Rama Wirajaya, S.Pd

Pengajar di MTs Al Muttaqin sby, LBB Exellenct Course dan Cermin...

Selengkapnya
Navigasi Web
Melatih Kesabaran dan Kejujuran dalam Pelaksanaan UNBK

Melatih Kesabaran dan Kejujuran dalam Pelaksanaan UNBK

Apa yang ada di pikiran kita jika mendengar kata UNBK? Bagi sebagian orang awam banyak yang belum mengerti dan paham tentang makna UNBK. Bahkan bagi saya pribadi waktu pertama kali mendengar kata UNBK terasa asing di telinga dan membuat hati ini was- was.

UNBK merupakan sistem ujian semi online yang menggunakan komputer atau laptop sebagai media ujian. Berbeda dengan pelaksanaan ujian sebelumnya yang menggunakan kertas dan pensil sebagai sarana ujian, dengan perkembangan temnologi yang semakin hari semakin canggih maka lahirlah UNBK.

Seperti halnya dua sisi mata uang, UNBK tentu memiliki kelebihan dan kekurangan baik dari segi sarana dan teknis pelaksanaan. Dari segi sarana UNBK memerlukan sarana dan perangkat komputer yg memadai guna kelancaran ujian. Bagi sekolah yang belum memiliki sarana yang memadai tentunya sangat berat untuk mengikuti ujian tersebut bahkan harus menumpang ke sekolah yang punya sarana yang lengkap. Selain itu, sumber daya manusia pun sangat vital dalam pelaksanaan UNBK karena belum tentu semua sekolah punya tenaga pendidik yang ahli di bidang IT. Banyak sekolah yang terpaksa menunjuk guru yang bukan ahli di bidangnya untuk menjadi proktor atau teknisi UNBK (Seperti yang saya alami...hehe..). Selain itu, dari segi pelaksanaan banyak hambatan yang bisa mengganggu kelancaran ujian seperti trouble, lampu mati dan sebagainya.

Namun dibalik semua kekurangan diatas, UNBK memiliki juga kelebihan dibandingkan ujian manual atau kertas. Di jaman yang serba praktis ini tentunya pelaksanaan UNBK dinilai lebih praktis, efisien dan tentunya ramah lingkungan karena tidak menggunakan kertas sebagai sarana ujian. Tingkat kecurangan ujian bisa diminimalisir karena soal terkirim lewat aplikasi. Jadi apapun itu, jaman semakin maju dan kitapun juga harus ikut maju. Apapun bentuk ujian kita kembali kepada masing masing pihak untuk sama sama menjaga dan memajukan sistem pendidikan kita sehingga menghasilkan Anak bangsa yang berkarakter dan jujur dalam pelaksanaan ujian. Terlepas dari segala kekurangan yang ada semoga UNBK dapat menjadi solusi dalam meningkatkan kualitas pendidikan kita dan melatih kesabaran serta kejujuran siswa kita.

MTs Al Muttaqin 17 - 04 - 2018

DISCLAIMER
Konten pada website ini merupakan konten yang di tulis oleh user. Tanggung jawab isi adalah sepenuhnya oleh user/penulis. Pihak pengelola web tidak memiliki tanggung jawab apapun atas hal hal yang dapat ditimbulkan dari penerbitan artikel di website ini, namun setiap orang bisa mengirimkan surat aduan yang akan ditindak lanjuti oleh pengelola sebaik mungkin. Pengelola website berhak untuk membatalkan penayangan artikel, penghapusan artikel hingga penonaktifan akun penulis bila terdapat konten yang tidak seharusnya ditayangkan di web ini.

Laporkan Penyalahgunaan

Komentar




search

New Post