Ridha Rokhani

Ridha Rokhani, S.Pd. adalah perempuan berasal dari Ngawi yang mengajar matematika di MAN 2 Jember. Dia adalah sosok yang ingin terus berusaha menjadi lebih baik...

Selengkapnya
Navigasi Web
'Karya' in a dream

'Karya' in a dream

“KARYA” IN A DREAM

By : Ridha Rokhani, S.Pd.

KARYA, sebuah kata penuh makna yang harus terus berkibar bagi mereka para pejuang pena. Berkarya selama hidup, akan membuat kita dikenang setelah tiada. Sebenarnya, apa itu berkarya? Dan seperti apa model hasil karya?

Menurut Kamus Besar Bahasa Indonesia (KBBI) V, berkarya merupakan sebuah kegiatan untuk mencipta. Membuat sebuah karya bukanlah hal yang mudah. Motivasi dan inovasi sangat diperlukan agar muncul sebuah semangat untuk berbuat. Memang, berkumpul dengan orang-orang yang senang melahirkan karya akan membuat kita mendapatkan angin segar untuk bisa berkarya pula seperti mereka.

Januari 2023 ini merupakan awal yang baik untuk refleksi dan menentukan target selanjutnya. Semakin kita semangat berbuat dan semangat berkarya, bukan tidak mungkin semua hal yang kita harapkan akan terwujud.

Berikut beberapa hasil karya penulis selama kurun waktu 2020 – 2022.

Pernah menulis buku Solo yang berisi kumpulan cerpen dengan judul “Perjuangan Hidup Menggapai Rida Ilahi” yang diterbitkan oleh Media Guru pada akhir tahun 2020. Pernah mengisi majalah MAN 2 Jember dengan tulisan opini yang berjudul “Kolaborasi Efektif antara e-learning Madrasah dan Google Drive Unlimited dalam Pembelajaran Daring” pada awal tahun 2022. Pernah berpartisipasi dalam menulis opini yang dimuat di Majalah Literasi Indonesia (MLI) IX dengan judul “Pendidikan untuk Masa Depan Dunia Kerja Pasca COVID-19” pada akhir tahun 2022. Beberapa kali menjadi pemenang lomba bulanan Media Guru dan tulisan diterbitkan dalam buku Antologi pada rentang waktu tahun 2021-2022.

Itulah yang penulis sebut dengan karya. Sebuah tulisan yang bermanfaat bagi orang lain. Salah satu contoh pemanfaatan hasil karya yaitu karya inovatif yang dapat digunakan sebagai syarat kenaikan pangkat untuk guru.

Tahun 2023 merupakan tahun Merdeka Belajar. Penyusunan tujuan dan target sangat dibutuhkan, bahkan diharuskan sebagai pedoman langkah kita ke depan.

Resolusi atau harapan penulis pada tahun 2023 adalah:

Bisa bergabung dengan penulis-penulis soal Asesmen Kompetensi Madrasah Indonesia (AKMI). Berhasil membuat sebuah produk yang Bernama Penelitian Tindakan Kelas (PTK) yang merupakan syarat perlu bagi guru dengan mengikuti pelatihan dari Media Guru di bulan Januari-Februari. Menulis sebuah jurnal yang diangkat dari PTK yang pernah penulis buat. Menerapkan model-model pembelajaran yang menarik untuk kepentingan mengajar siswa agar terjadi pembelajaran yang bermakna dan menyenangkan di dalam ruang kelas. Membuat modul Matematika Wajib dan Peminatan minimal 1 tingkat di jenjang SMA/MA.

Kegiatan pembuatan karya yang disebutkan di atas sebenarnya adalah impian dari penulis sejak beberapa tahun yang lalu. Namun, masih tersimpan rapi dalam sebuah catatan. Sehingga, penulis ingin sekali “karya” in a dream ini dapat terwujud di tahun 2023.

Mewujudkan sebuah harapan atau impian tidaklah semudah membalikkan telapak tangan. Dibutuhkan semangat yang tinggi dan lingkungan yang sesuai. Memilih teman yang semangat berkarya adalah salah satu cara untuk memberikan diri space dalam membuat sebuah karya. Meski sampai saat ini, karya penulis masih sangat terbatas, namun, semangat penulis untuk membuat karya-karya baru tidak pernah padam. Bahkan semakin menggelora dengan adanya perkumpulan guru penulis. Media Guru menjadi tempat yang sangat nyaman bagi penulis untuk meningkatkan kemampuan dan mendapatkan banyak pengetahuan, entah itu menulis karya inovatif maupun dalam bentuk buku Pendidikan. Satu kata yang selalu digaungkan dalam komunitas guru penulis, yaitu BERKARYA, BERKARYA, DAN BERKARYA.

Rumdin MANtwo, 15 Januari 2023 21.30

DISCLAIMER
Konten pada website ini merupakan konten yang di tulis oleh user. Tanggung jawab isi adalah sepenuhnya oleh user/penulis. Pihak pengelola web tidak memiliki tanggung jawab apapun atas hal hal yang dapat ditimbulkan dari penerbitan artikel di website ini, namun setiap orang bisa mengirimkan surat aduan yang akan ditindak lanjuti oleh pengelola sebaik mungkin. Pengelola website berhak untuk membatalkan penayangan artikel, penghapusan artikel hingga penonaktifan akun penulis bila terdapat konten yang tidak seharusnya ditayangkan di web ini.

Laporkan Penyalahgunaan

Komentar




search

New Post