Ria Putri Rahmawati

Aku punya mimpi yang harus aku perjuangkan......

Selengkapnya
Navigasi Web
Pembelajaran Zaman Now.Belajar IPA bersama popo dan Benya

Pembelajaran Zaman Now.Belajar IPA bersama popo dan Benya

Trending topik minggu ini adalah kegiatan PKG. Kegiatan rutin tiap semester yang harus dilaksanakan. Dengan setumpuk instrumen penilaian dan buku administrasi yang harus siap ditunjukkan. Ditengah capeknya badan karena kemarin piknik dan terlalu lama main air ,Kuisi buku demi buku dan akhirnya selesai juga. Belum selesai sampe disitu, media harus dibuat agar esok pembelajaran lebih menarik. Kali ini saya memilih pelajaran IPA dengan Tema Zat Makanan Bergizi. Ingin membuat pelajaran IPA menjadi pembelajaran zaman now dengan menggunakan media popo dan benya. Popo yang artinya Power point dan nenya yaitu benda nyata.

Seperti biasa dimuali dengam salam , berdoa dan presensi kumulai kegiatan pagiku ini. Kubuka slide show power pointku, dilayar nampak kuputar video empat sehat lima sempurna dan mereka menirukan sambil bertepuk tangan. Suasana kelas menjadi ceria. Apersepsi ini dengan tujuan mengaitkan antara pelajaran yang akan di bahas dengan nyanyian tersebut. Guru menyebutkan tujuan yang akan dicapai pada pembelajaran kali ini.

Satu persatu satu aneka makanan dan sayuran diperlihatkan. Bahkan ada yang mencicipi juga, Ada pepaya dan semangka yang bisa di makan oleh anak-anak. Mereka berebut menjawab setiap pertanyaan yang diberikan oleh guru. Kembali ke power point, slide demi slide dibacakan oleh anak –anak secara bergantian. Dengan santai namun serius mereka mengikuti pembelajaran hari ini. Sesekali diselingi tepuk semangat agar konsentrasi dan tatapan mata tertuju pada materi di depan kelas. Tibalah diskusi, guru memberikan topi kelinci agar mereka lebih bersemangat , dimana setiap anak denganno topi sama akan menjadi satu kelompok. Diksusi berjalan dengan lancar. Masing masing anak mempresentasikan hasil diskusi di depan kelas. Sebagai reward, yang mau maju ke depan akan di beri bintang. Senangnya mereka dapat hadiah bintang. Mereka pun berebuat dan antusias mengikuti pelajaran hari ini. Diskusi selesai anak –anak kembali ke tempat duduk masing- masing. Tak lupa guru bertanya, apakah ada yang belum jelas dengan materi yang baru saja di jelaskan. Mereka dengan keras menjawab sudah paham dan jelas.

Di akhir pembelajaran diberikan evaluasi untuk mengukur keberhasilan pembelajaran hari ini. Dalam pembelajaran ini, tidak hanya hasil akhir yang diinginkan oleh guru namun juga proses pembelajaran. Siswa dapat aktif mengikuti pembelajaran dan bisa mengambil manfaat dari diskusi. Juga dapat menerapkan nya dalam kehidupan sehari hari, yaitu dapat membuat menu 4 sehat 5 sempurna. Tak hanya itu , siswa juga dapat mengetahui mana makanan yang baik dan tidak baik untuk tubuh.

Rasanya lelah tadi malam terbayarkan melihat senyum anak –anak pada pelajaran pagi ini. Sukses untuk kalian anak-anakku. Kelas 5 SD Jati 3 Sawangan.

