RENITA

Dara yang lahir di Nibung, 01 September 1993 merupakan pencinta puisi dan novel. Guru Bahasa Arab MAN 1 Pangkalpinang ini bertekad tahun ini buku pertamanya lah...

Selengkapnya
Navigasi Web
STAR SOLUSI CETAR UNTUK EMOSI YANG SERING AMBYAR

STAR SOLUSI CETAR UNTUK EMOSI YANG SERING AMBYAR

Seminggu berlalu, masa istirahat dari dokter telah usai. Namun, sisa-sisa sakit masih terasa di lambung dan tenggorokan. Terlalu banyak pikiran dan hal-hal runyam yang dibawa pikiran. Penyakit malam overthingking selalu muncul dan menjelma jadi toxic dan berujung pada kesehatan tubuh yang tidak fit.

Hari ini, saya mulai masuk ke sekolah kembali. Setelah membersihkan beberapa berkas yang lama ditinggal. Kutemukan lagi buku yang belum selesai saya baca. Filosofi Teras, sebuah buku yang mengangkat Filsafat Yunani- Romawi Kuno guna penguatan mental masa kini. Saya terhenti pada tulisan yang saya baca di buku ini, intinya setiap emosi negatif seperti mengamuk, sedih, baper, kecewa, marah, putus asa dan frustasi. Ingat satu Akronim yang berharga guna mengendalikan emosi negatif tersebut.

S-T-A-R

1. STOP (Berhenti)

Saat kita merasakan emosi negatif dan terdeteksi berteriak dalam hati dan katakan Stop! Time is out! Jangan biarkan emosi tersebut berlarut-larut.

2. THINK & ASSESS (Dipikirkan dan dinilai)

Setelah berhasil menghentikan emosi negatif paksa diri untuk berpikir secara rasional dan mulailah menilai apa perasaan emosi ini baik dan dibenarkan? Ask to our self : Apakah emosi saya ini terjadi karena sesuatu yang di dalam kendali saya atau di luar kendali saya?

Saat teman bertanya. Kapan nikah? Kenapa milih-milih? Saat emosi membludak dan ingin marah, please katakan pada dirimu Yuk berhenti stop emosi dan pikirlah mulut orang ga bisa jadi kendali kamu. Dan marah-marah pada ucapannya juga tidak akan menyelesaikan masalah. Ucapannya memang buruk dan apakah dengan marah-marah kita juga sama tidak baiknya dengan dia?

3. RESPOND

Setelah kita bernalar dengan situasi yang terjadi. Emosi negatif telah turun dan barulah kita memikirkan respon apa yang akan kita berikan, baik itu ucapan atau tindakan. Pemilihan respon dengan mempertimbangkan hasil penggunaan nalar, menahan diri dari emosi dan berani.

Semoga STAR menjadi solusi untuk diri dalam manajemen emosi negatif yang berlebihan. Bye, insecure, anxiety dan overthinking!

DISCLAIMER
Konten pada website ini merupakan konten yang di tulis oleh user. Tanggung jawab isi adalah sepenuhnya oleh user/penulis. Pihak pengelola web tidak memiliki tanggung jawab apapun atas hal hal yang dapat ditimbulkan dari penerbitan artikel di website ini, namun setiap orang bisa mengirimkan surat aduan yang akan ditindak lanjuti oleh pengelola sebaik mungkin. Pengelola website berhak untuk membatalkan penayangan artikel, penghapusan artikel hingga penonaktifan akun penulis bila terdapat konten yang tidak seharusnya ditayangkan di web ini.

Laporkan Penyalahgunaan

Komentar

Keren ulasannya

10 Nov
Balas



search

New Post