Rawalumaili

panggilan bu guru sudah melekat di jiwa raga, semoga bisa menebarkan kebaikan demi tabungan akhirat. ...

Selengkapnya
Navigasi Web
Ikan Khas Danau Singkarak

Ikan Khas Danau Singkarak

#MenulisH106

Sumatera Barat sangat terkenal sekali dengan beragam kuliner atau masakannya. Salah satu daerah yang akan kita intip kulinernya adalah Kabupaten Solok.

Danau Singkarak yang ada di Kabupaten Solok terkenal dengan ikan bilihnya. Dan sebagian nelayan yang tinggal di sekitar danau Singkarak, ikan bilih yang telah mereka tangkap ada yang mereka jual ke pasar ada yang di digoreng dan ada yang dijemur supaya ikan pilih tersebut bisa awet dan tahan lama.

Ikan bilih memiliki ukuran yang besar dari ikan teri, ukurannya sekitar 6 sampai 12 cm. Bentuk ikan nya lonjong dan pipih yang memiliki sisik berwarna perak. Ikan bilih setelah diolah menjadi makanan yang lezat seperti digoreng, di pangek, dibakar, dipalai dan lainnya. Ikan bilih memiliki kandungan protein, lemak dan kalsium.

Nah bagi pembaca pecinta kuliner ikan bilih, disini saya akan berbagi tips cara pengolahan goreng ikan bilih agar tetap renyah dan enak.

1. Pilihlah ikan bilih yang masih segar dan belum dikasih es atau pendingin.

2. Belah perut ikan bilih dengan pisau kecil untuk membersihkan kotoran nya. ( hindari membeli ikan bilih yang telah dibersihkan oleh pedagang karena kebanyakan pedagang hanya membersihkan kotoran sekedar saja atau dipencet dan tidak sempurna bersihnya, ini akan mengakibatkan ikan setelah digoreng terasa pahit karena belum bersih kotoran yang ada di perutnya)

3. Bersihkanlah dengan air yang mengalir, lalu lumuri ikan yang telah dibersihkan dengan jeruk nipis serta garam secukupnya kemudian diamkan sebentar.

4. Gorenglah dengan minyak panas yang api kompor nya tidak terlalu besar hingga berwarna kecoklatan.

5. Ikan bilih siap disajikan.

Seandainya kepingin ditambah atau dicampur dengan bahan lain seperti tempe atau tahu silakan sesuai dengan selera masing-masing.

Dan bagi yang ingin mengirim ikan bilih sebagai oleh-oleh untuk orang Rantau yang tidak boleh pulang kampung saat ini. Itu lebih baik sebagai bentuk berbagi dengan keluarga yang jauh.

Caranya, gorenglah ikan bilih tersebut setengah matang kemudian agar lebih gurih, gorenglah kembali ketika telah sampai di tempat tujuan pengiriman sebelum di hidangkan.

***

Allah Subhanahu Wa Ta'ala berfirman:

اُحِلَّ لَـكُمْ صَيْدُ الْبَحْرِ وَطَعَا مُهٗ مَتَا عًا لَّـكُمْ وَلِلسَّيَّا رَةِ ۚ وَحُرِّمَ عَلَيْكُمْ صَيْدُ الْبَـرِّ مَا دُمْتُمْ حُرُمًا ۗ وَا تَّقُوا اللّٰهَ الَّذِيْۤ اِلَيْهِ تُحْشَرُوْنَ

"Dihalalkan bagimu hewan buruan laut dan makanan (yang berasal) dari laut sebagai makanan yang lezat bagimu, dan bagi orang-orang yang dalam perjalanan; dan diharamkan atasmu (menangkap) hewan darat, selama kamu sedang ihram. Dan bertakwalah kepada Allah yang kepada-Nya kamu akan dikumpulkan (kembali)."

(QS. Al-Ma'idah: Ayat 96)

Selamat menikmati sajian ikan bilih gorengnya bersama keluarga tercinta saat berbuka puasa nanti.

#dirumahaja

#ramadhan6

Solok, 29 April 2020

DISCLAIMER
Konten pada website ini merupakan konten yang di tulis oleh user. Tanggung jawab isi adalah sepenuhnya oleh user/penulis. Pihak pengelola web tidak memiliki tanggung jawab apapun atas hal hal yang dapat ditimbulkan dari penerbitan artikel di website ini, namun setiap orang bisa mengirimkan surat aduan yang akan ditindak lanjuti oleh pengelola sebaik mungkin. Pengelola website berhak untuk membatalkan penayangan artikel, penghapusan artikel hingga penonaktifan akun penulis bila terdapat konten yang tidak seharusnya ditayangkan di web ini.

Laporkan Penyalahgunaan

Komentar

Yang sudah digoreng harganya lebih mahal dari daging sapi bu

29 Apr
Balas

Betul sekali bu yanti..ikan bilih sdh mulai langka.

29 Apr

Lamak bana ko... ditunggu buliah yg dari maninjau atau yang dari Singkarak

29 Apr
Balas

Siap bu hj...besok rinuak maninjau di palai..

29 Apr

Ondeeeee ni.. Ngiler wak mancaliak bilih ko ha.. Sayang.... Alun bisa menikmatinyo lai.. Plg patangko ndak bisa mambali do.

29 Apr
Balas

Baa ka uni antakan k pasaman tu..neliTunggu dih..

29 Apr

Dipalai Bucan

29 Apr
Balas

Lamak bana lah nyo bu uci...

29 Apr

Ikan bilih Singkarak yang enak

29 Apr
Balas

Mengoda selera yo bu..

29 Apr

Sedaapp..

29 Apr
Balas

Nikmat..Maaksuh bu

29 Apr

uenaknyo..sambal terasi dengan nasih hangatnya,mana nih?

29 Apr
Balas

Di sembunyikan dulu pak..takutnya pak eko nggak kuat saking eanaknya. Buka puasanya msh lama kan..hheehe..

29 Apr

Bilih yang selalu jadi menu mingguanku....hehe..

29 Apr
Balas

Di campur jo lado mudo ikan gorengnya tambah makyos yo buk KD

29 Apr

Pingiiiin

29 Apr
Balas

boleh bu..

29 Apr

Kereen buk

30 Apr
Balas

Nak niooo

29 Apr
Balas

Rugi...masak urg solok ndk nioo.hehe..

29 Apr

Nahhh...klu di ttinggi namanya ikan cecen bunda...Jd kepingin...

29 Apr
Balas

Oh..ya.. ikan cecep , tentu enak sekali ya bu..Kepingin juga hehe...

29 Apr

Lamak,sero, gurih rasonyo Bu Eli, batambuah-tambuah kito makan deknyo.

29 Apr
Balas

Sangaik buk...sampai ndk nampak mintuo lalu..hehe..

29 Apr

Dicampur dengan tahu kemudian cabenya dikasih air kelapa, juga maknyuss ibu.

29 Apr
Balas

Wah...tambah resep baru pakai air klpa muda...makasih dian

30 Apr

Hehehe...ikan bilih dah jadi tulisan..besok apa ya...di tunggu...salam literasi

29 Apr
Balas

Alhamdulillah...apo yg terjadi hari ko se di tulis bk bastini hhee...makasih, slm kmbali

29 Apr

Ikan bilih d goreng jo patai buk Rw..

29 Apr
Balas

Haha...lamak bana lah nyo el, apolai pakai lado mudo..

30 Apr

Seperti ikan sungai yg ada di daerah sy, namanya ikan banta

29 Apr
Balas

Ya bu...ikan banta daerah mana ?Slm kenal

29 Apr



search

New Post