Raihana Rasyid

Lahir dan menetap di Medan ,07 September 1967.Alumni IKIP Negeri Medan Jurusan Pendidikan Biologi. Tenaga pendidik di SMA Negeri 14 Medan....

Selengkapnya
Navigasi Web
Pesona Kulong Biru

Pesona Kulong Biru

Beberapa menit sebelum pesawat yang kami tumpangi landing, dari kaca jendela penulis melihat pemandangan indah berupa lempengan-lempengan berwarna biru. Benda apakah gerangan yang berwarna biru terlihat begitu indah itu? Setelah googling, penulis menemukan jawaban bahwa lempengàn berwarna biru, hijau tersebut adalah cekukan-cekukan yang disebut Danau Kaolin, berupa bekas tambang biji timah yang sudah lama ditinggalkan.

Melihat lempengan-lempengan berwarna biru tosca dari atas pesawat, penulis menyadari betul keberadaannya mengingat Bangka Belitung (Babel) merupakan provinsi penghasil timah terbesar di dunia. Keindahan dan keunikan bekas galian tambang tersebut, kemudian diberi nama Danau Kaolin atau Kulong Biru.

Lebih tepatnya di desa Nibung, Kecamatan Koba, Kabupaten Bangka Tengah, terdapat Danau Kaolin yang disebut juga Kulong Biru. Danau Kaolin ini memeiliki keunikan yang memanjakan mata dan menjadi daya tarik bagi turis domestik maupun manca negara. Danau yang berasal dari bekas tambang biji timah ini, memiliki udara yang segar tanpa aroma belerang, karena memang bukan kawasan pegunungan.

Kulong Biru menjadi destinasi wisata andalan Bangka Tengah. Daya Tarik Danau Kaolin berasal dari bekas tambang biji timah yang sudah lama ditinggalkan. Keunikan Danau Kaolin memiliki pemandangan yang berbeda dibandingkan danau lainnya. Hal ini membuat Danau Kaolin terlihat unik dibandingkan danau pada umumnya.

Wisatawan akan disambut dengan hamparan keindahan air yang biru dan jernih maupun bukit-bukit berwarna putih. Wisatawan dapat menyusuri jalur pendestrian atau jembatan kayu yang terhubung dengan Danau Kaolin. Jalur ini memberikan sensasi tersendiri. Pemandangan kontras muncul dari kejernihan air biru tosca dengan gundukan tanah berpasir putih yang menjadi bukit-bukit kecil mengelilingi area Danau Kaolin. Sementara, warna air akan berubah-ubah sesuai dengan suhu udara dan pancaran sinar matahari.

Panorama Danau Kaolin mampu menyedot turis domestik dan mancanegara. Alhamdulillah pada tahun 2019, Danau Kaolin berhasil masuk nominasi Destinasi Unik Terpopuler pada Anugerah Pesona Indonesia 2019.

Sayang sekali jika keindahan alam ini tidak diabadikan. Dilanjutkan dengan kulineran Mie Koba, kuliner khas kota Koba , perjalanan ke Kulong Biru sungguh asyik dan menyenangnkan.

#edisikuatkanhati124#

#kulongbiru#

#membacamenambahimumenukis mengikatilmu#

Perisasi Pribumi, 13 Januari 2024

DISCLAIMER
Konten pada website ini merupakan konten yang di tulis oleh user. Tanggung jawab isi adalah sepenuhnya oleh user/penulis. Pihak pengelola web tidak memiliki tanggung jawab apapun atas hal hal yang dapat ditimbulkan dari penerbitan artikel di website ini, namun setiap orang bisa mengirimkan surat aduan yang akan ditindak lanjuti oleh pengelola sebaik mungkin. Pengelola website berhak untuk membatalkan penayangan artikel, penghapusan artikel hingga penonaktifan akun penulis bila terdapat konten yang tidak seharusnya ditayangkan di web ini.

Laporkan Penyalahgunaan

Komentar




search

New Post