Raihana Rasyid

Lahir dan menetap di Medan ,07 September 1967.Alumni IKIP Negeri Medan Jurusan Pendidikan Biologi. Tenaga pendidik di SMA Negeri 14 Medan....

Selengkapnya
Navigasi Web
Tarawih Malam ke-15 Ramadhan 1445 H
Sumber : Poskota

Tarawih Malam ke-15 Ramadhan 1445 H

Tiga Amalan Buruk yang Diaminkan Rasulullah

“Alhamdulillah, mari kita senantiasa bersyukur kepada Allah SWT atas segala rahmat dan nikmat yang diberikan kepada kita. Maka, sebagai bentuk rasa syukur itu mari kita tingkatkan amal ibadah kita di bulan Ramadhan ini yang tak terasa sudah kita lalui 14 hari. Sholawat dan salam kita persembahkan kepada nabi besar Muhammad SAW yang kita harapkan syafaatnya di hari kiamat kelak.” Demikian Al-Ustaz Muslim Rasyid, S.HI mengawali tausiahnya di malam ke-15 Ramadhan 1445 H di masjid Al-Muqorrobin Asrama Polisi-Pasar Merah-Medan.

Dalam suatu riwayat yang diabadikan dalam sebuah hadis, dari Jabir RA, bahwasanya Nabi SAW naik ke mimbar. Ketika beliau naik ke anak tangga pertama, kedua, dan ketiga beliau mengucapkan, “Aamiin”. Lalu para sahabat bertanya: Wahai Rasulullah, kami semua mendengar engkau berkata: Aamiin, aamiin, aamiin. Beliau menjawab, ”Ketika aku menaiki tangga pertama, Jibril datang kepadaku dan berkata: Celakalah seorang hamba yang mendapati bulan Ramadan namun dosanya tidak diampuni. Maka Aku pun berkata: Aamiin. Kemudian Dia (Jibril) berkata: Celakalah seorang hamba, jika mendapati kedua atau salah satu orang tuanya masih hidup, namun keberadaan kedua orang tuanya tidak membuatnya masuk ke dalam surga. Aku pun berkata: Aamiin. Kemudian Dia (Jibril) berkata: Celakalah seorang hamba, jika namamu disebutkan di hadapannya tapi dia tidak bershalawat untukmu. Maka Aku pun berkata: Amiin. (HR. Ibnu Khuzaimah, dishahihkan oleh Syaikh Al Albani)

Dalam penjelasannya Al-Ustaz menyampaikan bahwa betapa meruginya orang-orang yang apabila datang bulan Ramadhan namun dia tidak mempergunakan kesempatan yang baik ini untuk beribadah dan mohon keampunan dari Allah SWT. Bulan Ramadan sebagai bulan penuh ampunan, bulan penuh rahmat, bulan penuh hidayah, bulan panen kebaikan, dan bulan yang mengembalikan manusia kepada fitrah. Namun, tidak sedikit umat Islam yang telah melewati bulan Ramadan namun kefitrahan jiwanya tidak kembali, justru “bebal” dalam kemaksiatan dan keburukan moral tanpa menoreh kebaikan. Oleh karena itu, malaikat Jibril langsung menyebutnya “celaka” dan diaminkan oleh Rasulullah SAW.

Kemudian, Al-ustaz membacakan surat Al-Isra ayat 23, yang artinya :

"Dan Tuhanmu telah memerintahkan agar kamu jangan menyembah selain Dia dan hendaklah berbuat baik kepada ibu bapak...." (QS. Al-Isra: 23)

Merupakan kewajiban anak untuk membahagiakan dan merawat orang tua sampai akhir ayatnya. Allah menjanjikan surga bagi orang-orang yang memuliakan orang tuanya. Bahkan saat keduanya telah wafat maka perintah tersebut tetap melekat dalam diri seorang anak, tentunya dalam bentuk melanjutkan kebaikan keduanya, mendoakan, atau bersedekah untuk keduanya.

Berikutnya dijelaskan tentang keutamaan membaca sholawat kepada Rasulullah SAW. Bersholawat setiap kali disebut nama Nabi Muhammad SAW tidak bisa dipandang ringan, karena di situlah kualitas kecintaan kita kepada beliau yang telah membawa umatnya minazzulumati ilannur.

Bahkan Allah dan para malaikat bersholawat memuji Rasulullah SAW, konon pula kita hamba yang dhoif ini. Hal ini tercantum dalam Al-Qur’an surat Al-Ahzab ayat 56 yang artinya :

"Sesungguhnya Allah dan para malaikat-Nya bersholawat untuk Nabi. Wahai orang-orang yang beriman! Bersholawatlah kamu untuk Nabi dan ucapkanlah salam dengan penuh penghormatan kepadanya." (QS. Al-Ahzab:56)

Semoga kita tidak termasuk ke dalam tiga doa malaikat yang diaminkan Rasulullah SAW di atas.

Wallahu a’lam bisshowab.

#edisikuatkanhati171#

#ramadhankareem#

#membacamenambahilmumenulismengikatilmu#

Perisai Pribumi, Baiti Jannati, 31 Maret 2024

DISCLAIMER
Konten pada website ini merupakan konten yang di tulis oleh user. Tanggung jawab isi adalah sepenuhnya oleh user/penulis. Pihak pengelola web tidak memiliki tanggung jawab apapun atas hal hal yang dapat ditimbulkan dari penerbitan artikel di website ini, namun setiap orang bisa mengirimkan surat aduan yang akan ditindak lanjuti oleh pengelola sebaik mungkin. Pengelola website berhak untuk membatalkan penayangan artikel, penghapusan artikel hingga penonaktifan akun penulis bila terdapat konten yang tidak seharusnya ditayangkan di web ini.

Laporkan Penyalahgunaan

Komentar

Istimewa ulasannya bunda, salam sukses

01 Apr
Balas

Ulasan yang sangat super

01 Apr
Balas



search

New Post