RASTO HABIBI

Belum menuliskan informasi profilenya.

Selengkapnya
Navigasi Web
AKUN YOUTUBE rastohabibi (Bagian 1)

AKUN YOUTUBE rastohabibi (Bagian 1)

Guru sebagai pengatur jalannya proses belajar mengajar, haruslah memiliki cara agar semua proses kegiatan belajar mengajar menjadi proses yang menyenangkan. Guru harus memiliki sebuah konsep dan metode pembelajaran yang betul-betul dapat mengantarkan siswa untuk mengerti pelajaran sejarah dan pada akhirnya mereka mampu menerapkan dalam kehidupan mereka sehari-hari.

Sesuai dengan “roh” kurikulum 2013 yang telah disempurnakan (versi 2016). Salah satu pendekatan yang digunakan pendekatan saintifik. Pendekatan saintifik diyakini sebagai titian emas perkembangan dan pengembangan sikap, keterampilan, dan pengetahuan peserta didik. Pasca terpilihnya Nadiem Makarim sebagai Menteri Pendidikan dan Kebudayaan Republik Indonesia, salah satu program unggulannya adalah “Merdeka Belajar” dan salah satu faktor terpenting dalam program tersebut adalah guru yang merdeka. Guru merdeka adalah guru yang berani berimajinasi secara positif serta mampu menemukan formula yang tepat antara tuntutan kurikulum, kebutuhan peserta didik, ketersediaan sarana prasarana, dan situasi kondisional keuangan orang tua peserta didik. Pemanfaat IT adalah sebuah kebutuhan dalam pembelajaran.

Perkembangan TIK/ IT salah satunya youtube saat ini yang semakin pesat memberikan tantangan tersendiri bagi semua aspek kehidupan. Aktifitas keseharian senantiasa secara langsung atau tidak langsung bersentuhan dengan perangkat teknologi informasi dan komunikasi. salah satu ciri guru abad XXI, yaitu seorang guru harus selalu mengikuti dan mempelajari teknologi baru, karena teknologi terus berkembang, maka guru juga harus terus belajar sehingga tidak tertinggal jauh dengan siswanya dalam pembelajaran di kelas. Namun, pemanfaat TIK/ IT dalam bidang pendidikan dirasakan belum optimal, khususnya bagi guru yang mengembangkan model pembelajaran yang mengintegrasikan TIK. Selama ini guru belum memanfaatkan kelebihan yang dimiliki peserta didik, handphone yang dimiliki peserta didik bisa dijadikan oleh guru sebagai sarana dan sumber belajar. Seorang guru dituntut untuk bisa memanfaatkan “tol langit” dalam upaya meningkatkan mutu dan kwalitas pembelajaran sejarah.

Menyadari pentingnya guru dalam memanfaatkan youtube yang sangat familier dengan kehidupan peserta didik, maka saya kemudian pada tahun 2018 membuat akun youtube yang bernama rastohabibi dan sudah diupload 89 video karya penulis dan peserta didik yang bertema “sejarah dan pembelajaran”. Pemanfaatan akun rastohabibi tidak hanya dimanfaatkan oleh peserta didik di lingkungan SMA Negeri 1 Terisi saja, tapi sudah dimanfaatkan masyarakat “youtuber” hal ini terbukti sampai dengan tanggal 28 Juli 2020 tercatat 7.110 subscriber.

Indramayu, 29 Juli 2020

# Tantangangurusiana Hari ke-86

DISCLAIMER
Konten pada website ini merupakan konten yang di tulis oleh user. Tanggung jawab isi adalah sepenuhnya oleh user/penulis. Pihak pengelola web tidak memiliki tanggung jawab apapun atas hal hal yang dapat ditimbulkan dari penerbitan artikel di website ini, namun setiap orang bisa mengirimkan surat aduan yang akan ditindak lanjuti oleh pengelola sebaik mungkin. Pengelola website berhak untuk membatalkan penayangan artikel, penghapusan artikel hingga penonaktifan akun penulis bila terdapat konten yang tidak seharusnya ditayangkan di web ini.

Laporkan Penyalahgunaan

Komentar




search

New Post