Ramadhianty

Assalamualaikum warahmatullahi wabarakatuh..... Salam kenal sahabat literasi semua... Perkenalkan saya: Ramadhianty, SS Bertugas di SMKN 2 Solok, Kota Solok...

Selengkapnya
Navigasi Web
Ayam Geprek dan kawan-kawannya
Foto:Inews.com

Ayam Geprek dan kawan-kawannya

#Tagur22

Ayam Geprek dan kawan-kawannya....

Ayam geprek? Siapa yang tidak familiar dengan kulineran dengan bahan utama ayam ini. Ayam geprek adalah makanan ayam goreng tepung khas Indonesia yang diulek atau dilumatkan bersama sambal bajak. Sebagian besar sumber menyebut bahwa ayam geprek berasal dari Kota Yogyakarta. Kini, ayam geprek telah menjadi hidangan populer yang dapat ditemukan di hampir semua kota besar di Indonesia. Wikipedia

Ada lagi sajian ayam yang secara bahan dan sajiannya sama dengan ayam Geprek. Namanya ayam penyet. Sajian khas Surabaya ini tetap menggunakan ayam sebagai bahan utamanya. Digoreng dan dipenyetkanbdengan menggunakan samabl tomat seperti halnya ayam Geprek. Bedanya terlteak digoreng ayamnya. Ayam geprek, goreng ayam yang dibaluri tepung seperti halnya ayam Kentucky. Sementara ayam penyet tidak dibaluri tepung ayam gorengnya.

Gorengan ayam yang tidak menggunakan tepung dipukul dan dibaluri sambal juga ada yang dinamakan dengan ayam gepuk. Sajian makanan ini khas dari Sunda,vsama dengan ayam geprek dan penyet juga dipukul atau digepuk. Bedanya kalau ayam geprek,cdigeprek hingga daging terpisah dari tulangnya, sementara ayam penyet dan gepuk hanyat dipipihkan atau dioukul hingga empuk karena pada prinsipnya dia sudah empuk dengan diungkep tdan dimarinasi terlebih dahulu.

Yang tidak kalah enaknya menu ayam bersambal ini yang berasal dari Sumatera Barat. Teknik penggorengan, penyajian dengan samvalnya tidak berbeda dengan ketiga kawannya. Ayam dibumbui, diungkep, digoreng lalu diempukkanbdengan cara dipukul. Teknik ini dinamakan ayam batokok (dipukul). Kemudian disajikan juga dengan aneka sambal.

Jadi secara umum tidak ada yang berbeda dari berbagai aneka sajian ayam goreng bersambal di atas. Mulai dari bahan, teknik pembuatan dan penyajiannya boleh dikatakan sama. Hanya daerah asal sajian saja yang membedakan namanya. Dari ayam geprek,cayam penyet, ayam gepuk dan terakhir ayam batokok. Apapun sajiannya tetap berjudul ayam....

Solik, 15 Januari 2023.....

DISCLAIMER
Konten pada website ini merupakan konten yang di tulis oleh user. Tanggung jawab isi adalah sepenuhnya oleh user/penulis. Pihak pengelola web tidak memiliki tanggung jawab apapun atas hal hal yang dapat ditimbulkan dari penerbitan artikel di website ini, namun setiap orang bisa mengirimkan surat aduan yang akan ditindak lanjuti oleh pengelola sebaik mungkin. Pengelola website berhak untuk membatalkan penayangan artikel, penghapusan artikel hingga penonaktifan akun penulis bila terdapat konten yang tidak seharusnya ditayangkan di web ini.

Laporkan Penyalahgunaan

Komentar

Salam pramuka, ayam geprek memang istimewa bun

15 Jan
Balas

Salam Pramuka juga kak...

16 Jan



search

New Post