Refleksi Pembelajaran S-1 sebagai bekal pembelajaran S-2 bersama siswa
Ada banyak hal yang membuat kita menjadi semangat dalam belajar maupun mengajar. Kebahagiaan saat melakukan sebuah aktivitas adalah hal yang utama. Semester 1 tahun pelajaran 2021/2022 telah berakhir. Desember 2021 berlalu digantikan dengan tahun baru di bulan Januari 2022. Tentunya untuk memulai hal baru di semester 2 ini bagi guru perlu persiapan dan perencanaan pembelajaran. Persiapan dan perencanaan pembelajaran ini dapat kita adopsi dari refleksi pembelajaran pada semester sebelumnya. Inilah yang saya gunakan untuk mengisi pertemuan pertama bersama siswa di semester ini.
Pembahasan hari ini saya lakukan bersama siswa-siswi kelas XI IPA 1 dan XI IPA 2 absen ganjil. Apa saja sih yang saya sampaikan dan diskusikan bersama siswa hari ini?
1. Penyampaian zona integritas.
2. Penyampaian materi semester 2 dan diskusi jumlah waktu yang ada.
3. Sosialisasi Nilai Pengetahuan yang nantinya akan dirumuskan menjadi NA = 60% NH + 40% NPAS dg KKM 76.
4. Sosialisasi Nilai Keterampilan yang diambil dari portofolio/keaktifan/diskusi/produk/proyek.
5. Refleksi Metode Pembelajaran Matematika Peminatan Semester 1 bersama siswa.
Nah, yang menarik di sini adalah poin no.5 yaitu refleksi metode pembelajaran matematika peminatan semester 1 bersama siswa. Awalnya saya meminta mereka untuk berbicara seperti apa kesan mereka selama mengikuti pembelajaran matematika peminatan semester 1 bersama saya. Ternyata hanya 1 hingga 2 orang saja yang berbicara. Akhirnya, saya punya ide untuk memberikan mereka secarik kertas dan menuliskannya di sana. Memang tidak semua siswa mampu berbicara di depan umum pada saat-saat tertentu. Sejatinya mereka memiliki pola pikir & hidup masing-masing. Seperti gaya INTROVERT dan EKSTROVERT yang memang sangat berbeda. Tetapi tidak ada yang salah dengan itu. Apa itu INTROVERT dan EKSTROVERT? Akan kita bahas di tulisan selanjutnya ya! Nanti kepanjangan. Hee...hee...
Diskusi terkait metode ini berakhir dengan penyampaian kesan mereka selama mengikuti pembelajaran matematika peminatan di semester 1 dan pesan mereka untuk pembelajaran di semester 2. Setelah saya baca, Alhamdulillah sebagian dari mereka mengatakan metode pembelajaran di semester 1 sudah sesuai dengan keinginan mereka. Sehingga banyak yang menginginkan untuk tetap menggunakan metode yang sama pada semester 2. Metode apakah itu? Diantaranya adalah resume dengan model STAN Matematika yang kita lakukan di akhir pembelajaran semester 1. Selain itu, maju paham juga banyak disukai oleh siswa. Di sini mereka dituntut untuk memahami pembahasan soal yang akan mereka tuliskan di papan tulis karena nanti akan ada pertanyaan-pertanyaan yang harus mereka jawab setelah tulisan itu dipresentasikan.
Pesan untuk semester 2 yang bisa saya rangkum dari yang mereka sampaikan adalah perlu sesekali menggunakan proyektor agar lebih menarik. Ada juga yang memberikan ide selingan permainan yang terkait pembelajaran matematika. Proyektor memang masih jarang saya gunakan di semester 1 karena beberapa hal. Alhamdulillah, dari refleksi bersama siswa ini, saya bisa mengetahui mana yang seharusnya dipertahankan, ditambah, dan dihilangkan. Pembelajaran akan lebih menyenangkan jika semua elemen pembelajar masuk dan berproses di dalamnya. Terus belajar dan mengembangkan pembelajaran yang bermakna dan menyenangkan.
Jember, 4 Januari 2022
Konten pada website ini merupakan konten yang di tulis oleh user. Tanggung jawab isi adalah sepenuhnya oleh user/penulis. Pihak pengelola web tidak memiliki tanggung jawab apapun atas hal hal yang dapat ditimbulkan dari penerbitan artikel di website ini, namun setiap orang bisa mengirimkan surat aduan yang akan ditindak lanjuti oleh pengelola sebaik mungkin. Pengelola website berhak untuk membatalkan penayangan artikel, penghapusan artikel hingga penonaktifan akun penulis bila terdapat konten yang tidak seharusnya ditayangkan di web ini.
Laporkan Penyalahgunaan
Komentar