RPP hari ini

RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN

(RPP)

DISUSUN OLEH :

RIA PUTRI RAHMAWATI,S.Pd

NIP.19881014 201101 2 008

PEMERINTAH KABUPATEN MAGELANG

UPT DISDIKBUD KECAMATAN SAWANGAN

SD NEGERI JATI 3

RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN

Nama Sekolah : SD Negeri Jati 3

Mata Pelajaran : IPA

Kelas/ Semester : V / 1

Alokasi Waktu : 2 X 35 Menit

A. STANDAR KOMPETENSI

1.Mengidentifikasi fungsi organ tubuh manusia dan hewan

B. KOMPETENSI DASAR

1.3 Mengidentifikasi fungsi organ pencernaan manusia dan hubungan dengan makanan dan kesehatan

C. INDIKATOR

1. Menyebutkan zat gizi yang terkandung dalam makanan bergizi

2. Memahami menu makanan yang bergizi seimbang sebagai cara untuk menjaga organ pencernaan

D. TUJUAN PEMBELAJARAN

1. Siswa dapat menyebutkan macam zat gizi dalam makanan bergizi

2. Siswa dapat membuat menu makanan bergizi seimbang

E. MATERI POKOK

1. Kandungan zat makanan bergizi

a. Karbohidrat

Karbohidrat diperlukan oleh tubuh sebagai sumber tenaga. Karbihidrat dapat ditemui pada makanan : nasi, jagung , roti tawar, bihun, roti gandum, kentang dan ubi. Dibawah ini gambar makanan yang mengandug karbohidrat.

b. Protein

Protein berdasarkan sumbernya ada 2 yaitu protein nabati dan protein hewani. Protein nabati berasal dari tumbuhan. Terdapat pada kacang kedelai , tempe , tahu dan kacang hijau.protein hewani terdapat pada ikan, cumi-cumi, ayam, susu, udang, dan daging .

Gambar protein hewani

Gambar protein nabati

Protein di dalam tubuh berfungsi untuk

1. Mengganti sel-sel yang rusak

2. Sebagai zat pembangun tubuh

3. Membentuk antibodi untuk melawan infeksi

c. Lemak

Lemak berdasarkan sumbernya ada 2 macam yaitu lemak hewani dan lemak nabati. Lemak hewani terdapat pada susu gajih, kelapa, dan keju. Lemak nabati terdapat pada kelapa, cokelat dan kacang tanah.

Gambar protein nabati dan hewani

Protein dalam tubuh berfungsi :

1. Sebagai energi cadangan

2. Melarutkan vitamin A,D,E dan K

3. Melindungu organ tubuh penting seperti hati, ginjal dan bola mata

d. Vitamin

1. Vitamin A

Vitamin A berguna untuk menjaga kesehatan mata, kulit dan memperkuat daya tahan tubuh. Vitamin A banyak terdapat pada wortel dan pisang.kekurangan vitamin A dapat menyebabkan rabun senja.

2. Vitamin B

Vitamin B banyak macamnya sehingga disebut vitamin B kompleks. Vitamin B berguna untuk mempercepat pertumbuhan tubuh dan mencegah beri-beri. Vitamin B banyak terdapat pada hati, daging sapi, dan kacang hijau.

3. Vitamin C

Vitamin C berguna untuk menjaga daya tahan tubuh. Kekurangan vitamin C menyebabkan penyakit gusi berdarah, sariawan dan bibir pecah pecah. Vitamin C banyak terdapat pada buah jeruk dan mangga.

4. Vitamin D

Vitamin D berguna untuk menjaga tulang dan gigi. Kekurangan vitamin D menyebabkan penyakit rakhitis. Vitamin D banyak terdapat pada bayam dan mentega. Cahaya matahari juga dapat membantu pembentukan vitamin D di dalam tubuh.

5. Vitamin E

Vitamin E berguna untuk kesuburan reproduksi, mencegah pendarahan , membentuk sel darah merah dan memperhalus kulit.kekurangan vitamin E menyebabkan kemandulan dan keguguran. Vitamin E terdapat dalam tauge dan minyak jagung.

