Rifni Hayati

Seorang guru Biologi yang diberi tugas sebagai Kepala Sekolah SMAN 29 Jakarta sejak Agustus 2021. Aktif di Komunitas Kepala Sekolah SMA sebagai Ketua Wilayah MK...

Selengkapnya
Navigasi Web
Membantu Sesama Melalui Kegiatan Donor Darah

Membantu Sesama Melalui Kegiatan Donor Darah

Oleh: Rifni Hayati

Donor darah tidak hanya membantu sesama manusia, tetapi sangat berarti bagi kalangan tertentu khususnya bagi pasien yang membutuhkan darah dengan segera. Misalnya seperti pasien yang mengalami kecelakaan dan banyak kehilangan darah, ibu-ibu yang akan melakukan persalinan dengan operasi, ataupun juga pasien dengan penyakit tertentu lainnya yang dioperasi atau golongan penyakit tertentu yang menyebabkan mereka harus rutin transfusi darah.

Ternyata donor darah tidak hanya bermanfaat bagi si penerima darah saja, tetapi pendonor pun akan mendapatkan manfaat jika mereka menyumbangkan darahnya secara rutin atau berkala. “Ibu-ibu akan memiliki kulit yang glowing jika mendonorkan darah secara berkala” ujar Bapak H. Rustam Efendi Ketua Palang Merah Indonesia (PMI) Provinsi DKI Jakarta dalam sambutannya pada Kegiatan Donor darah di SMAN 29 Jakarta. Kegiatan yang berlangsung di Aula SMAN 29 ini diinisiasi oleh Panitia Semarak 5 Dekade Alumni SMAN 29 Jakarta dengan PMI Provinsi DKI dan Ekskul PMR SMAN 29 Jakarta pada tanggal 3 Juni 2023 pukul 08.00 – 12.00 WIB.

Beliau menjelaskan bahwa setiap harinya PMI DKI Jakarta membutuhkan 1200 kantong darah yang akan didistribusikan ke wilayah Jabodetabek. Setelah darah diterima dari pendonor, maka dilakukan proses pendinginan, disortir berdasarkan waktu, uji sampel dan skrining. Membutuhkan waktu sekitar 10 jam untuk diproses, barulah darah yang kita donorkan tersebut dapat ditransfusikan kepada pasien yang membutuhkan. Dengan mendonorkan darah, kita bisa memberikan harapan hidup kepada orang yang membutuhkan sekaligus juga menjaga Kesehatan tubuh kita. Seandainya masyarakat Jakarta tidak mau mendonorkan darahnya, maka yang terjadi adalah DKI Jakarta akan terancam kekurangan darah.

Darah sangat penting dalam menunjang kehidupan manusia. Volume darah dalam tubuh kita jumlahnya sekitar 7 – 8 % dari berat badan. Jika Berat badan kita 69 kg, maka volume darah dalam tubuh adalah sekitar 4,7 - 4,8 liter. Setiap dua bulan sepuluh hari darah akan berganti, jadi kita dapat mendonorkan darah secara berkala. Jika kondisi tubuh kita memungkinkan untuk melakukan donor, maka jangan tunda niat baik untuk menolong sesama. Kegiatan ini juga merupakan moment yang sarat dengan nilai-nilai kemanusiaan yang harus kita wariskan kepada peserta didik yang sekarang menuntut ilmu di SMAN 29 Jakarta.

Banyak alumni SMAN 29 lintas Angkatan yang mendonorkan darah mereka. Acara ini merupakan pra event Reuni Akbar Semarak 5 Dekade yang digelar pada hari-H nya bulan Juli 2023 nanti. Diantara alumni yang hadir, banyak yang sudah lama tidak berkunjung ke sekolah. Beberapa dari mereka menyatakan SMAN 29 Jakarta sangat berbeda dengan waktu mereka sekolah dulu. Gedung yang sekarang telah direnovasi dan beberapa ruangan yang telah berobah sesuai fungsinya.

Acara ini juga dihadiri oleh Pengurus PASMA SMAN 29 Jakarta beserta Pelindung dan Penasehat PASMA yang juga merupakan alumni SMAN 29 Jakarta dengan tahun Angkatan yang berbeda-beda. Siswa – siswi Ekskul PMR juga berperan membantu para dokter dan tenaga Kesehatan PMI Provinsi DKI Jakarta demi terselenggaranya kegiatan donor darah dengan tertib dan lancar.

Semoga para pendonor yang menyumbangkan darahnya dalam event kali ini mendapatkan manfaat dan pahala berlipat ganda dari Allah SWT. Setes darah merupakan nyawa bagi si sakit. Ayoo Donor Darah…!

Baitii Jannatii

03 Juni 2023

DISCLAIMER
Konten pada website ini merupakan konten yang di tulis oleh user. Tanggung jawab isi adalah sepenuhnya oleh user/penulis. Pihak pengelola web tidak memiliki tanggung jawab apapun atas hal hal yang dapat ditimbulkan dari penerbitan artikel di website ini, namun setiap orang bisa mengirimkan surat aduan yang akan ditindak lanjuti oleh pengelola sebaik mungkin. Pengelola website berhak untuk membatalkan penayangan artikel, penghapusan artikel hingga penonaktifan akun penulis bila terdapat konten yang tidak seharusnya ditayangkan di web ini.

Laporkan Penyalahgunaan

Komentar

Masya Allah..Luar biasa sukses selalu Bun

04 Jun
Balas

Aamiin... Mksh Bu HaidahSalam sukses slalu

04 Jun
Balas

Sertifikat tanda penghargaan donor darah ke-25, 50, 100, dan seterusnya bisakah untuk usulan PAK guru? Semoga sehat selalu, Bu Rifni. Salam literasi.

26 Jun
Balas

Giatan yg luar biasa Bund. Sukses sll

03 Jun
Balas

Giatan yg luar biasa Bund. Sukses sll

03 Jun
Balas

Aksi nyata bu, sangat bermanfaat, semoga sukses.

06 Jun
Balas



search

New Post