Ratna Hidayah Sugiarti

Belum menuliskan informasi profilenya.

Selengkapnya
Navigasi Web

Berkarya Ketika Berolah Raga

Olahraga merupakan kebutuhan manusia untuk menyehatkan badannya karena sambil berolahraga manusia menyegarkan pikirannya dan juga untuk meringankan beban-beban kehidupan yang sedang dialaminya.

Stress pun hilang dan badan menjadi kembali segar, bisa kembali bekerja dan untuk berpikir lebih mudah, jadi bisa menghasilkan suatu karya yang baik.

Seperti pengalaman saya sebagai seorang guru di sekolah negeri di Jember yang bekerja dalam 5 hari kerja, dari pukul 07.00 sampai pukul 15.30 dari hari Senin sampai hari Kamis, bahkan kalau hari Jumat sampai pukul 16.00 kadang-kadang masih mengisi full day sampai pukul 16.00. pastilah ada kepenatan di dalam badan kita. Untuk itu tiap hari Sabtu dan Minggu saya gunakan untuk berolahraga karena libur sekolah.

Olahraga saya yaitu berjalan-jalan santai dari rumah kemudian mengelilingi desa yang ada di sekitar perumahan rumah saya.

Saya tinggal di perumahan yang padat penduduknya, namun karena perumahanku dibangun oleh proyek yang bekerja dibidang real estate, jadi tertata rapi dan bahkan ada jalan utamanya yang cukup lebar.

Dari rumah saya menuju jalan utama, saya berjalan-jalan dengan suami dan anak saya. Kami sengaja berangkat agak siang sekitar pukul 07.00 pagi karena menunggu sinar matahari yang menyehatkan badan. Kami berjalan dengan santai, sampai akhirnya melewati sungai dan menuju ke desa tetangga perumahan saya. Menyenangkan sekali karena diperjalanan itu kami olah raga sambil healing melihat sungai, rumpun bambu, pemakaman, perkampungan penduduk, juga sawah yang sangat luas dan gunung yang menjulang tinggi dengan udara yang segar dan pemandangan yang sangat indah.

Namun ada yang memprihatinkan karena pada saat saya sampai di pinggir sungai, saya melihat banyak tumpukan sampah yang dibuang oleh penduduknya tepat di bawah jembatan di pinggir sungai tersebut. Apabila Saya melewati jembatan tersebut saya, suami dan anak saya selalu menutup hidung karena baunya yang tidak sedap, sampah itu sepertinya sudah dibuang selama bertahun-tahun karena apabila dilihat dari atas jembatan, sampah tersebut terlihat curam sampai ke bawah dan ada juga yang terbawa arus sungai di dalam bungkusan kresek plastik. Sayang sekali mengapa orang-orang yang ada di desa itu tidak segera menyadari tentang bahaya membuang sampah di sungai. Karena saya yakin mereka sebenarnya tahu tentang bahayanya membuang sampah di sungai yang bisa menyebabkan banjir dan juga penyakit.

Mudah-mudahan mereka segera diberi kesadaran untuk membuang sampah pada tempatnya sehingga sungai kembali bersih dan nyaman untuk digunakan.

Kami bertiga melanjutkan perjalanan badan kami pun sudah mulai banyak mengeluarkan keringat karena jalannya sudah lumayan jauh dan matahari sudah bertambah tinggi sehingga panasnya lebih menyengat, kami tiba di jalur yang kami namakan jalur sa'i karena berada di tengah sawah yang sangat luas. "Fuih" keringat kami mengucur semakin deras sampai bisa diperas, namun kami bertiga merasa sangat senang karena kami merasa sangat sehat.

Setelah jalur sa'i terlewati sampailah kami di tepi jalan raya yang sangat ramai dimana mobil-mobil berjalan berseliweran ke barat dan ke timur berlalu lalang. Kamipun terus berjalan tibalah di rest area milik perhutani yang biasanya digunakan oleh orang-orang yang ingin beristirahat karena sedang melakukan perjalanan jauh, atau sengaja healing dekat-dekat rumah saja.

Banyak pohon-pohon rindang dan besar yang sengaja ditanam oleh perhutani yang berusia puluhan tahun.

Di sana juga didirikan warung-warung kecil yang jumlahnya banyak sekali sehingga banyak sekali makanan-makanan yang tersedia. Ada salah satu makanan yang sangat terkenal yang bernama “ayam keroyok” dimana satu ekor ayam bisa dikeroyok atau dimakan bersama-sama sampai 4 orang, dan juga tersedia minuman kopi, teh, es dan sebagainya. “Seru sekali”. Karena sudah cukup lelah, kamipun beristirahat dan bertemu dengan banyak kenalan yang sama-sama berolah raga, di sanalah kami saling bercerita tentang manfaat berolahraga dan sebagainya.

Penulis bernama: Ratna Hidayah Sugiarti,S.Pd.I

Lahir di Jember, pada tanggal 29 April 1971

Sekarang Mengajar di MTsN 2 Jember

Dengan alamat e-mail: [email protected]

Dengan no.WA: 085231665335

DISCLAIMER
Konten pada website ini merupakan konten yang di tulis oleh user. Tanggung jawab isi adalah sepenuhnya oleh user/penulis. Pihak pengelola web tidak memiliki tanggung jawab apapun atas hal hal yang dapat ditimbulkan dari penerbitan artikel di website ini, namun setiap orang bisa mengirimkan surat aduan yang akan ditindak lanjuti oleh pengelola sebaik mungkin. Pengelola website berhak untuk membatalkan penayangan artikel, penghapusan artikel hingga penonaktifan akun penulis bila terdapat konten yang tidak seharusnya ditayangkan di web ini.

Laporkan Penyalahgunaan

Komentar




search

New Post