6. Vitamin K

Vitamin K berfungsi dalam proses pembentukan darah. Kekurangan vitamin K menyebabkan darah sukar membeku. Makanan yang mengandung vitamin K adalah kacang-kacangan dan minyak goreng.

e. Mineral

1. Zat besi berguna untuk pembentukan sel darah merah. Terdapat pada bayam, telur, ubi jalar dan kedelai.

2. Yodium berguna untuk membantu pembentukan tulang dan gigi. Yodium banyak terdapat pada garam.

3. Fosfor berguna untuk membantu pembentukan tulang dan gigi.fosfor terdapat pada kacang merah dan jambu mete.

4. Kalsium/ zat kapur banyak terdapat pada susu

f. Air

Air berguna untuk melarutkan zat-zat makanan, mengatur suhu tubuh dan melancarkan pencernaan. Tubuh kita memerluka 2,5 liter air atau 8 gelas setiap hari.

2. Menu makanan bergizi seimbang

Tubuh kita akan sehat jika kita makan makanan yang bergizi dan seimbang..Makanan yang bergizi dan seimbang tertuang dalam makanan 4 sehat 5 sempurna. Setidaknya setiap harinya seseorang makan dengan makanan yang mengandung zat gizi berikut ini :

1. Makanan pokok seperti nasi, singkong, roti, jagung, dan gandum.

F. Karakter siswa yang diharapkan:

Disiplin, Tekun, Tanggung jawab ,Ketelitian , Kerja sama , Toleransi, Percaya diri dan Keberanian

G. PENDEKATAN DAN METODE PEMBELAJARAN

a. Pendekatan Pembelajaran :Tematik, Saintifik

b. Metode Pembelajaran : Tanya jawab, Tugas, Diskusi, Demonstrasi.

H. LANGKAH LANGKAH PEMBELAJARAN

1. Kegiatan awal (10 menit)

· Guru menyapa siswa dan mengkondisikan kelas agar siap untuk belajar.

· Salah satu siswa diminta untuk memimpin doa.

· Sebagai pembuka pelajaran, guru dapat melakukan “ice breaking” untuk menghidupkan suasana kelas agar semangat, misalnya dengan bernyanyi dan meneriakkan yel-yel penyemangat (motivasi).

· Guru bertanya jawab tentang kerjasama dalam suatu kelas dan mengaitkannya dengan materi yang akan dipelajari ( apersepsi) yaitu menyanyikan lagu empat sehat ima sempurna

· Guru menjelaskan kegiatan yang akan dilakukan dan tujuan kegiatan belajar.(orientasi)

2. Kegiatan inti (50 menit )

· Siswa melihat sayuran yang ada di meja (mengamati)

· Siswa menjawab pertanyaan dari guru tentang nama nama makanan yang ada di meja (mencoba)

· Siswa melihat gambar yang ada di depan (mengamati)

· Siswa diminta menyebutkan gambar yang dilihat (mencoba)

· Siswa menyimak materi tentang macam zat gizi (mencari informasi)

· Siswa dibagi dalam kelompok untuk mengerjakan LKS (menalar)

· Siswa bersama guru mempresentasikan hasil diskusi LKS (mengkomunikasikan)

· Siswa kembali ke tempat duduk masing masing

3. Kegiatan akhir (10 menit)

· Siswa bersama guru menyimpulkan kegiatan belajar (kesimpulan)

· Siswa mengerjakan evaluasi (mengevaluasi )

· (Refleksi) dengan pertanyaan panduan yaitu Situasi proses pembelajaran menyenangkan atau tidak ?

· Salam penutup

I. ALAT DAN SUMBER BELAJAR

1. Alat

· LCD

· Gambar makanan yang mengandung zat gizi

· Macam sayuran seperti wortel, bayam dll

2. Sumber Belajar

· Buku Ipa Bse Penerbit Cv.Putra Nugraha

· Buku Cemara Penerbit Cv.Putra Nugraha Halaman 15-16

· Buku Spektrum Halaman 14-15

J. PENILAIAN

1. Prosedur : Tes Akhir

2. Bentuk : Pilihan Ganda

3. Jenis : Tertulis

4. Alat : Soal

5. Kriteria penilaian : jawaban benar nilai 10

6. Pensekoran nilai : 10 x 10 = 100

K. KRITERIA KEBERHASILAN

Pembelajaran dikatakan berhasil jika 100% siswa mendapat nilai 75.

