Raihana Rasyid

Lahir dan menetap di Medan ,07 September 1967.Alumni IKIP Negeri Medan Jurusan Pendidikan Biologi. Tenaga pendidik di SMA Negeri 14 Medan....

Selengkapnya
Navigasi Web
Tarawih Malam ke-18 Ramadhan 1445 H
Sumber : Poskota

Tarawih Malam ke-18 Ramadhan 1445 H

Hak Muslim atas Muslim

Oleh : Al-Ustaz Muhammad Yusuf Siregar, S.Fil

Alhamdulillah segala pujian hanya milik Allah, sholawat dan salam kepada Rasulullah SAW, semoga kita termasuk ke dalam golongan orang-orang yang mendapatkan ridho Allah dan syafaat Rasulullah.

Dari Abi Hurairah ra. bahwa Rasulullah saw bersabda, yang artinya Hak kewajiban seorang muslim atas muslim lainnya ada lima, pertama menjawab salam, kedua menjenguk yang sakit, Ketiga mengantar jenazah, keempat memenuhi undangan, kelima mendo’akan orang yang bersin.”

Dari hadis tersebut di atas, didapatkan 5 hak dan kewajiban seorang muslim atas muslim yang lain, yaitu :

1. Menjawab salam.

Di dalam Islam, salam adalah doa. Jika ada seseorang mengucapkan salam kepada kita maka orang tersebut berarti mengucapkan doa untuk kita. Maka, kita yang mendengarnya wajib menjawab salam tersebut. Kalau mengucap salam adalah sunnah, maka menjawabnya adalah sebuah kewajiban.

2. Menjenguk orang sakit.

Rasulullah SAW mengajarkan kepada umatnya untuk menjenguk saudaranya ketika mereka sedang sakit. Kunjungan kepada orang yang sakit, akan membuat mental si sakit akan lebih kuat. Dengan doa yang dipanjatkan bersama-sama bukan tidak mungkin akan jadi kesembuhan bagi penyakit yang diderita. Menjenguk orang sakit juga salah satu bentuk mempererat hubungan silaturahmi yang sangat disukai oleh Allah SWT. Orang yang selalu menghubungkan silaturahmi akan berkah umur dan dilapangkan Allah rezekinya.

3. Mengurus jenazah.

Bentuk penghormatan terakhir seorang muslim terhadap saudaranya yang berpulang ke rahmatullah adalah dengan mengurusi jenazahnya. Pengurusan jenazah ini, dari mulai memandikan, mengafani, mensholatkan, hingga menguburkannya.

Ini merupakan bentuk penghormatan terakhir setiap Muslim kepada saudaranya yang sudah meninggal. Syariat Islam sangat menganjurkan umatnya untuk mengurusi jenazah saudaranya yang telah meninggal dunia, mulai dari memandikan, mengkafani, mensholati hingga menguburkannya. Rasulullah SAW bersabda, yang artinya :

"Barangsiapa yang menyaksikan jenazah sampai ia menyolatkannya, maka baginya satu qiroth. Lalu barang siapa yang menyaksikan jenazah hingga dimakamkan, maka baginya dua qiroth." Ada yang bertanya, "Apa yang dimaksud dua qiroth?" Rasulullah shallallahu 'alaihi wa sallam lantas menjawab, "Dua qiroth itu semisal dua gunung yang besar." (HR Bukhari)

4. Memenuhi Undangan.

Apabila kita mendapat undangan, hendaknya menghadirinya. Kehadiran kita adalah bentuk penghormatan kita kepada saudara kita yang telah mengundang kita. Manfaat yang lainnya adalah bahwa dengan kehadiran kita hubungan silaturahmi akan selalu tetap terjaga.

5. Mendoakan orang yang bersin.

Bagi orang yang bersin disunahkan mengucapkan hamdalah sebagai ucapan syukur atas karunia Allah kepadanya. Sedangkan seorang muslim yang mendengarkannya dianjurkan mengucapkan “Yarhamukallah” (semoga Allah merahmatimu). Kemudian orang yang bersin disunahkan pula untuk membalas dengan doa “Yahdikumullah” (semoga Allah memberimu petunjuk).

Begitu indahnya tata cara kehidupan yang diajarkan Rasulullah SAW yang menuntun kita hidup bahagia di dunia dan selamat di akhirat. Semoga kita dapat saling menjaga dan dapat menjalankan kewajiban kita kepada saudara kita dengan baik.

Wallahu a’lam bisshowab.

#edisikuatkanhati174#

#ramadhankareem#

#hakmuslimatasmuslim#

#membacamenambahilmumenulismengikatilmu#

Perisai Pribumi, Baiti Jannati, 4 April 2024

DISCLAIMER
Konten pada website ini merupakan konten yang di tulis oleh user. Tanggung jawab isi adalah sepenuhnya oleh user/penulis. Pihak pengelola web tidak memiliki tanggung jawab apapun atas hal hal yang dapat ditimbulkan dari penerbitan artikel di website ini, namun setiap orang bisa mengirimkan surat aduan yang akan ditindak lanjuti oleh pengelola sebaik mungkin. Pengelola website berhak untuk membatalkan penayangan artikel, penghapusan artikel hingga penonaktifan akun penulis bila terdapat konten yang tidak seharusnya ditayangkan di web ini.

Laporkan Penyalahgunaan

Komentar

Mantap

04 Apr
Balas

Alhamdulillah, terima kasih...Ustaz. Salam literasi dari Medan. Semoga sehat, bahagia dan sukses selalu. Barakallah.

05 Apr

Alhamdulillah...salam literasi dari Kerinci Jambi

05 Apr

Keren, salam Literasi dari Purwokerto.

05 Apr
Balas

Sehat selalu Ibu.

05 Apr

Alhamdulillah, terima kasih...Pak Guru. Sudah lama tidak bersapa. Salam literasi dari Medan. Semoga kita semua sehat-sehat dan bahagia selalu, berkah rezekinya, dimudahkan ssgala urusannya serta senantiasa di dalam ridho Allah SWT. Aamiin yaa Robbal alaamiin.

05 Apr

Iya Bu, mau mencoba aktif lagi...

05 Apr

Harus itu. Karena tulisan Pak Guru selalu keren.

05 Apr

Terimaksih supportnya Ibu

05 Apr



search

New Post