Ramandha Putra

Ramandha Putra, lahir 30 tahun lalu, tepatnya pada 15 Juni 1988 di Cikarang, Jawa Barat, Ia lahir dari pasangan Ujang Herman Hasan Saputra dan E...

Selengkapnya
Navigasi Web
Jika Tidak Mampu Membalas  dengan Kebaikan, Jangan Balas dengan Keburukan

Jika Tidak Mampu Membalas dengan Kebaikan, Jangan Balas dengan Keburukan

Jika kejahatan dibalas dengan kejahatan maka itu namanya dendam.

jika kebaikan dibalas dengan kebaikan itu adalah perkara biasa.

jika kebaikan dibalas dengan kejahatan itu adalah zalim.

tapi jika kejahatan dibalas dengan kebaikan itu namanya mulia dan terpuji.

Balaslah kejahatan dengan kebaikan. Ketika seseorang sudah melukai dan menyakiti hati saya, tentunya saya saat itu timbul rasa marah dalam diri saya. Justru mungkin sempat terpikir untuk membelasnya perlaukannya. Astaghfirullah.

Dimana ketika timbul amarah dalam diri saya, syetan sedang menggoda saya agar saya bisa meluapkan kemarahan dengan membalas perlakuannya. Dan tentu inilah yang menjadi ujian sehingga dapatkah saya melewatinya? Menepis semua godaan syetan? Atau justru mengikuti godaannya dengan membalas dengan keburukan juga? Nah, disinilah keimanan saya diuji. Bagaimana menghadapinya.

Sekiranya saya selalu menganggap setiap kebaikan akan selalu dibalas dengan kebaikan, maka sebenarnya itu salah. Dalam dunia nyata yang melibatkan hubungan sosial manusia dengan manusia adalah hal yang wajar. Karena manusia diciptakan sebagai mahluk sosial.

Tidak ada jaminan bahwa kebaikan yang saya lakukan akan dilihat sebagai sesuatu yang baik oleh orang lain, apalagi untuk dibalas juga dengan kebaikan. Walau bagaimanapun, saya mengingat bahwa tidak semestinya kebaikan selalu dibalas dengan keburukan. Saya perlu menerima kenyataan, bukan selalu kebaikan diterima secara baik oleh orang lain. Kebaikan tidak semestinya dibalas dengan kebaikan sebagai hakikat yang perlu saya terima, mungkin saya menyesali perkara itu. Tetapi, penyesalan tidak bisa mengubah keadaan dan inilah sebagai fakta kehidupan yang perlu saya ketahui dan tidak semua orang itu sifatnya baik.

DISCLAIMER
Konten pada website ini merupakan konten yang di tulis oleh user. Tanggung jawab isi adalah sepenuhnya oleh user/penulis. Pihak pengelola web tidak memiliki tanggung jawab apapun atas hal hal yang dapat ditimbulkan dari penerbitan artikel di website ini, namun setiap orang bisa mengirimkan surat aduan yang akan ditindak lanjuti oleh pengelola sebaik mungkin. Pengelola website berhak untuk membatalkan penayangan artikel, penghapusan artikel hingga penonaktifan akun penulis bila terdapat konten yang tidak seharusnya ditayangkan di web ini.

Laporkan Penyalahgunaan

Komentar

Sepakat. Tugas kita berbuat baik.

13 Dec
Balas

Setuju Pak, berbuat baik selalu yang harus dilakukan. Sukses selalu dan barakallahu fiik. Saran saya gunakan kalimat pasif, hingga tidak kena serangan "saya"

13 Dec
Balas

siap bun, mksh masukannya

13 Dec

Mantul pak... Sebuah nasehat yang sangat bagus. Tetap bersabar dan diam sebagai salah satu solusinya. Sukses selalu...

13 Dec
Balas

Mantap nasehatnya Pak Ustadz

13 Dec
Balas

terima kasih. Aamiin..

13 Dec

terima kasih. Aamiin..

13 Dec

Be positif... Suka banged aku sama kalimat ini, berbagi kebaikan

13 Dec
Balas

terima kasih mas. barakallahu fiik

13 Dec

Cukup balas dengan kebaikan, hal itu akan menunjukkan kualitas diri kita... Kita beda dengan dia

13 Dec
Balas

betul teh

13 Dec



search

New Post