Mengetahui

Kepala SDN Jati 3

Jati , 9 November 2017

Guru Kelas V

SUMARLAN, S. Pd

NIP. 19660503 199103 1 005

RIA PUTRI RAHMAWATI,S.Pd

NIP. 19881014 201101 2 008

Nama kelompok

1.

2.

3.

Dikusikan dan kerjakan bersama dengan kelompokmu !

No

Nama makanan

Kandungan gizi

1.

Kelapa

2.

Susu

3.

kentang

4.

Telur

5.

Nasi

6.

Tempe

7.

Jeruk

8.

Alpukat

9.

Tahu

10.

Udang

11.

Wortel

12.

Kacang tanah

13.

Garam

14.

Sagu

15.

Roti Gandum

Nama :

Kerjakan soal dibawah ini dengan benar !

1. Zat makanan yang berfungsi sebagai zat pembangun adalah

a. Karbohidrat

b. Protein

c. Lemak

d. Air

2. Penyakit beri beri disebabkan oleh kekurangan vitamin

a. B

b. D

c. K

d. E

3. Contoh sumber protein hewani adalah

a. Kacang-kacangan

b. Jagung

c. Telur

d. Tempe

4. Darah sukar membeku diakibatkan kekurangan

a. A

b. D

c. E

d. K

5. Zat makanan yang mengandung vitamin A adalah

a. Wortel

b. Nanas

c. Jeruk

d. Tomat

6. Mineral yang berfungsi untuk pembentukan sel darah merah adalah

a. Zat besi

b. Yodium

c. Fosfor

d. kalsium

7. Berikut zat makanan yang mengandung karbohidrat adalah

a. Nasi

b. Kacang tanah

c. Minyak ikan

d. susu

8. Penyakit yang disebabkan karena kurang protein adalah

a. Busung Lapar

b. Avitaminosis

c. Sariawan

d. Beri-Beri

9. Manakah yang termasuk fungsi protein bagi tubuh

a. Sebagai energi cadangan

b. Melarutkan vitamin B

c. Mengganti sel yang rusak

d. Melindungi bagian tubuh penting

10. Berikut adalah pola hidup sehat yang meningkatkan kesehatan alat peredaran darah, kecuali

a. Makan makanan yang enak dan mahal

b. Olahraga teratur

c. Istirahat teratur

d. Pola makan yang sehat dan teratur

Nama :

Perbaikan

Kerjakan soal dibawah ini dengan benar !

1. Apa yang dimaksud dengan protein nabati ?

2. Sebutkan contoh makanan yang mengandung karbohidrat !

3. Sebutkan jenis makanan yang mengandung lemak !

Nama :

Pengayaan

1. Apa yang dimaksud dengan avitaminosis ?

2. Jelaskan yang dimaksud vitamin K !

3. Buatlah menu makanan sehat !

Kunci jawaban

1.b

2. a

3. c

4. d

5. a

6.a

7.a

8.a

9.c

10. d

DISCLAIMER
Konten pada website ini merupakan konten yang di tulis oleh user. Tanggung jawab isi adalah sepenuhnya oleh user/penulis. Pihak pengelola web tidak memiliki tanggung jawab apapun atas hal hal yang dapat ditimbulkan dari penerbitan artikel di website ini, namun setiap orang bisa mengirimkan surat aduan yang akan ditindak lanjuti oleh pengelola sebaik mungkin. Pengelola website berhak untuk membatalkan penayangan artikel, penghapusan artikel hingga penonaktifan akun penulis bila terdapat konten yang tidak seharusnya ditayangkan di web ini.

Laporkan Penyalahgunaan

Komentar

Wah... bocah zaman now, ketemu guru zaman now, dalam pembelajaran IPA zaman now. jadinya apa ya?

09 Nov
Balas

Pembelajaran dengan hasil now...apik

09 Nov
Balas



search

New Post