Rifni Hayati

Seorang guru Biologi yang diberi tugas sebagai Kepala Sekolah SMAN 29 Jakarta sejak Agustus 2021. Aktif di Komunitas Kepala Sekolah SMA sebagai Ketua Wilayah MK...

Selengkapnya
Navigasi Web
GALAU

GALAU

Oleh : Rifni Hayati

Tahun baru 2021 telah memasuki minggu kedua. Waktu berlalu begitu cepat. Bagi bapak ibu guru yang mengajar di kelas XII tentu sudah mulai memikirkan persiapan Ujian Sekolah (US). Ujian Sekolah terdiri dari Ujian Tulis dan Ujian Praktek merupakan penentu kelulusan siswa kelas XII.

Selama masa pandemi ini, ibu bapak guru berusaha mengajar online dengan berbagai cara. Semua berusaha agar pembelajaran dapat terlaksana dengan berpatokan pada kurikulum darurat. Kompetensi dasar pengetahuan pada umumnya dapat tersampaikan dengan baik. Tetapi untuk Kompetendi dasar Keterampilan, beberapa guru mengalami kendala untuk pelaksanaannya. Apalagi mata pelajaran yang ada praktikumnya seperti Biologi, Fisika dan Kimia.

Sebagai pengampu mata pelajaran biologi saya mengalami kegalauan. Karena sampai saat ini, petunjuk teknis (juknis) ujian praktik belum turun dari Disdik Provinsi. Bagaimana tak kan galau, karena sampai semester genap ini sekolah masih menerapkan BDR. Tentu saja Ujian Praktik juga akan berlangsung secara online. Saya masih belum bisa membayangkan, Ujian praktek yang bagaimana yang bisa menguji keterampilan siswa secara jarak jauh.

Kisi-kisi Ujian Praktik tahun lalu memang bisa menjadi acuan, tetapi teknis pelaksanaanya masih belum terbayang.Saya berusaha berdiskusi dengan beberapa teman-teman guru sesama mapel biologi, tetapi tetap belum tercerahkan. Walaupun kondisi tiap sekolah berbeda-beda, tetap dibutuhkan suatu aturan atau rambu-rambu yang bisa dijadikan patokan atau dasar dalam memilih cara pelaksanaan Ujian Praktik. Semoga kegalauan ini tidak berkepanjangan dan minggu depan sudah ada titik terang untuk dijadikan sandaran.

====================

Baitii Jannatii

13/01/2021

DISCLAIMER
Konten pada website ini merupakan konten yang di tulis oleh user. Tanggung jawab isi adalah sepenuhnya oleh user/penulis. Pihak pengelola web tidak memiliki tanggung jawab apapun atas hal hal yang dapat ditimbulkan dari penerbitan artikel di website ini, namun setiap orang bisa mengirimkan surat aduan yang akan ditindak lanjuti oleh pengelola sebaik mungkin. Pengelola website berhak untuk membatalkan penayangan artikel, penghapusan artikel hingga penonaktifan akun penulis bila terdapat konten yang tidak seharusnya ditayangkan di web ini.

Laporkan Penyalahgunaan

Komentar




search

New Post