RPP Faktor Persekutuan Terbesar
RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
(RPP)
DISUSUN OLEH :
RIA PUTRI RAHMAWATI,S.Pd
NIP.19881014 201101 2 008
PEMERINTAH KABUPATEN MAGELANG
UPT DISDIKBUD KECAMATAN SAWANGAN
SD NEGERI JATI
RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
Nama Sekolah : SD Negeri Jati 3
Mata Pelajaran : MATEMATIKA
Kelas/ Semester : V / 1
Alokasi Waktu : 2 X 35 Menit
A. STANDAR KOMPETENSI
1.Melakukan operasi hitung bilangan bulat dalam pemecahan masalah
B. KOMPETENSI DASAR
1.2.Menggunakan faktor persekutuan terbesar (FPB) suatu bilangan
C. INDIKATOR
1.2.1 Menentukan faktor persekutuan terbesar (FPB) suatu bilangan
D. TUJUAN PEMBELAJARAN
Melalui bimbingan guru , siswa mampu menentukan faktor persekutuan terbesar (FPB) suatu bilangan dengan pohon faktor
E. MATERI
1.menentukan FPB menggunakan pohon faktor
a. Buatlah pohon faktor dari kedua bilangan
b. Tulis faktorisasi prima
c. Pilihlah bilangan yang sama pada kedua faktorisasi prima
d.jika bilangan memiliki pangkat yang berbeda , ambillah bilangan prima dengan pangkat terendah
F. Karakter siswa yang diharapkan:
Disiplin, Tekun, Tanggung jawab ,Ketelitian , Kerja sama , Toleransi, Percaya diri dan Keberanian
G. MODEL, PENDEKATAN & METODE
Model : Student center learning
Pendekatan : Saintific (mengamati, menanya,menalarmencoba ,mengkomunikasikan)
Metode : Penugasan, Tanya Jawab, Diskusi dan Ceramah
H. LANGKAH LANGKAH PEMBELAJARAN
1. Kegiatan awal (5 menit)
· Guru memberikan salam dan mengajak berdoa
· Melakukan komunikasi tentang kehadiran siswa
· Menyanyikan lagu 1234
· Apersepsi : guru menunjukkan angka angka, siswa Menjawab pertanyaan guru tentang bilangan prima
2. Kegiatan inti (60 menit )
· Siswa memperhatikan penjelasan dari guru tentang FPB
· Dengan bimbingan guru , siswa menentukan faktor prima dari beberapa bilangan menggunakan pohon faktor di papan tulis
· Siswa dibagi dalam kelompok
· Kelompok 1, 2, dan 3
· Siswa mengerjakan lembar kerja dari guru secara berkelompok
· Salah satu siswa dari masing masing kelompok mengerjakan soal didepan kelas
· Siswa kembali ke tempat duduk masing-masing
· Siswa mengerjakan evaluasi
· Pembahasan soal evaluasi
3. Kegiatan akhir (5 menit)
· Sebagai penutup siswa ditanya bagaimana perasaanya selama mengikuti kegiatan. Apa yang sudah di mengerti dan apa yang belum.
· Memotivasi siswa untuk meningkatkan prestasi belajar
· Siswa dan guru menyimpulkan pembelajaran.
· Siswa mengucapkan syukur kepada Tuhan atas ilmu yang telah diterima dari guru.
· Siswa berdoa menurut keyakinan masing-masing.
