Raihana Rasyid

Lahir dan menetap di Medan ,07 September 1967.Alumni IKIP Negeri Medan Jurusan Pendidikan Biologi. Tenaga pendidik di SMA Negeri 14 Medan....

Selengkapnya
Navigasi Web
Kekuatan Sebuah Tim
Sumber : PNGWing

Kekuatan Sebuah Tim

Menyatukan banyak orang dengan isi kepala yang berbeda-beda, bukanlah perkara mudah. Namun juga bukan tak mungkin dilakukan. Sebagai makhluk sosial membuat manusia membutuhkan orang lain agar bisa melakukan banyak hal dengan sukses. Hal ini menunjukkan bahwa kita membutuhkan tim kerja untuk bisa mengerjakan bersama-sama dengan orang lain yang mempunyai visi, misi dan tujuan yang sama.

Kekuatan sebuah tim terletak pada kesadaran akan hakikat dan makna dari sebuah tim kerja yaitu adanya relasi yang terjadi di antara semua anggota tim atau hubungan antara semua orang yang ada di dalam tim tersebut. Kekuatan sebuah tim terletak dalam keeratan hubungan antara semua orang yang terhubung, begitu pula kelemahan sebuah tim juga terletak pada kekuatan hubungan tersebut.

Setiap anggota tim, harus memiliki empati yang tinggi. Di mana setiap orang memiliki kemampuan untuk mengerti dan memahami preferensi orang lain dan bisa menempatkan preferensinya sendiri. Dengan demikian ia mampu merasakan apa yang dirasakan oleh orang lain yang akan menjadi dasar baginya untuk bertindak. Maka, sulit bagi seseorang bisa menjadi bagian dari sebuah tim yang solid jika tidak memiliki empati. Semakin tinggi empati yang dimiliki oleh anggota tim maka kekuatan tim tersebut akan semakin besar. Jika kekuatan tim semakin besar maka tingkat keberhasilan pekerjaan tim akan semakin tinggi pula.

Sebuah tim yang sukses dapat mengenali tipikal anggotanya yang berbeda-beda. Tipikal anggota tim ini menjadi hal yang penting dalam menyusun strategi kerja sama yang akan dilakukan. Dari berbagai referensi diperoleh data bahwa ada 8 tipikal anggota tim, yaitu :

1. Company Worker, cirinya adalah konservatif, patuh, dan dapat diprediksi. Tim ini mempunyai kemampuan organizing, berpikir praktis, pekerja keras dan disiplin sebagai kekuatannya. Sementara kelemahannya adalah kurang fleksibel, tidak berespon terhadap ide-ide yang belum terbukti.

2. Chairman, dengan ciri tenang dan percaya diri. Kekuatannya adalah kemampuan menghargai seluruh kontributor berdasarkan kontribusi mereka tanpa prasangka serta memiliki objektivitas yang tinggi. Sedangkan kelemahannya, kemampuan intelektual dan kreativitas standar.

3. Shaper, bercirikan sangat tegang, apa adanya dan dinamis. Kekuatannya adalah mampu menantang kelambanan dan kepuasan diri. Sebagai Provokator, mengganggu dan tidak sabar menjadi kelemahannya.

4. Plant, cirinya adalah individualistis, serius, tidak ortodoks. Jenius, imaginatif, intelek dan berpengetahuan menjadi sebuah kekuatan tersendiri untuk tim ini. Sementara itu kurang realistis, cenderung mengabaikan detail praktis atau protokol yang menjadi kelemahannya.

5. Resource Investigator, cirinya adalah ekstrovert, antusias, keingintahuan besar, komunikatif. Mempunyai kekuatan berkemampuan berhubungan dengan orang lain dan mengeksplorasi hal baru, kemampuan untuk merespon tantangan. Dan mempunyai kelemahan mudah terpengaruh dengan kesan pertama.

6. Monitor Evaluator, sabar dan bijaksana menjadi cirinya. Bijak dalam memutuskan, memiliki prinsip yang teguh menjadi kekuatannya. Tapi kehilangan inspirasi untuk memotivasi orang lain menjadi kelemahannya.

7. Team Worker, cirinya berorientasi sosial, lembut serta sensitif. Kekuatannya berkemampuan merespon orang lain dan situasi untuk membangkitkan semangat tim. Sedangkan kelemahannya tidak dapat mengambil keputusan dalam keadaan krisis.

8. Completer-Finisher, adalah mereka yang telaten, tertib, teliti, dan cemas menjadi ciri utama. Kemampuan mengimbangi si perfeksionis menjadi kekuatan utama. Kelemahannya yaitu cenderung mengkhawatirkan hal kecil dan keengganan untuk merelakan.

Di dalam diri seseorang bisa saja terdapat dua atau tiga tipe yang dominan dan berkombinasi menjadi kekuatan dan kelemahan orang tersebut. Maka, saling melengkapi dari setiap anggota tim adalah hal terbaik.

Kembali pada topik pembicaraan bahwa setiap orang memiliki kelebihan dan kekurangan maka kekuatan sebuah tim adalah bagaimana kita bisa menerima dan diterima orang lain. Didukung oleh sikap jujur dan manajemen yang transparan akan membuat sebuah tim dapat berlayar bersama menuju dermaga tujuan dengan selamat dan sejahtera.

#edisikuatkanhati132#

#empati#

#dapatmenerimadanditerimaoranglain#

#membacamenambahilmumenulismengikatilmu#

Perisai Pribumi, Baiti Jannati, 21 Februari 2024

DISCLAIMER
Konten pada website ini merupakan konten yang di tulis oleh user. Tanggung jawab isi adalah sepenuhnya oleh user/penulis. Pihak pengelola web tidak memiliki tanggung jawab apapun atas hal hal yang dapat ditimbulkan dari penerbitan artikel di website ini, namun setiap orang bisa mengirimkan surat aduan yang akan ditindak lanjuti oleh pengelola sebaik mungkin. Pengelola website berhak untuk membatalkan penayangan artikel, penghapusan artikel hingga penonaktifan akun penulis bila terdapat konten yang tidak seharusnya ditayangkan di web ini.

Laporkan Penyalahgunaan

Komentar

Mantap

21 Feb
Balas

Alhamdulillah wa jazakallah, Pak Guru. Salam literasi dari Medan. Semoga sehat, bahagia dan sukses selalu. Barakallah.

22 Feb

Sama sama

22 Feb

mantap

22 Feb
Balas

Alhamdulillah. Terima kasih, bunda. Salam literasi dari Medan. Semoga sehat, bahagia dan sukses selalu.

23 Feb



search

New Post