Ranny Ristianingsih

Ranny Ristianingsih. Lahir di Cianjur, pada tanggal 3 Agustus 1992. Ranny lulus program Sarjana di Universitas Suryakancana Cianjur program studi Pendidikan Bah...

Selengkapnya
Navigasi Web
MEMBUAT MEDIA PEMBELAJARAN DENGAN CANVA (Tantangan Menulis Hari Ke-6)
Dokumentasi pribadi

MEMBUAT MEDIA PEMBELAJARAN DENGAN CANVA (Tantangan Menulis Hari Ke-6)

MEMBUAT MEDIA PEMBELAJARAN DENGAN CANVA

Canva adalah salah satu aplikasi design grafis yang dapat dimanfaatkan untuk membuat berbagai macam design kreatif secara online. Seseorang kini dapat dengan mudah membuat design poster, kartu ucapan, cover buku, brosur, infografis, hingga presentasi menggunakan aplikasi ini. Cara membuatnya juga terbilang mudah. Apalagi template yang tersedia sangat beragam.

Agar dapat menggunakan aplikasi ini, Anda perlu mendownload aplikasi ini melalui playstore. Setelah aplikasi ini terinstal pada smartphone, Anda dapat langsung menggunakan aplikasi Canva ini dengan cara mengklik ikon Canva. Kemudian, Anda perlu login menggunakan akun google yang Anda miliki.

Untuk membuat design pertama Anda, silakan pilih ukuran atau jenis design yang Anda inginkan. Terdapat beberapa pilihan design, di antaranya poster, cover buku, kartu undangan, kiriman instagram, infografis, dan presentasi. Setelah Anda memilih design yang diinginkan, Anda tinggal memilih template yang sesuai dengan konten yang akan Anda buat. Lalu, silakan atur dan edit konten sesuai dengan keinginan Anda. Jika design sudah selesai, Anda tinggal menyimpan atau mengunduh design yang Anda buat dengan mengeklik ikon unduh bergambar tanda panah ke bawah.

Penulis sendiri sering menggunakan aplikasi Canva ini untuk membuat infografis. Infografis tersebut digunakan sebagai salah satu media pembelajaran saat KBM online. Infografis ini sangat membantu guru dalam menyajikan materi pembelajaran dengan efektif dan menarik. Peserta didik cenderung lebih bersemangat dalam mengikuti pembelajaran karena disajikan gambar-gambar yang menarik dan edukatif.

Bagaimana, Sahabat, tertarik untuk mencoba?

(Terispirasi dari seorang sahabat kreatif, Dik Selvi, namanya. ^_^)

DISCLAIMER
Konten pada website ini merupakan konten yang di tulis oleh user. Tanggung jawab isi adalah sepenuhnya oleh user/penulis. Pihak pengelola web tidak memiliki tanggung jawab apapun atas hal hal yang dapat ditimbulkan dari penerbitan artikel di website ini, namun setiap orang bisa mengirimkan surat aduan yang akan ditindak lanjuti oleh pengelola sebaik mungkin. Pengelola website berhak untuk membatalkan penayangan artikel, penghapusan artikel hingga penonaktifan akun penulis bila terdapat konten yang tidak seharusnya ditayangkan di web ini.

Laporkan Penyalahgunaan

Komentar

Mantul bingit Bund. Sukses selalu dan barakallahu fiik

19 Mar
Balas

Alhamdulillah, terima kasih, Bunda.. aamiin..

20 Mar

Keren, Bu.Saya sangat suka aplikasi ini. Simpel. Ringkas. Memandu mapping materi belajar yang akan kita suguhkan. Sukses, ya.

19 Mar
Balas

Alhamdulillah, terima kasih, Pak Yudi.

20 Mar



search

New Post