RATNAWATI, S.Pd.SD

Guru SDN 1 Liwa...

Selengkapnya
Navigasi Web

Manfaat Sereh

Tantangan hari ke - 80

Sereh dipercaya memiliki beragam manfaat bagi kesehatan. Berikut beberapa di antaranya:

1. Mengatasi gigi berlubang

Konsumsi teh sereh dapat membantu mengatasi infeksi mulut dan gigi berlubang. Sebuah penelitian mengungkap, zat antimikroba pada sereh efektif dalam melawan bakteri berbahaya seperti Streptococcus mutans, yaitu bakteri penyebab kerusakan gigi.

2. Melawan radikal bebas

Sebuah penelitian mengungkap bahwa dalam sereh terkandung beberapa antioksidan yang berperan melawan radikal bebas. Antioksidan yang terdapat pada sereh diantaranya asam klorogenat, isoorientin dan swertiajaponin.

3. Mengontrol tekanan darah

Manfaat sereh untuk kesehatan berikutnya adalah membantu mengontrol tekanan darah. Hal ini karena dalam sereh terkandung mineral bernama kalium.

4. Meringankan gejala sindrom pramenstruasi

Meski perlu diteliti lebih lanjut, konsumsi teh sereh dipercaya mampu mengatasi kram menstruasi dan juga kembung saat wanita mengalami sindrom pramenstruasi atau premenstruation syndrome (PMS).

5. Mengatur fungsi otot

Kandungan magnesium dan kalium yang terdapat di dalam sereh bermanfaat dalam mengatur fungsi otot, jantung, dan saraf. Konsumsi makanan atau minuman yang mengandung sereh juga berguna untuk menjaga tulang tetap kuat.

6. Mengatasi kecemasan

Tidak hanya dikonsumsi, minyak sereh juga bisa dijadikan aromaterapi untuk mengatasi kecemasan. Namun, butuh diteliti lebih lanjut terkait efektivitasnya.

7. Menurunkan berat badan

Meski perlu diteliti lebih lanjut, teh sereh kerap digunakan untuk membantu penurunan berat badan. Namun, jangan jadikan teh sereh sebagai satu-satunya penurun berat badan, karena dapat menimbulkan efek samping jika dikonsumsi secara berlebih.

Selain itu, sereh juga dipercaya dapat mencegah keputihan, meredakan rasa sakit, bengkak, demam, batuk, sakit perut, dan sakit kepala. Meski demikian, manfaat sereh untuk kesehatan masih perlu untuk terus diteliti lebih lanjut.

Sumber alodokter.com

Salam literasi 30 Juli 2020

DISCLAIMER
Konten pada website ini merupakan konten yang di tulis oleh user. Tanggung jawab isi adalah sepenuhnya oleh user/penulis. Pihak pengelola web tidak memiliki tanggung jawab apapun atas hal hal yang dapat ditimbulkan dari penerbitan artikel di website ini, namun setiap orang bisa mengirimkan surat aduan yang akan ditindak lanjuti oleh pengelola sebaik mungkin. Pengelola website berhak untuk membatalkan penayangan artikel, penghapusan artikel hingga penonaktifan akun penulis bila terdapat konten yang tidak seharusnya ditayangkan di web ini.

Laporkan Penyalahgunaan

Komentar

Mantap. Sukses selalu

30 Jul
Balas

Terima kasih

30 Jul

Mantap

30 Jul
Balas

Terima kasih

30 Jul

Tulisan yang berpaedah. Tulis juga nanti kelemahannya ya bu Salam literasi

30 Jul
Balas

Terima kasih....okay

30 Jul



search

New Post