ratih setiawati

Tinggal dan berasal di Cimahi, mengajar di SMPN 47 Bandung. Lahir tanggal 19 Agustus 1964. Menyukai tantangan dan tantangan yang paling besar adalah menjadi pen...

Selengkapnya
Navigasi Web

Bandung berINOVASI

Pagi itu Sabtu tanggal 15 Desember 2018 cuaca cukup cerah walaupun angin terasa agak kencang angin Desember.

Di hotel Grand Horizon suasana terasa menghangat. Ya pagi itu pukul 8 persiapan Launching Inovasi Pendidikan terasa makin memuncak. Bandung ingin mewujudkan sebagai Smart City sudah dimulai sejak tahun 2014 baik di kantor dan di sekolah, dimulai dengan PPDB online yang transparant dan accountable, ujian sekolah yang semula menghamburkan banyak kertas sekarang dengan menggunakan sakoja. Di bidang pemerintahan juga dengan di layani ktp, pajak online, belum melayani laporan warga dengan menggunakan medsos. Hal inilah yang mendorong Bandung ingin menambah inovasi pendidikan.

Acara dibuka dengan penampilan oratorium Inovasi Kota Bandung yang ditarikan oleh MGMP Seni Budaya kota Bandung dengan diiringi Instrumen Gending Modern dari SMP Santo Yusuf. Kolaborasi antara guru dan siswa apik sekali.

Ada 4 Inovasi yang dilaunching pagi itu yaitu :

1. Si Kasep adalah aplikasi untuk Seleksi Kepala Sekolah, keunggulan aplikasi ini adalah pendaftar calon kepala sekolah yang telah memenuhi syarat bisa mengisi formulis dimana saja asal terkoneksi secara on line. Sehingga si kasep lebih pasti, profesional,sinergik, transparan dan inovasi.

2. Si geulis adalah sebuah inovasi literasi digital, yang digunakan sebagai sumber literasi ilmu pengetahuan merupakan hasil kreatifitas siswa, guru, kepala sekolah, pengawas dan tenaga kependidikan lainnya yang bermanfaat untuk ilmu pengetahuan dan teknologi.

3. Puber adalah singkatan dari Pusat Sumber Belajar, yaitu untuk melayani kebutuhan peserta didik dan guru dalam proses belajar dan mengajar secara online. Fasilitas Puber disediaka agar peserta didik atau guru lebih mudah mencari materi yang diperlukan.

4. Ngabaur merupakan singkatan dari ngamumule budaya urang (memelihara budaya kita) adalah merupakan sebuah inovasi digital yaang digunakan sebagai pusat pembelajaran dan pengembangan budaya sunda. Kontennya mengekplorasi literasi budaya kesundaan terutama budaya sunda seperti karya sastra, sejarah, kesenian dan arkeologi.

DISCLAIMER
Konten pada website ini merupakan konten yang di tulis oleh user. Tanggung jawab isi adalah sepenuhnya oleh user/penulis. Pihak pengelola web tidak memiliki tanggung jawab apapun atas hal hal yang dapat ditimbulkan dari penerbitan artikel di website ini, namun setiap orang bisa mengirimkan surat aduan yang akan ditindak lanjuti oleh pengelola sebaik mungkin. Pengelola website berhak untuk membatalkan penayangan artikel, penghapusan artikel hingga penonaktifan akun penulis bila terdapat konten yang tidak seharusnya ditayangkan di web ini.

Laporkan Penyalahgunaan

Komentar

Hebat bandung..

18 Dec
Balas

Keren.. Ayo terus produktif

18 Dec
Balas

Wah Bandung luar biasa, bisa dijadikan rujukan literasi zaman now. Salam kenal dan salam literasi. Sehat, bahagia, dan sukses selalu. Barakallah.

18 Dec
Balas

Keren Bandung terus berbenah diri dengan kreatif dan inovasi tiada henti. Empat program terupdate Bandung, yaitu Sigeulis, Sikasep, Puber dan Ngebaur merupakan program andalan dalam menggelorakan literasi. Bukan saja kuliner yang terkenal lezat, namun ungkapan kata yang tertata apik menjadikan Bandung kota sejuta kata bermakna. Sukses selalu dan barakallah

18 Dec
Balas



search

New Post