamaran

Acara Pelamaran

Sekitar jam 10.00 pagi saya di telepon oleh ibu Ina ,dengan maksud memberi tahu bahwa sebentar malam akan ada acara pelamaran/peminangan anaknya dengan anak tetangga pula.Sayapun menyatakan kesiapan diri untuk mendampingi acara tersebut,sehingga harus pulang dari sekolah sebelum sore hari.

Malam itu kami dari calon mempelai pria berangkat sekitar sepuluh orang dengan jalan kaki.Calon mempelai pria menurut adat Lauje yang dipimpin oleh ketua adat menyiapkan BOASULELE(pembuka bicara) terdiri dari satu piring putih,diisi beberapa genggam beras,uang koin,uang kertas yang jumlah menandakan kemampuan biaya pesta,rokok,korek api,dibungkus kain kain kuning.

Begitu sampai di rumah calon mempelai perempuan,sekitar sepuluh menit,maka pemandu acara membuka acara yang inti pokok menanyakan maksud silaturahim kepada tamu yang datang.Setelah itu maka juru bicara dari calon mempelai pria meletakan Boaslulele ,kemudian berhadapan dengan juru bicara dari calon mempelai perempuan dengan bahasa daerah lauje.Bila terjadi kesepakatan,maka acara akan dilanjutkan penentuan hari pernikahan.Akhinya acara ditutup dengan pembacaan doa oleh Imam.

DISCLAIMER
Konten pada website ini merupakan konten yang di tulis oleh user. Tanggung jawab isi adalah sepenuhnya oleh user/penulis. Pihak pengelola web tidak memiliki tanggung jawab apapun atas hal hal yang dapat ditimbulkan dari penerbitan artikel di website ini, namun setiap orang bisa mengirimkan surat aduan yang akan ditindak lanjuti oleh pengelola sebaik mungkin. Pengelola website berhak untuk membatalkan penayangan artikel, penghapusan artikel hingga penonaktifan akun penulis bila terdapat konten yang tidak seharusnya ditayangkan di web ini.

Laporkan Penyalahgunaan

Komentar

Terima kasih ulasannya. Menambah pengetahuan budaya. Salam hormat

21 Jan
Balas



search

New Post