RASTO HABIBI

Belum menuliskan informasi profilenya.

Selengkapnya
Navigasi Web
Keajaiban Doktoral (Bagian 5)

Keajaiban Doktoral (Bagian 5)

Banyak suka dan duka dalam penyusunan Disertasi, selama kurang lebih bimbingan selama 2 tahun akhirnya, tahapan berikutnya adalah sidang tertutup yang dilaksanakan pada minggu ketiga bulan April 2018. Pada saat sidang tertutup ada 6 tim penguji yaitu Prof. Dr. H. Sutaryat Trisnamansyah, MA, Prof. Dr. H. Enco Mulyasa, M.Pd., Prof. Dr. H. Iim Wasliman, M.Pd., M.Si., Prof. Dr. H. Dedi Mulyasana, M.Pd., Prof. Dr. Achmad Sanusi, dan Prof. Dr. H. Dinn Wahyudin. Keenam professor penguji benar-benar membedah dan mengkritisi Disertasi yang sudah saya susun. Hasil pelaksanaan sidang tertutup, ada beberapa bagian harus saya revisi, bahkan ada juga wawancara yang harus diulang untuk menyesuaikan dengan kajian permasalahan yang mengalami perubahan, walaupun secara esensi tetapi membahas tentang Manajemen Kurikulum 2013 di sekolah Pilot Projek SMA Negeri di Kabupaten Indramayu.

Selama proses penyusunan Disertasi, saya juga selalu komunikasi dan meminta saran serta masukan dari teman kuliah yaitu pa Dadang Sudrajat dari Cirebon dan bu Teti dari SMA N 1 Kalijati Subang. Pasca sidang terbuka saya melakukan revisi selama 5 bulan, karena saya harus meminta persetujuan dari enam penguji, yang kadang antar dosen pembimbing memiliki pemikiran yang berbeda, sehingga saya harus ”meramuh” menjadi Disertasi yang baik dan mengakomodir pemikiran 6 guru besar tersebut. Akhirnya setelah 6 dosen penguji sudah menyetujui, maka saya harus membuat sinopsis yang dijilid seperti buku, nantinya akan dibagikan untuk para peserta sidang terbuka. Bersamaan dengan persiapan sidang perbuka, saya juga harus menyiapkan jurnal ilmiah yang akan ditertibkan di jurnal pasca sarjana Uninus.

Sebelum melaksanakan sidang terbuka, sambil revisi disertasi, saya juga meluangkan waktu untuk melihat teman kuliah yang melaksanakan sidang terbuka. Hal ini dilakukan supaya pada saatnya sidang terbuka sudah siap. Sidang terbuka saya dilaksanakan pada Rabu 19 September 2018, pada sidang terbuka, saya membawa keluarga besar saya untuk menyaksikan sidang dan ketika sidang juga saya didampingi oleh kedua adik saya yaitu Ade Suyitno, M.BA dan Nurjannah Agustin. Sidang terbuka di mulai jam 10.30 s.d 12.30 wib, disamping keluarga besar, pada saat sidang juga dihadiri keluarga besar SMA Negeri 1 Terisi. Pada saat sidang terbuka, seharusnya saya diuji oleh 6 profesor yaitu Prof. Dr. H. Sutaryat Trisnamansyah, MA, Prof. Dr. H. Enco Mulyasa, M.Pd., Prof. Dr. H. Iim Wasliman, M.Pd., M.Si., Prof. Dr. H. Dedi Mulyasana, M.Pd., Prof. Dr. Achmad Sanusi, dan Prof. Dr. H. Dinn Wahyudin, tetapi prof. Dinn tidak bisa hadir karena ada tugas keluar negeri. Setelah sidang terbuka selesai, kemudian di adakan yudisium dan saya dinyatakan lulus dengan nilai IPK 3, 67 (kategori sangat memuaskan). Setelah rangkaian kegiatan sidang terbuka selesai, kemudian dilanjutkan dengan berlibur ke pemandiaan air panas “Sari Ater” Subang dan pulang sampai rumah jam 20.00 wib.

Indramayu, 25 Juli 2020

#Tantangangurusiana hari Ke-82

DISCLAIMER
Konten pada website ini merupakan konten yang di tulis oleh user. Tanggung jawab isi adalah sepenuhnya oleh user/penulis. Pihak pengelola web tidak memiliki tanggung jawab apapun atas hal hal yang dapat ditimbulkan dari penerbitan artikel di website ini, namun setiap orang bisa mengirimkan surat aduan yang akan ditindak lanjuti oleh pengelola sebaik mungkin. Pengelola website berhak untuk membatalkan penayangan artikel, penghapusan artikel hingga penonaktifan akun penulis bila terdapat konten yang tidak seharusnya ditayangkan di web ini.

Laporkan Penyalahgunaan

Komentar

Perjuangan panjang ya Pak ...

25 Jul
Balas

Perjuangan panjang ya Pak ...

25 Jul
Balas



search

New Post