Ramadhianty

Assalamualaikum warahmatullahi wabarakatuh..... Salam kenal sahabat literasi semua... Perkenalkan saya: Ramadhianty, SS Bertugas di SMKN 2 Solok, Kota Solok...

Selengkapnya
Navigasi Web
Eksekusi mr.crab and friends

Eksekusi mr.crab and friends

#T.034

Eksekusi mr.crab and friends..

Kalau yang hobi menonton film kartun Spongebob Squarepants pasti tidak asing dengan nama mr.crab. Tokoh kepiting yang memiliki restoran tempat Spongebob bekerja. Panggilan mr.crab itu disematkan Spongebob ke pada tuan majikannya. Film kartun yang menceritakan kehidupan dasar laut atau marine life selayaknya sebuah kehidupan kota modern yang ada di darat.

Kita tidak akan bahas tentang film kartun ini. Tetapi akan bicara soal makanan dengan menu lauk dari laut seperti halnya si mr.crabs dan teman-temannya. Menu ini lazim disebut dengan seafood. Menurut Wikipedia, seafood adalah Makanan laut atau boga bahari yang makanannya berupa hewan dan tumbuhan laut yang ditangkap, dipancing, diambil dari laut maupun hasil budidaya.

Makanan hasil laut atau seafood merupakan sumber makanan yang kaya akan protein dan omega-3. Berbagai jenis ikan, udang, kepiting, tiram, dan kerang adalah beberapa contoh seafood yang sering dijumpai. Jadi si mr.crab and friends nya ini kita eksekusi atau diolah jadi makanan yang dinamakan seafood. Kali ini olahannya dinamakan dengan "Seafood saos Padang".

Bahannya:

2 ekor kepiting ukuran sedang

0.5 gram udang ukuran sedang

0.5 gram kerang

0.25 gram cumi-cumi

2buah tomat masak haluskan

1 ons cabe rawit hijau

10 siung bawang merah iris halus

3 siung bawang putih haluskan

1 ruas jari jahe + lengkuas haluskan

1 buah bawang bombai iris

3 lembar dau salam + 3 lembar daun jeruk limau

2 batang daun bawang

1 butir telur ayam kocok lepas

""""

Bumbu:

Saos sambal secukupnya

Saos tiram secukupnya

Saos ikan secukupnya

Lada hitam halus

Kaldu jamur secukupnya

Garam secukupnya

"""""

Cara membuatnya:

Mr.crab dan kawan-kawannya dibersihkan. Buang kotorannya. Untuk cumi potong sedang.

Kerang yang sudah dibersihkan kulitnya, rebus hingga airnya mendidih dan berbuih. Ganti airnya dan kerang cuci kembali.lalu rebus kembali hingga kulit kerang terbuka dan dagingnya sudah masak lalu tiriskan. Air kaldunya dipisahkan.

Tumis bawang merah, bawang putih dan bawang bombai hingga harum. Masukkan bumbu halus, cabe rawit, daun-daunan kecuali daun bawang.

Lalu masukkan tomat yang sudah dihaluskan, saos sambal dan saos yang lainnya. Masukkan mr.crab and friends dan teris diaduk biar bumbunya merata.

Tambahkan air kaldu rendaman kerang tadi sedikit demi sedikit hingga sebanyak yang diinginkan kuahnya.

Tambahkan lada hitam, kaldu jamur dan bubuhkan garam. Koreksi rasanya. Kalau cumi sudah matang lalu masukkan kocokan telur sambil terus diaduk. Jangan didihkan lama-lama karena takutnya nanti daging cumi jadi alot. Terakhir masukan irisan daun bawang.

Setelah semua daging seafoodnya empuk. Matikan api kompor dan aduk terus hingga tercampur dan masak secara merata.

Hasil eksekusi mr.crab and friends siap dihidangkan....

***

Solok, 17 April 2024....

DISCLAIMER
Konten pada website ini merupakan konten yang di tulis oleh user. Tanggung jawab isi adalah sepenuhnya oleh user/penulis. Pihak pengelola web tidak memiliki tanggung jawab apapun atas hal hal yang dapat ditimbulkan dari penerbitan artikel di website ini, namun setiap orang bisa mengirimkan surat aduan yang akan ditindak lanjuti oleh pengelola sebaik mungkin. Pengelola website berhak untuk membatalkan penayangan artikel, penghapusan artikel hingga penonaktifan akun penulis bila terdapat konten yang tidak seharusnya ditayangkan di web ini.

Laporkan Penyalahgunaan

Komentar

Mantap

18 Apr
Balas

Terima kasih bapak...

20 Apr

Sama sama

21 Apr



search

New Post