Ratih dwi nugrahaeny sanery SPd

Berau Kalimantan Timur dengan sebutan Kota Sanggam/Batiwakkal.Di tempat inilah saya di lahirkan,menetap dan mengabdi di SMPN 3 Tanjung Redeb.Buku pertama saya d...

Selengkapnya
Navigasi Web
TUGAS SAYA BUKAN MENGAJAR,TERUS APA?

TUGAS SAYA BUKAN MENGAJAR,TERUS APA?

TUGAS SAYA BUKAN MENGAJAR, TERUS APA?

Ratih Dwi Nugrahaeny Sanery SPd

Catatan Walas menjelang UAS

#Tantangan Menulis

Judul yang terinspirasi dari komunikasi dengan orang tua siswa melalui WA grup. Sebuah cubitan keras untuk guru. Dalam kamus KBBI ( 2007:377) guru adalah orang yang pekerjaannya ( mata pencahariannya) mengajar. Dengan demikian, orang orang yang profesinya mengajar di sebut guru.

Pembelajaran Jarak jauh (PJJ) merupakan tantangan untuk guru. Sebagai tolak ukur keberhasilan sederhana bagi seorang guru adalah siswa mengerti pelajaran yang di berikan. Hal ini tidak akan mudah jika tidak di dukung oleh peran serta aktif orang tua untuk mengawasi dan memantau belajar dari rumah (BDR). Hanya itu?

Peran orang tua apakah mengajar? Mengapa? Jawabannya bisa ya bisa tidak. Ada orang tua yang mengeluh,, tugas saya bukan mengajar? Benar, tugas bapak ibu memang tidak wajib untuk mengajar. Apalagi untuk orang tua yang bekerja. Apa solusinya:

Beberapa tips untuk orang tua selama anak BDR ( belajar dari rumah):

Pastikan anak sudah siap sebelum jam tatap muka virtual dilaksanakan. Pastikan segala perlengkapan belajar aman, termasuk jaringan internet/ kuota data. Suruh anak lebih dahulu mengisi absen, pembiasaan literasi sholat dhuha baca Qur"an. Pastikan anak sudah masuk kelas virtual melalui info di Google Classroom Materi segera di pelajari, jika ada pertanyaan langsung di komen kelas. Cek tugas tugas, usahakan untuk mendampingi anak saat sudah pulang ke rumah. Komunikasi yang aktif dengan guru atau walas.

Semoga tantangan berat tidak memunculkan masalah baru. Putus sekolah, atau anak mengalami tekanan atau depresi karena banyaknya tugas. Dalam kurikulum darurat covid, KI dan KD sudah di sederhanakan.Artinya, anak yang mengalami kesulitan daring maka akan mengikuti secara Luring (luar jaringan)..Semoga pandemi cepat berlalu, ingat pesan ibu untuk 3M.

DISCLAIMER
Konten pada website ini merupakan konten yang di tulis oleh user. Tanggung jawab isi adalah sepenuhnya oleh user/penulis. Pihak pengelola web tidak memiliki tanggung jawab apapun atas hal hal yang dapat ditimbulkan dari penerbitan artikel di website ini, namun setiap orang bisa mengirimkan surat aduan yang akan ditindak lanjuti oleh pengelola sebaik mungkin. Pengelola website berhak untuk membatalkan penayangan artikel, penghapusan artikel hingga penonaktifan akun penulis bila terdapat konten yang tidak seharusnya ditayangkan di web ini.

Laporkan Penyalahgunaan

Komentar

Mantap ulasannya

18 Nov
Balas

Semangat untuk menulis, sukses

18 Nov
Balas

Semangat juga buat ibu,sukses

19 Nov

Mencerahkan, terimakasih tulisannya. Salam literasi

18 Nov
Balas

Makasih bunCan, salam literasi dan sukses selalu

19 Nov

Hebat. Terima kasih sudah berbagi

19 Nov
Balas

Makasih bunsay sukses selalu

19 Nov

Hebat, Komunikasi dengan walimurid juga jadi inspirasi. Salam sukses.

18 Nov
Balas

Makasih bunSay saya tergugah dengan keluh kesah orang tua moga pandemi segera berlalu

18 Nov

Keren BDR nya bu

11 Jan
Balas



search

New Post