I. ALAT DAN SUMBER BELAJAR
1. Alat
· LCD
· Gambar pohon faktor
2. Sumber Belajar
· Buku MTK Bse penerbit pusat perbukuan halaman 13-15
· Buku Cemara Penerbit Cv.Putra Nugraha Halaman 6-8
J. PENILAIAN
a. Teknik penilaian : Pengamatan , tes tertulis
b. Prosedur tes : Penilaian proses dan penilaian hasil belajar
Aspek yang dinilai
Teknik penilaian
Waktu penilaian
Bentuk instumen
Instrumen penilaian
Semangat belajar, cara berpikir, bertindak dan kerjasama, keberanian dan keaktifan
pengamatan
Akhir pelajaran
Uraian penilaian sikap (pengamatan perilaku)
Lembar pengamatan
Pengetahuan dan pemahaman
Tugas individu dan kelompok
Akhir pelajaran
Laporan uraian objektif
Soal evaluasi
Format Kriteria Penilaian
a.Lembar pengamatan
Aspek penilaian
Rubrik Penilaian
Skor
Kerjasama
· Jika siswa melakukan kerjasama untuk memecahkan masalah tanpa bimbingan
· Jika siswa melakukan kerjasama untuk memecahkan masalah dengan bimbingan guru
· Jika siswa melakukan kerjasama untuk memecahkan masalah dengan paksaan guru
· Jika siswa pasif
90-100
80-90
70-80
60-70
Keaktifan
· Jika siswa melakukan kerjasama untuk memecahkan masalah tanpa bimbingan
· Jika siswa melakukan kerjasama untuk memecahkan masalah dengan bimbingan guru
· Jika siswa melakukan kerjasama untuk memecahkan masalah dengan paksaan guru
· Jika siswa pasif
90-100
80-90
70-80
60-70
keberanian
· Jika siswa melakukan kerjasama untuk memecahkan masalah tanpa bimbingan
· Jika siswa melakukan kerjasama untuk memecahkan masalah dengan bimbingan guru
· Jika siswa melakukan kerjasama untuk memecahkan masalah dengan paksaan guru
· Jika siswa pasif
90-100
80-90
70-80
60-70
Format penilaian pengamatan
No
Nama
Aspek Yang Dinilai
Kerjasama
Keaktifan
Keberanian
1
Luluk
2
Anggita
3
Anisa
4
Anita
5
Edi
6
Erwin
7
Vina
8
Fitri
9
Rian
10
Soleh
11
Wahyu
12
Wulan
b.Lembar penilaian hasil belajar
No
Nama
Nilai
1
Luluk
2
Anggita
3
Anisa
4
Anita
5
Edi
6
Erwin
7
Vina
8
Fitri
9
Rian
10
Soleh
11
Wahyu
12
Wulan
Mengetahui
Kepala SDN Jati 3
Jati , 12 September 2017
Guru Kelas V
SUMARLAN, S. Pd
NIP. 19660503 199103 1 005
RIA PUTRI RAHMAWATI,S.Pd
NIP. 19881014 201101 2 008
Nama kelompok
1.
2.
3.
4.
Dikusikan dan kerjakan bersama dengan kelompokmu !
a.Hitunglah FPB dari 10 dan 18 dengan pohon faktor
b. Hitunglah FPB dari 24 dan 30 dengan pohon faktor
c.Hitunglah FPB dari 25 dan 35 dengan pohon faktor
kunci jawaban
a. 2
b. 6
c. 5
Soal evaluasi
Nama :
Kerjakan soal dibawah ini dengan benar
1. Hitunglah FPB dari 6 dan 10 dengan pohon faktor
2. Hitunglah FPB dari 12 dan 16 dengan pohon faktor
3. Hitunglah FPB dari 32 dan 24 dengan pohon faktor
4. Hitunglah FPB dari 45 dan 60 dengan pohon faktor
5. Hitunglah FPB dari 35 dan 75 dengan pohon faktor
Kunci jawaban
1.2
2.4
3.8
4.5
5.2
Nama
Perbaikan
Kerjakan soal dibawah ini dengan benar
1. Hitunglah FPB dari 6 dan 10 dengan pohon faktor
2. Hitunglah FPB dari 12 dan 16 dengan pohon faktor
3. Hitunglah FPB dari 32 dan 24 dengan pohon faktor
4. Hitunglah FPB dari 45 dan 60 dengan pohon faktor
5. Hitunglah FPB dari 35 dan 75 dengan pohon faktor
Kunci jawaban
1.2
2.4
3.8
4.5
5.2
Nama
pengayaan
Kerjakan soal dibawah ini dengan benar
1. Hitunglah FPB dari 85 dan 120 dengan pohon faktor
2. Hitunglah FPB dari 120 dan 160 dengan pohon faktor
Kunci jawaban
1. 5
2. 40

Konten pada website ini merupakan konten yang di tulis oleh user. Tanggung jawab isi adalah sepenuhnya oleh user/penulis. Pihak pengelola web tidak memiliki tanggung jawab apapun atas hal hal yang dapat ditimbulkan dari penerbitan artikel di website ini, namun setiap orang bisa mengirimkan surat aduan yang akan ditindak lanjuti oleh pengelola sebaik mungkin. Pengelola website berhak untuk membatalkan penayangan artikel, penghapusan artikel hingga penonaktifan akun penulis bila terdapat konten yang tidak seharusnya ditayangkan di web ini.
Laporkan Penyalahgunaan
Komentar
Suwun pak
Mantap