Rani Chaerani JEMPOL

Siapa Inspirator Guru JEMPOL? Inspirator Guru JEMPOL . Branding yang digunakan ol...

Selengkapnya
Navigasi Web
Percepatan Belajar Di Era Covid-19 (9)

Percepatan Belajar Di Era Covid-19 (9)

Mengapa Leading Learning sangat diperlukan?

Alhamdulillah sebagai penerima beasiswa dari NAMA Foundation, saya harus mempunyai nilai manfaat. Sudah mengikuti pelatihan Edulead sebagai coach sebanyak 3 modul. Tahun ini akan dilaksanakan modul yang keempat. Pada masa pandemi ini pelatihan modul 4 dilaksanakan daring yaitu kami mendapat materi dan penugasan via google classroom dan webinar. Para Trainer sangat perhatian dan menanggapi setiap pertanyaan-pertanyaan dari kita dengan pelayanan sempurna. Membimbing sampai kita paham dan mempraktekannya. Ada beberapa materi dari modul 1-3 yang sudah saya sampaikan untuk para leader di sekolah. Ada juga beberapa strategi pembelajaran disampaikan untuk para guru. Belum semua materi disampaikan karena melihat kebutuhan di lapangan.

Pada modul keempat ini membahas tentang leading learning, cultivating a thinking school culture and school improvement. Apaan siih itu?

Saya bahas Leading Learning dulu yaa.

Leading learning (memimpin pembelajaran)  adalah satu dari benchmark yang akan saya terapkan di sekolah. Benchmark adalah tolak ukur keberhasilan sebuah organisasi atau tepatnya sebuah sekolah.

kepemimpinan pembelajaran adalah memberikan layanan prima kepada semua siswa agar mereka mampu mengembangkan potensi, bakat, minat dan kebutuhannya. Selain itu juga untuk memfasilitasi pembelajaran agar siswa  prestasi belajar meningkat, kepuasan belajar semakin tinggi, motivasi belajar semakin tinggi, keingintahuan terwujudkan, kreativitas terpenuhi,inovasi terealisir, jiwa kewirausahaan terbentuk, dan kesadaran untuk belajar sepanjang hayat karena ilmu pengetahuan dan teknologi serta seni berkembang  pesat dan tumbuh dengan baik.

Tahun ini saya akan ambil 3 indikator saja yaitu meliputi

1.       kepemimpinan pembelajaran

2.       manajemen dan pengembangan kinerja

3.       Penggunaan model pembinaan GROW secara efektif dan membangun jaringan pelatihan.

Dari indikator tersebut akan diturunkan menjadi sebuah program atau kegiatan.

1.        Kepemimpinan pembelajaran

a.       Kepala sekolah mempunyai kemampuan lebih untuk melakukan supervisi dan observasi ke kelas-kelas secara berkala dan terdokumentasi setiap guru.

b.       Kepala sekolah membuat standar pembelajaran dan penerapan disetiap kelas.

c.       Mewujudkan guru model di setiap gugus atau level. Guru model akan menjadi contoh dan bertugas berbagi ilmu kepada para guru di gugusnya.

2. Manajemen dan pengembangan kinerja

a. Meningkatnya kinerja para guru dengan pendampingan dari kepala sekolah sebagai pemimpin pembelajaran.

b. Mendata kehadiran dan  performa setiap guru dan karyawan dengan instrument yang terukur dalam bentuk raport guru, karyawan dan kepala sekolah

c. Monitoring program yang berjalan atau tidak

3. Penggunaan model pembinaan GROW secara efektif dan membangun jaringan pelatihan

a. Guru dan leader sadar akan potensi dirinya dan membuat program pengembangan dirinya.

b. Guru dan leader mampu menyelesaikan masalahnya sendiri dengan pendampingan (layanan coaching dari SDM)

c. mewujudkan Guru dan leader yang mampu menjadi coach bagi siswa atau guru lainnya.

Leading learning ini sangat penting bagi sekolah kami karena kami sedang menggali potensi SDM, mengarahkan dan memetakan sesuai potensi dan kinerjanya. Meningkatkan performa para guru dan karyawan melalui pengumpulan data performa mereka ke dalam bentuk raport atau penilaian kinerja guru. Membina mereka untuk tumbuh menjadi para pemimpin dengan keteladanan berkarakter dan berprestasi, pemimpin pembelajaran.

Guru adalah ujung tombak keberhasilan siswa dalam mencapai kompetensinya baik dalam bidang akademik maupun non akademik. Sekolah pun memerlukan sosok guru dan pemimpin yang mempunyai karakter Islami dan berprestasi sehingga mampu mengelola sekolah dengan baik dan amanah. Bismillah

DISCLAIMER
Konten pada website ini merupakan konten yang di tulis oleh user. Tanggung jawab isi adalah sepenuhnya oleh user/penulis. Pihak pengelola web tidak memiliki tanggung jawab apapun atas hal hal yang dapat ditimbulkan dari penerbitan artikel di website ini, namun setiap orang bisa mengirimkan surat aduan yang akan ditindak lanjuti oleh pengelola sebaik mungkin. Pengelola website berhak untuk membatalkan penayangan artikel, penghapusan artikel hingga penonaktifan akun penulis bila terdapat konten yang tidak seharusnya ditayangkan di web ini.

Laporkan Penyalahgunaan

Komentar




search

New Post