Raihana Rasyid

Lahir dan menetap di Medan ,07 September 1967.Alumni IKIP Negeri Medan Jurusan Pendidikan Biologi. Tenaga pendidik di SMA Negeri 14 Medan....

Selengkapnya
Navigasi Web
Majalah Dinding SMA Negeri 14 Medan Wadah Kreativitas Siswa
Tim redaksi majalah dinding SMA Negeri 14 Medan saat penerbitan edisi minggu ke-2 bulan Mei 2023.

Majalah Dinding SMA Negeri 14 Medan Wadah Kreativitas Siswa

Sabtu 13 Mei 2023, siang itu suasana di sekolah tampak lengang. Para siswa sudah beranjak pulang menuju ke kediamannya. Akhir pekan yang dinanti setelah penat dengan rutinitas. Namun, di beberapa titik terlihat siswa berkumpul. Ternyata mereka masih akan melanjutkan dengan kegiatan ekstrakurikuler yang biasa digelar setelah jam pelajaran usai.

Di area sekitar majalah dinding terpajang, tampak empat siswi cantik yaitu Wahyu Tahoma Keysia Pakpahan (XI MIPA 4), Nazwa Ari Syafitri (XI MIPA 4), Martogi Fitriani Sihotang (XI MIPA 3) dan Naomi Virginia Lubis (XI MIPA 5) bersama Ade Syafrina, S.Pd., guru mata pelajaran Geografi yang juga sebagai staff wakil kepala sekolah bidang sarana prasarana. Mereka terlihat asyik membaca, menulis bahkan ada yang menggunting dan menempelkan kertas. Suhu panas kota Medan saat itu seolah menjadi amunisi pembakar semangat mereka menerbitkan edisi terbaru di majalah dinding setelah vakum selama liburan puasa dan lebaran.

Para siswi anggota OSIS di bawah asuhan Halimahtussakdiah Nasution, S.Pd. ini, sebelumnya memang sudah sepakat untuk menerbitkan karya teman-temannya di majalah dinding. Terima kasih untuk semangat kalian, nak.

Majalah dinding di SMA Negeri 14 Medan sekolah kami, dijadwalkan terbit dua minggu sekali, yaitu pada minggu ke-2 dan ke-4 setiap bulannya. Mudah-mudahan jadwal ini dapat dilaksanakan secara konsisten melihat jumlah karya yang masuk ke redaksi.

Selama ini, memang belum ditentukan tema yang diusung setiap kali penerbitan. Mengingat di edisi-edisi awal tujuannya lebih kepada menumbuhkan minat baca tulis dari seluruh siswa. Sehingga apa pun yang ditulis siswa ditampung oleh redaksi tanpa terikat tema. Namun, seleksi tulisan tetap dilakukan.

Nantinya di bulan Juni 2023 ini, pada setiap penerbitan akan ditentukan temanya. Jadi, siswa yang akan mengirimkan karyanya harus menyesuaikan dengan tema yang dipilih oleh tim redaksi.

Langkah ini dilakukan dengan tujuan agar siswa mulai belajar dan berlatih berkarya dengan menyesuaikan situasi dan kondisi yang terjadi di sekitarnya. Hal ini tentunya juga membiasakan siswa untuk peka membaca hal-hal baru.

Perlahan namun pasti, tim redaksi majalah dinding SMA Negeri 14 Medan mulai melangkah. Menapakkan kaki, menjejakkan karya. Dimulai dari hal kecil yang diyakini akan menjadi besar. Penerbitan majalah dinding sebagai wadah kreativitas siswa merupakan satu dari beberapa kegiatan literasi yang ada di sekolah selain program Julit Sasemi (Jumat Literasi Satu Siswa Sepuluh Menit ).

Harapannya, majalah dinding ini akan mampu menyebarkan virus-virus literasi melalui karya tulis baik berupa artikel, reportase, puisi ataupun gambar.

Semoga semangat berkarya akan tumbuh subur di bawah bimbingan dan arahan para guru. Sekecil apa pun karya siswa sejatinya harus dihargai. Menumbuhkan dan memupuk gerakan literasi di sekolah agar  tumbuh subur menuntut kolaborasi yang indah dari potensi dan bakat siswa dengan tangan dingin pengabdian sang guru.

 

 

#gerakanliterasisekolah#

#majalahdindingsmanegeri14medan#

#membacamenambahilmumenulismengikatilmu#

 

 

Langit Biru di Sekolahku, SMA Negeri 14 Medan, 17 Mei 2023

DISCLAIMER
Konten pada website ini merupakan konten yang di tulis oleh user. Tanggung jawab isi adalah sepenuhnya oleh user/penulis. Pihak pengelola web tidak memiliki tanggung jawab apapun atas hal hal yang dapat ditimbulkan dari penerbitan artikel di website ini, namun setiap orang bisa mengirimkan surat aduan yang akan ditindak lanjuti oleh pengelola sebaik mungkin. Pengelola website berhak untuk membatalkan penayangan artikel, penghapusan artikel hingga penonaktifan akun penulis bila terdapat konten yang tidak seharusnya ditayangkan di web ini.

Laporkan Penyalahgunaan

Komentar

Bahagianya melihat siswa yang kreatif ya bu

17 May
Balas

Betul..., Bu. Bahagia tiada tara sehingga bisa menghilangkan swgala penat yang terasa. Terima kasih untuk kunjungan dan apresiasinya, Bu. Salam literasi. Semoga ibu sehat, bahagia dan sukses selalu.

17 May

Like teacher like student

17 May
Balas

Terima kasih.., Pak Guru untuk kunjungan dan apresiasinya. Salam literasi dari Medan. Semoga Pak guru ehat, bahagia dan sukses selalu.

17 May

Bagua bu...saya ingin belajar menghidupkan majalah finding sekolahku....

17 May
Balas

Terima kasih untuk kunjungan dan apresiasinya, nak. Yuuuk..., kita isi majalah dinding di sekolah kita dengan karya kita. Semangat.., semangat.., semangat. Salam literasi. Semoga sehat dan sukses selalu.

17 May

Mohon maaf..., Pak Guru. Salam literasi. Semoga Pak Guru sehat, bahagia dan sukses selalu.

17 May

Bagua bu...saya ingin belajar menghidupkan majalah finding sekolahku....

17 May
Balas

Terima kasih..., nak. Ayook.., semangat berkarya. Kalau tidak sekarang kapan lagi, kalau bukan k8ta siapa lagi. Semangat. Salam literasi.

17 May

Maaf..., Pak guru. Karena barusan chatingan sama siswa..., jadi terbawa. Hehehe. Sekali lagi mohon maaf..., Pak Guru. Salam literasi.

17 May



search

New Post