RASTO HABIBI

Belum menuliskan informasi profilenya.

Selengkapnya
Navigasi Web
AKUN YOUTUBE rastohabibi (Bagian 2)

AKUN YOUTUBE rastohabibi (Bagian 2)

Mata pelajaran Sejarah merupakan bagian yang tidak terpisahkan dalam pembentukan watak dan kepribadian bagi generasi emas. Mata pelajaran Sejarah merupakan mata pelajaran yang erat kaitannya dalam pembentukan karakter bangsa. Sejarah memiliki makna dan posisi yang strategis, mengingat: (a) manusia hidup masa kini sebagai kelanjutan dari masa lampau sehingga pelajaran sejarah memberikan dasar pengetahuan untuk memahami kehidupan masa lalu, dan membangun kehidupan masa depan, (b) sejarah mengandung peristiwa kehidupan manusia di masa lampau untuk dijadikan guru kehidupan (Historia Magistra Vitae), (c) pelajaran sejarah adalah untuk membangun memori kolektif sebagai bangsa untuk mengenal bangsanya dan membangun rasa persatuan dan kesatuan, (d) sejarah memiliki arti strategis dalam pembentukan watak dan peradaban bangsa yang bermartabat serta dalam pembentukan manusia Indonesia yang memiliki rasa kebangsaan dan cinta tanah air. Guru sejarah dituntut untuk membuat belajar sejarah menjadi pembelajaran yang mengasikan. Tantangan tersebut harus bisa di jawab dan dicarikan jalan keluarnya oleh setiap guru sejarah.

Akun youtube: rastohabibi, merupakan kumpulan tugas-tugas yang telah dikerjakan oleh peserta didik SMA Negeri 1 Terisi. Diawali dengan video yang saya buat dengan judul; Kurikulum 2013 model PBL Part 1, Part 2 dan Kurikulum 2013 model PBL Part 3. Kemudian juga video hasil kolaborasi Diklat Duta Rumah Belajar dengan judul “ Politik Apartheid di Afrika Selatan”, juga video hasil diklat dengan Asosiasi Guru Sejarah Indonesia dengan judul Pidato Bung Tomo. Kemudian karya peserta didik pembuatan pembelajaran “bermain peran” antara lain video dengan judul: Film Dewi Sartika 1, Perobekan Bendera di hotel Yamato, Pidato bung Toma, dan teks proklamasi full movie.

Kunjungan lapangan siswa kelas XII dengan tema “kearifan lokal” kabupaten Indramayu seperti video dengan judul; Dayak Losarang Indramayu, Dayak Hindu-Buddha Bumi segadu Indramayu, adat ngarot lelea, sedekah Bumi desa Cikedung lor, Sanggar aksara jawa kidang pananjung dan sumur santri. Kemudian pada ujian praktik siswa kelas XII membuat video “bermain peran Sandiwara” seni kearifan local Indramayu, judul videonya antara lain: Sandiwara Asal Usul Juntinyuat, Sandiwara Asal Usul desa Jangga, Sandiwara Asal-Usul desa Krangkeng, Sandiwara asal-asul Ketek Banjar, Sandiwara “Jaka Bencirong” siluman watu tameng dan Asal Usul Aksara Jawa.

Kegiatan saya sebagai ketua MGMP sejarah SMA, juga membuat video dalam rangka napak tilas, kabupaten Indramayu, judul video yang dibuat antara lain; Napak Tilas Makam Selawe, Napak Tilas Makam Wiralodra, Museum Bandar Cimanuk Indramayu, dan Napak Tilas Pulau Mas. Kemudian yang terbaru yang di Upload Minggu ke dua bulan Februari 2020 tentang perjalan study wisata, antara lain videonya berjudul; Goes to Prambanan, Q & A or Dare sejarah Tebing Breksi, Kunjungan ke Fakultas Kedokteran UGM, Sejarah Museum Merapi Jogja, dan Kunjungan sejarah Malioboro . Masih Banyak lagi judul video yang dibuat dan tersedia di akun youtube: rastohabibi.

Indramayu, 30 Juli 2020

# Tantangangurusiana Hari ke-87

DISCLAIMER
Konten pada website ini merupakan konten yang di tulis oleh user. Tanggung jawab isi adalah sepenuhnya oleh user/penulis. Pihak pengelola web tidak memiliki tanggung jawab apapun atas hal hal yang dapat ditimbulkan dari penerbitan artikel di website ini, namun setiap orang bisa mengirimkan surat aduan yang akan ditindak lanjuti oleh pengelola sebaik mungkin. Pengelola website berhak untuk membatalkan penayangan artikel, penghapusan artikel hingga penonaktifan akun penulis bila terdapat konten yang tidak seharusnya ditayangkan di web ini.

Laporkan Penyalahgunaan

Komentar




search

New Post