Ridwan Setiawaan

Belum menuliskan informasi profilenya.

Selengkapnya
Navigasi Web

motivator vs inspirator

Di acara televisi atau event baik sekolah, kampus atau pun lembaga besar selalu mengundang beberapa motivator atau trainer dalam setiap agendanya, ada beberapa tujuan yang di landasi. Untuk memberikan semangat karyawannya, menambah pengentahuannya dan banyak halnya. Lalu apa itu motivator? Menurut KBBI mativator adalah orang (perangsang) yang menyebabkan timbulnya motivasi pada orang lain untuk melaksanakan sesuatu; pendorong; penggerak: jadilah -- yang mampu menggerakkan masyarakat untuk hidup sehat; 2 petugas yang ditunjuk untuk memberikan penerangan dan motivasi kepada calon akseptor keluarga berencana. Iya itu faktanya, dulu saya pernah mengikuti acara seminar motivasi, iya benar sekali acara seminar seharga 350.000 itu memberikan efek yang luar biasa ketika saya di dalam, jiwa saya menjadi semangat banget sampai saya ingin terbang, beberapa jam setelah itu menghilang semangat yang muncak itu. Biasanya sih, seorang motivator itu punya identitas yang mudah dikenal seperti ketika tampil tidak jarang mereka menggunakan jas hitam dengan dasi, memakai baju yang sangat mahal dan untuk gaya bicara mereka sangat luar biasa, karena beberapa orang yang saya kenal biasanya mereka gila baca dan mempunyai kemampuan public speaking yang bagus atau ada juga dari hasil diskusi kecil mereka bisa menjadi sebuah materi. Tapi ada juga beberapa motivator yang sangat sombong, seperti mereka itu pelit untuk bicara jika tidak bayar. Pada beberapa tahun yang lalu, saya pernah ikutan komunitas guru inspiratif, iya komunitas guru yang nantinya akan turun sebagai motivator kepada guru yang lain seperti memotivasi guru, memperkenalkan metode mengajar, sampe ada istilah mengajarlah dengan cinta padahal yang bilang sepertinya itu bukan guru. Kebanyakan sih ngebahas teori semua dengan bermodalkan jago bicara Sebenarnya sih, dari beberapa kejadian itu saya jadi lebih menyukai pembicara-pembicara dari TED, mereka adalah seorang inspirator dari bidangnya masing-masing, biasanya isi dari materinya itu tentang gerakan mereka atau karya-karya mereka yang sudah sekala internasional. Ada juga beberapa ide yang saya dapat muncul dari situ juga, sampai saya juga punya mimpi ingin berdiri disana. Lalu mereka itu sebenarnya siapa sih? Apakah motivator juga? Biasanya yang sudak berdiri di panggung TED pastinya bukan orang sembarangan dari segi gaya bicara juga mereka tidak bagus-bagus amat dengan motivator yang saya kenal, bisa saya simpulkan kalau mereka adalah aktivator dan inspirator. Lalu apa itu inspirator, inspirator adalah orang yang perkataannya, tindakannya maupun tulisannya bisa menginspirasi banyak orang jasanya juga menembus ruang dan waktu, karena mereka biasanya terkenal dengan jasa mereka atau karyanya. Jadi menurut kalian, kalian mau jadi apa? Motivator atau inspirator?
DISCLAIMER
Konten pada website ini merupakan konten yang di tulis oleh user. Tanggung jawab isi adalah sepenuhnya oleh user/penulis. Pihak pengelola web tidak memiliki tanggung jawab apapun atas hal hal yang dapat ditimbulkan dari penerbitan artikel di website ini, namun setiap orang bisa mengirimkan surat aduan yang akan ditindak lanjuti oleh pengelola sebaik mungkin. Pengelola website berhak untuk membatalkan penayangan artikel, penghapusan artikel hingga penonaktifan akun penulis bila terdapat konten yang tidak seharusnya ditayangkan di web ini.

Laporkan Penyalahgunaan

Komentar




search

New Post