Refnil Yetti

nama saya Refnil yetti yang lahir 3 Maret 1972 anak ketiga dari 5 bersaudara dari pasangan Pak Syarkawi dan ibu Nurhida (almh) saya memiliki kakak laki dan pere...

Selengkapnya
Navigasi Web

soal dan pembahasan Usaha

SOAL DAN PEMBAHASAN

MATA PELAJARAN IPA

Materi : usaha dan pesawat sederhana dalam kehidupan sehari-hari.

1. 1. Perhatikan pernyataan dibawah ini:

(1). Gerobak berisi sawit didorong sehingga berpindah sejauh 10 meter

(2). Papaya jatuh dari pohonnya setinggi 2 meter

(3). Ali mendorong mobil mainannya dari dari tiang bendera didepan rumah, terus kebelakang dan kembali lagi ketiang bendera.

(4). Bayu memecahkan manggis dengan gaya 30 Newton.

Dari pernyataan diatas yang termasuk usaha adalah:

A. (1), dan (3) C. (2) dan (3)

B. (1), dan (2) D. (3) dan (4).

Pembahasan: Usaha terjadi jika gaya yang bekrja pada suatu benda mengakibatkan perpindahan pada benda. Maka dari pernyataan soal diatas, yang merupakana isaha adalah: B. (1) dan (2)

2. 2. Pernyataan dibawah ini yang benar tentang usaha adalah….

A. Hasil bagi antara antara gaya dengan jarak perpindahan

B. Hasil kali antara gaya dengan jarak perpindahan

C. Hasil bagi antara massa dengan percepatan

D. Hasil kali antara massa dengan perpindahan

Pembahasan: Sesuai dengan keterangan pada no 1, maka pembahasan no. 2 adalah B.

3. 3. Pada hari minggu Bayu membantu orangtuanya mengumpulakn buah sawit. Setelah bapaknya menaikkan beberapa tandan sawit ketas gerobak Bayu mendorong gerobak sawit tersebut ketempat pengumpulan yang berjarak 20 meter dari posisi Bayu dengan gaya 750 newton, maka besar usaha yang dilakukan Bayu adalah sebesar….

A. 15 Kilo Joule C. 150 Joule

B. 1,5 kilo Joule D. 1,5 Joule

Pembahasan: W = F x s

W = 750 Newton x 20 meter = 15000 Joule = 15 Kj (A).

4. 4. Sebuah balok ditarik dengan gaya 200 Newton sehingga balok berpindah sejauh 50 cm, besar usaha yang dilakukan adalah….

A. 10.000 Joule C. 200 joule

B. 100 Joule D. 50 Joule

Pembahasan: W = 200 Newton x 0,5 meter = 100 joule.

DISCLAIMER
Konten pada website ini merupakan konten yang di tulis oleh user. Tanggung jawab isi adalah sepenuhnya oleh user/penulis. Pihak pengelola web tidak memiliki tanggung jawab apapun atas hal hal yang dapat ditimbulkan dari penerbitan artikel di website ini, namun setiap orang bisa mengirimkan surat aduan yang akan ditindak lanjuti oleh pengelola sebaik mungkin. Pengelola website berhak untuk membatalkan penayangan artikel, penghapusan artikel hingga penonaktifan akun penulis bila terdapat konten yang tidak seharusnya ditayangkan di web ini.

Laporkan Penyalahgunaan

Komentar

terimakasih Pak, suport dan kunjungannya, salam literasi

03 Dec
Balas

Waow...informatif ilmunya bu

02 Dec
Balas



search

New Post