Teknik Menganalisis Kompetensi Dasar (KD) (bag.1), Penentuan Target KD
( #TantanganGurusiana hari ke-26#)
Salah satu kemampuan guru untuk mendesain pembalajaran HOTS adalah kemampuan guru untuk menganalisis kompetensi Dasar (KD). Analisis KD dapat memudahkan guru dalam mendesain RPP dan mengembangkan Indikator pencapaian Kompetensi (IPK).
Terdapat empat langkah yang harus dilakukan guru dalam menganalisis KD, yakni:
1) Penentuan Target KD,
2) Penentuan Tingkat Kompetesi KD,
3) Melengkapi Matrik Sumbu Simetri,
4) membuat Perumusan Indikator Pencapaian Kompetensi (IPK)
Pada bagian tulisan ini akan dibahas mengenai cara menentukan Target KD
1. Penentuan Target KD
Cara menentukan target KD baik KD pengetahuan maupun KD keterampilan
a. Tidak merubah deskripsi pada KD
b. Memisahkan setiap kompetensi/kata kerja yang ada pada KD
c. Memisahkan setiap materi pada KD (jika bukan satu kesatuan)
d. Memisahkan setiap proses pencapaian (jika tidak satu kesatuan)
e. Menuliskan target jika ada kata “dan/atau” menjadi target yang terpisah
Contoh Penentuan Target KD pada mata pelajaran Fisika Kelas X
KD Pengetahuan :
3.2 Menerapkan prinsip-prinsip pengukuran besaran fisis, ketepatan, ketelitian dan angka penting, serta notasi ilmiah.
Target KD Pengetahuan :
Karena materi yang tercantum pada KD 3.2 terdapat 5 buah, maka target pengetahuannya berjumlah lima buah yakni :
1. Menerapkan prinsip-prinsip pengukuran besaran fisis,
2. Menerapkan prinsip-prinsip ketepatan hasil pengukuran
3. Menerapkan prinsip-prinsip ketelitian dalam pengukuran
4. Menerapkan prinsip-prinsip penulisan angka penting dari hasil pengukuran
5. Menerapkan prinsip-prinsip notasi ilmiah dari hasil pengukuran
KD Keterampilan :
4.6 Menyajikan hasil pengukuran besaran fisis berikut ketelitiannya dengan menggunakan peralatan dan teknik yang tepat serta mengikuti kaidah angka penting untuk suatu penyelidikan ilmiah
Target KD Keterampilan :
1 Menyajikan hasil pengukuran besaran fisis dengan menggunakan peralatan teknis
2 Menyajikan hasil pengukuran berikut ketelitiannya
3 Menyajikan hasil pengukuran dengan mengikuti kaidah angka penting
Contoh Penentuan Target KD pada mata pelajaran Fisika Kelas XI
KD Pengetahuan :
3.6 Menjelaskan teori kinetik gas dan karakteristik gas pada ruang tertutup
Target KD Pengetahuan :
1. Menjelaskan teori kinetik gas pada ruang tertutup
2. Menjelaskan karakteristik gas pada ruang tertutup
KD Keterampilan :
4.6 Menyajikan karya yang berkaitan dengan teori kinetik gas dan makna fisisnya
Target KD Keterampilan :
Menyajikan karya yang berkaitan dengan teori kinetik gas dan makna fisisnya
Contoh Penentuan Target KD pada mata pelajaran Fisika Kelas XII
KD Pengetahuan :
3.4 Menganalisis fenomena induksi elektromagnetik dalam kehidupan sehari-hari .
Target KD Pengetahuan
Menganalisis fenomena induksi elektromagnetik dalam kehidupan sehari-hari
KD Keterampilan
4.4 Melakukan percobaan tentang induksi elektromagnetik berikut presentasi hasil percobaan dan pemanfaatannya dalam kehidupan sehari-hari
Target KD Keterampilan
1. Melakukan percobaan tentang induksi elektromagnetik
2. Mempresentasikan hasil percobaaan dan pemanfaatannya dalam kehidupan sehari-hari
Dari tiga contoh di atas, dapat kita simpulkan bahwa dengan menganalisis KD, kita mudah untuk memahami tuntutan KD. Dari Target KD, maka akan tergambar jumlah materi dan metode yang akan dilakukan.
Selamat berlatih Bapak dan Ibu, semoga tulisan ini bermanfaat, Aamiin
Solok, 15 Mei 2020

Konten pada website ini merupakan konten yang di tulis oleh user. Tanggung jawab isi adalah sepenuhnya oleh user/penulis. Pihak pengelola web tidak memiliki tanggung jawab apapun atas hal hal yang dapat ditimbulkan dari penerbitan artikel di website ini, namun setiap orang bisa mengirimkan surat aduan yang akan ditindak lanjuti oleh pengelola sebaik mungkin. Pengelola website berhak untuk membatalkan penayangan artikel, penghapusan artikel hingga penonaktifan akun penulis bila terdapat konten yang tidak seharusnya ditayangkan di web ini.
Laporkan Penyalahgunaan
Komentar
Sangat bermanfaat. Terima kasih Bu