Ranny Ristianingsih

Ranny Ristianingsih. Lahir di Cianjur, pada tanggal 3 Agustus 1992. Ranny lulus program Sarjana di Universitas Suryakancana Cianjur program studi Pendidikan Bah...

Selengkapnya
Navigasi Web
Gurih dan Segar, Cita Rasa Karedok Khas Sunda (Tantangan Menulis Hari Ke-2)
dokumentasi pribadi

Gurih dan Segar, Cita Rasa Karedok Khas Sunda (Tantangan Menulis Hari Ke-2)

Gurih dan Segar, Cita Rasa Karedok Khas Sunda

Halo, Sahabat. Sudah tahu mau makan apa siang ini? Berikut ini penulis akan memberikan referensi makan siang favorit khas Sunda, yaitu karedok. Karedok adalah makanan khas Sunda yang bercita rasa manis, gurih, dan segar. Rasa manis didapatkan dari gula merah yang cukup dominan. Sedangkan rasa gurih berasal dari kacang tanah yang digoreng. Bahan utama karedok ialah sayuran mentah yang masih segar, sehingga karedok disebut juga salad asli Indonesia. Makanan ini sangat cocok dimakan di siang hari dengan nasi dan kerupuk udang.

Jika Sahabat tinggal di Jawa Barat, tentu sangat mudah menemukan penjual karedok di sekitar Anda. Namun, jika Anda tinggal di luar Jawa Barat dan sedang merindukan kampung halaman, mungkin akan cukup sulit menemukan makanan yang satu ini. Apalagi dengan cita rasa yang sama dengan karedok khas Sunda. Jangan bersedih dulu, kali ini penulis akan membagikan resep cara membuat karedok khas Sunda.

Yang perlu Anda siapkan, yaitu bahan-bahan yang diperlukan untuk membuat karedok khas Sunda. Bahan-bahan tersebut adalah sayuran segar berupa 5 lembar kol, 1 buah mentimun ukuran sedang, 2 buah terong lalap/terong hijau, 5 batang kacang panjang, dan segenggam daun kemangi . Cuci bersih sayuran tersebut lalu iris tipis. Untuk bumbu/sambal kacangnya, diperlukan satu buah cabai rawit besar, 5 cm kencur, 100 gram kacang tanah yang sudah digoreng, 50 gram gula jawa yang disisir, lima sendok makan air asam jawa, dan garam secukupnya.

Cara membuat karedok khas Sunda terbilang mudah. Anda hanya perlu menghaluskan kacang tanah, cabai rawit, kencur, gula, dan garam. Tidak sampai halus sekali juga tidak apa-apa. Lalu tambahkan air asam jawa agar bumbu menjadi kental. Anda perlu mengoreksi rasanya. Bila perlu, bisa menambahkan garam dan gula hingga mendapatkan rasa yang sesuai selera. Kemudian, campur sayuran segar ke dalam ulekan/cobek yang Anda gunakan, lalu aduk dengan sedikit dipenyet atau dibejek hingga agak layu. Karedok khas Sunda Anda sudah siap disajikan.

Orang Sunda tidak lengkap jika makan tanpa nasi. Jadi, siapkan sepiring nasi dan kerupuk udang juga, ya. Selamat mencoba resep di atas. Jangan lupa share hasilnya di sini, ya, Sahabat.

DISCLAIMER
Konten pada website ini merupakan konten yang di tulis oleh user. Tanggung jawab isi adalah sepenuhnya oleh user/penulis. Pihak pengelola web tidak memiliki tanggung jawab apapun atas hal hal yang dapat ditimbulkan dari penerbitan artikel di website ini, namun setiap orang bisa mengirimkan surat aduan yang akan ditindak lanjuti oleh pengelola sebaik mungkin. Pengelola website berhak untuk membatalkan penayangan artikel, penghapusan artikel hingga penonaktifan akun penulis bila terdapat konten yang tidak seharusnya ditayangkan di web ini.

Laporkan Penyalahgunaan

Komentar

Kereeen ulasan kulinernya, Bunda. Salam literasi

15 Mar
Balas

Terima kasih Bunda Indaryati

15 Mar
Balas

Pingin icip Bunda Renny salam sukses selalu, ijin follow Bunda

15 Mar
Balas

The karedok menu at Rindu Kampung has become a favorite menu for customers because it is made from fresh ingredients. The price also doesn't drain your wallet so it is suitable for all groups. Thank you for the information about food that is delicious and really addictive. Please visit our site https://foodfunandfotos.com/

24 Dec
Balas



search

New Post