Ramarni

Ramarni Dilahirkan di Kota Pekanbaru, 1 Juni 1979. Memilki dua orang anak dari suami bernama Khairisyadi. Telah bertugas dan mengabdi sejak awal tahun 20...

Selengkapnya
Navigasi Web
DIABETES DAN GAGAL GINJAL (Part 2)

DIABETES DAN GAGAL GINJAL (Part 2)

Oleh: Ramarni

#Tagur Hari ke-18

 

Penderita gagal ginjal dapat melakukan proses cuci darah  satu, dua atau bahkan tiga kali dalam satu pekan, sesuai dengan kondisi pasien berdasarkan analisis Dokter Ahli. Sebelum dan sesudah melakukan proses cuci darah, penderita gagal ginjal yang melakukan cuci darah akan ditimbang berat badannya. Adapun tujuannya adalah untuk mengetahui berapa selisih berat badan pasien setelah melakukan cuci darah saat itu. Tentunya yang diharapkan adalah berat badan pasien akan berkurang 1 atau  lebih dari 2 kg.

Dengan demikian proses cuci darah dianggap berjalan dengan lancar. Karena artinya cairan dan racun yang tidak keluar melalui air seni dapat dikeluarkan melalui proses cuci darah. Namun yang perlu dicatat berdasarkan tujuannya adalah cuci darah tidak dapat dikatakan sebagai pengobatan bagi pasien gagal ginjal.

Waktu yang dibutuhkan untuk proses cuci darah adalah sekitar empat hingga enam jam. Jika pasien berada dalam kondisi baik, seperti tekanan darah yang stabil dan cukup makan, maka pasien akan dapat menjalankan proses sampai selesai. Namun jika kondisi kurang stabil atau berada dalam kondisi fisik yang lemah biasanya pasien tidak dapat menjalaninya sampai selesai.

 

(bersambung)

Pematang Kapau, 6 Februari 2021

 

DISCLAIMER
Konten pada website ini merupakan konten yang di tulis oleh user. Tanggung jawab isi adalah sepenuhnya oleh user/penulis. Pihak pengelola web tidak memiliki tanggung jawab apapun atas hal hal yang dapat ditimbulkan dari penerbitan artikel di website ini, namun setiap orang bisa mengirimkan surat aduan yang akan ditindak lanjuti oleh pengelola sebaik mungkin. Pengelola website berhak untuk membatalkan penayangan artikel, penghapusan artikel hingga penonaktifan akun penulis bila terdapat konten yang tidak seharusnya ditayangkan di web ini.

Laporkan Penyalahgunaan

Komentar




search

New Post