Ramadhianty

Assalamualaikum warahmatullahi wabarakatuh..... Salam kenal sahabat literasi semua... Perkenalkan saya: Ramadhianty, SS Bertugas di SMKN 2 Solok, Kota Solok...

Selengkapnya
Navigasi Web
Table Manner Wajibkah?

Table Manner Wajibkah?

#T.028

Table Manner Wajibkah?..

Masih cerita soal keriwehan kumpul di hari raya. Selaku tuan rumah agak kerepotan sedikit masalah tetek bengek menu dan hidangan berlebarannya. Tidak yanya itu tetapi juga segala piranti makan yang mulai dari persendokan sampai piring, mangkok dan saudara-saudaranya. Karena semua harus sesuai dengan bentuk dan fungsi penggunaannya menurut makanan yang dimakan. Adik kakak kayak prasmanan di pesta-pesta gitu.

Saat menyusun piring dan sendok di meja makan, salah seorang sepupu bertanya,"Un, apakah setiap siswa SMK kelas XI wajib ikut table manner untuk syarat naik ke kelas XII?. Sempat bingung juga, karena kalau di SMK Pariwisata tentu satu bagian tuntutan dari kurikulumnya. Balik bertanya ke adik sepupu tadi kalau anaknya sekolah di SMK jurusan apa? Ternyata si anak jurusannya Manajemen Perkantoran dan layan bisnis.

Jujur saja karena kekurangan pengetahuan tentang itu coba dicari tahu tentang pogram tersebut . Karena selama ini yang ditahu kalau table manner itu berhubungan dengan tata aturan dimeja makan. Setelah coba ditelusuri ternyata table manners dalah aturan etika yang dipergunakan pada saat makan, yang mana memberikan petunjuk-petunjuk yang benar dalam penggunaan alat makan. Dengan mengikuti pelatihan table manner dapat mempermudah seseorang untuk menyesuaikan diri dalam dunia kerja atau saat pertemuan-pertemuan kantor atau bisnis.

Gak salah ternyata kalau yang dipahami dan konsepnya table manner itu memang tidak jauh dari urusan permeja makan.

Hubungannya dengan bisnis, table manner sangatlah penting ketika menghadiri beberapa pertemuan dengan orang – orang penting guna menunjukkan bahwa anda adalah orang yang beretika bagus. Dampaknya adalah orang – orang akan menganggap bisnis atau perusahaan anda adalah bisnis yang sangat bagus sehingga berani untuk membeli, bekerja sama atau membangun koneksi.

Terus mengikuti program table manner yang diberlakukan sekolah apakah wajib atau tidak? Ada hubungannya dengan kenaikan kelas tentu saja serta merta tidak bisa divonis begitu saja. Tentu harus didapatkan informasi dari sekolah tersebut. Sejauh mana urgensi mengikuti program table manner ini menentukan kenaikan lelas atau tidak...

Solok, 11 April 2024....

DISCLAIMER
Konten pada website ini merupakan konten yang di tulis oleh user. Tanggung jawab isi adalah sepenuhnya oleh user/penulis. Pihak pengelola web tidak memiliki tanggung jawab apapun atas hal hal yang dapat ditimbulkan dari penerbitan artikel di website ini, namun setiap orang bisa mengirimkan surat aduan yang akan ditindak lanjuti oleh pengelola sebaik mungkin. Pengelola website berhak untuk membatalkan penayangan artikel, penghapusan artikel hingga penonaktifan akun penulis bila terdapat konten yang tidak seharusnya ditayangkan di web ini.

Laporkan Penyalahgunaan

Komentar




search

New Post