Ratih dwi nugrahaeny sanery SPd

Berau Kalimantan Timur dengan sebutan Kota Sanggam/Batiwakkal.Di tempat inilah saya di lahirkan,menetap dan mengabdi di SMPN 3 Tanjung Redeb.Buku pertama saya d...

Selengkapnya
Navigasi Web
MENANTI SEBUAH JAWABAN

MENANTI SEBUAH JAWABAN

Menanti Sebuah Jawaban

Ratih Dwi Nugrahaeny Sanery SPd

Dalam berbahasa ada bahasa langsung (verbal) dan tidak langsung (non verbal). Dengan bahasa, komunikasi menjadi dua arah. Kadang pun komunikasi menjadi satu arah jika lawan bicara tidak merespon. Garing kan? Etika berbicara juga kadang di abaikan, misal lawan bicara bukannya fokus dengan apa yang di bicarakan. Apalagi kalo bertemu orang yang super sibuk atau pura pura sibuk ya? Hmm pasti asyik dengan gawai atau layar komputernya. Rasanya di kacangin?

Supaya komunikasi terjalin dengan baik, memahami dan menerapkan etika berkomunikasi sangat penting. Selain fokus dengan lawan bicara, posisikan sikap tubuh kita tetap sopan. Aneh kan kalo lagi ngobrol, asap rokok bertebaran di udara. Atau duduk membelakangi lawan bicara.

Seiring zaman, komunikasi juga mengalami banyak dinamika. Komunikasi lewat gawai juga ada yang membingungkan. Melalui aplikasi Whatssapp, pesan bisa langsung. Namun, ada yang suka off kan tanda di terima pesan. Biasanya,kalau pesan itu sudah di baca maka akan tanda centang biru. Nah, untuk yang off tak ada tanda centang biru. Hanya centang abu abu.

Sebagai si pengirim pesan tentu bertanya tanya, apakah sudah di baca atau belum. Yang lebih parah, di read doang tanpa respon. Ko bisa? Ya bisa, untuk sebagian orang membiarkan pesan tanpa membalasnya mungkin sudah kebiasaan. Entah karena bingung mau jawab apa, pesan tertumpuk atau malas menjawab. Entahlah? Tanyakan saja pada rumput yang bergoyang, wkkwkkkwk.

Sebagai walas dan guru bahasa Inggris, sudah makanan hari hari melihat pesan yang centang dua abu abu. No respon. Tetap sehat, kuat dan semangat.

#Berau 19 November 2020

#Dengerin lagu ajah

#Tantangan Menulis

DISCLAIMER
Konten pada website ini merupakan konten yang di tulis oleh user. Tanggung jawab isi adalah sepenuhnya oleh user/penulis. Pihak pengelola web tidak memiliki tanggung jawab apapun atas hal hal yang dapat ditimbulkan dari penerbitan artikel di website ini, namun setiap orang bisa mengirimkan surat aduan yang akan ditindak lanjuti oleh pengelola sebaik mungkin. Pengelola website berhak untuk membatalkan penayangan artikel, penghapusan artikel hingga penonaktifan akun penulis bila terdapat konten yang tidak seharusnya ditayangkan di web ini.

Laporkan Penyalahgunaan

Komentar

top bgt bu.. Salam literasi

20 Nov
Balas

Makasih bunSay salam literasi

20 Nov

Komunikasi beradab harus dibiasakan sejak kecil ya, Bu. Hehe....itu fotonya???

19 Nov
Balas

Makasih pak,ya sih

20 Nov

Keren buk, salam literasi

19 Nov
Balas

Makasih bun Salam literasi sukses selalu

19 Nov

Betul bu. Mungkin sibuk Jd blm direspon. Sukses selalu Bu

19 Nov
Balas

Yes bunCan positif thinking aja ya.Makasih sudah berkunjung,Sukses dan sehat selalu

19 Nov

Paket habis kali Bun

19 Nov
Balas

Keren. Top dah bu

19 Nov
Balas

Heheeee makasih bunCan jadi tersandung saya ehhhhh tersanjung.Makasih sudah berkunjung,sukses dan sehat selalu

19 Nov

Bacanya tanpa garing, bagus sukses terus

19 Nov
Balas



search

New Post